5 Jenis Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Kamis, 21 November 2019 | 12:19:21

Dini Alvionita

Penulis : Dini Alvionita

5 Jenis Minuman yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Hai Beauty! Bagi kamu yang saat ini sedang menjalani proses kehamilan, pertama-tama aku ucapkan selamat ya. Selamat menikmati proses tahapan kehidupan lahirnya buah hati. Saat ini aku juga sedang mengandung anak pertama. Jujur saja, aku bukan orang yang suka dengan membatasi makanan dan minuman. Semenjak hamil, beberapa masalah terjadi terutama bagian pencernaan. Akupun mulai aware dengan hal-hal yang membuat kesehatanku dan janinku terganggu. Berikut ini merupakan saran dari dokter ahli kandungan ya Beauty! Bagi kamu yang saat ini tengah mengandung, hindarilah 5 jenis minuman ini!

?

Susu yang Tidak Dipasteurisasi

Kebanyakan ibu hamil disarankan untuk minum susu ya Beauty! Tapi kebanyakan ibu hamil pula tak suka meminum susu. Padahal, minum susu adalah salah satu cara sehat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita dan terutama janin. Nah, ternyata susu yang diminum oleh ibu hamil tak boleh sembarangan lho!

Hindari konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi. Pasteurisasi adalah proses yang menangani berbagai jenis bakteri dan mikroba yang ada dalam zat tersebut. Jika susu yang kamu beli tidak dipasteurisasi, bakteri yang ada di dalamnya bisa membahayakan tubuh. Bakteri-bakteri ini pun dapat dengan mudah menemukan jalan ke janin melalui plasenta dan menyebabkan kerusakan permanen. Ih, serem banget kan! Untuk itu, konsumsilah susu khusus ibu hamil. Jika kamu mengalami mual dan muntah berlebih, belilah susu dengan label emesis ya Beauty!

Kopi

Kopi merupakan minuman yang saat ini banyak digandrungi oleh perempuan. Terutama ibu-ibu lho! Kecanduan kopi memang tak masalah, selagi porsinya tidak berlebih. Tapi bagi kamu yang sedang mengandung, kopi sebaiknya dihindari.

Kopi mengandung kafein yang akan berbahaya bagi kesehatan janin. Jika kamu sudah terlanjur tak mampu berpisah dari kopi, baiknya batasi per hari asupan kopimu. Maksimal satu cangkir perhari ya! Bagi kamu yang masih menjalani kehamilan di trimester pertama, sebaiknya meminimalkan konsumsi kafein. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko keguguran yang cukup tinggi di trimester pertama.

Minuman Bersoda

Gaya hidup modern yang diikuti oleh masyarakat saat ini telah menjadikan konsumsi berbagai minuman ringan sebagai sebagai asupan sehari-hari. Terlebih lagi minuman kemasan yang tinggi gula dan memiliki pemanis buatan.Salah satunya adalah minuman bersoda. Minuman bersoda biasanya berwarna menarik. Biasanya minuman ini disukai mulai dari anak-anak, ibu-ibu hingga pria dewasa. Meskipun mungkin dapat menghilangkan mual dan menyegarkan, konsumsi minuman ini secara berlebihan tetap tidak baik bagi kesehatan kehamilan lho Beauty! Salah satunya adalah meningkatkan risiko diabetes gestasional, yang pada akhirnya dapat memicu risiko komplikasi pada kehamilan dan persalinan.

Alkohol

Alkohol via pixabay.com

Masih ada yang beranggapan bahwa minum minuman beralkohol jika sedikit masih aman untuk ibu hamil, serta tidak akan membahayakan janin. Padahal kenyataannya tidak demikian lho! Walaupun kamu meminumnya sedikit, alkohol juga bisa memberikan pengaruh pada janin. Salah satunya berisiko menyebabkan cacat, gangguan pada tumbuh kembang, serta hambatan perkembangan. Nah, sebaiknya hindari dulu konsumsi minuman beralkohol saat hamil, ya! Untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, lebih baik pilih minum air putih, air kelapa murni, dan susu yang sudah dipasteurisasi.

Teh Hijau

Teh hijau menjadi salah satu jenis minuman yang dilarang untuk ibu hamil. Teh hijau mengandung kafein yang bisa menyebabkan beberapa efek samping tidak menyenangkan. Untungnya, aku juga tidak terlalu suka dengan teh hijau nih Beauty! Resiko teh hijau untuk ibu hamil seperti berikut: kandungan teh hijau berupa epigallokatekin yang bisa menganggu penyerapan asam folat pada tubuh. Kemudian bisa menyebakan ibu hamil kekurangan folat dan resiko cacat tabung syaraf. Kandungan kafein bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Kafein berlebihan bisa menyebabkan resiko keguguran dan kematian janin yang masih sangat muda.

Bagaimana Beauty? Adakah diantara kelima minuman larangan di atas yang sudah menjadi asupan sehari-harimu? Mulai sekarang, hindari ya demi kesehatan di kecil dalam kandungan. Semoga bermanfaat! Jangan lupa bagikan artikel ini, sebab berbagi itu indah!

?

Berita Terkait