5 Jenis Narkoba yang Marak Digunakan Selebritis Tanah Air

Kamis, 20 Januari 2022 | 12:45:00

Sri Maryati

Penulis : Sri Maryati

5 Jenis Narkoba Yang Marak Digunakan Selebritis Tanah Air

Ilustrasi pengguna narkoba. (Elements Envato)

Ladiestory.id - Pada awal 2022, dunia hiburan Tanah Air dikejutkan dengan banyaknya berita artis yang terjerat kasus narkoba. Hal ini membuat semua orang ikut miris karena publik figur yang seharusnya menjadi contoh baik bagi masyarakat, justru terlibat menggunakan sesuatu yang berbahaya.

Penggunaan narkoba, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya seperti yang kita ketahui sangat dilarang di negara ini. Bukan tanpa alasan, penggunaan narkoba jenis apapun bisa merusak kesehatan.

Narkoba akan mempengaruhi kinerja otak yang berfungsi sebagai pusat pengendali tubuh. Akibatnya fungsi tubuh secara keseluruhan bisa ikut terganggu. Mereka yang mengonsumsi narkoba biasanya akan dimanipulasi perasaan, mood, dan perilakunya. Selain itu juga memunculkan halusinasi dan memicu kerja otak menjadi berlebihan.

Terhitung hingga saat ini sudah ada empat artis yang terciduk akibat penyalahgunaan narkoba. Mulai dari Naufal Samudra, Velline Chu, Ardhito Pramono, dan Fico Fachriza. Setelah diselidiki, ternyata jenis narkoba yang digunakan oleh para selebritis ini cukup berbeda-beda.

Namun setidaknya ada 5 jenis narkoba yang marak digunakan oleh para selebritis Tanah Air. Berikut rangkumannya dari Ladiestory.id.

1. Ganja

Ilustrasi ganja. (Shutterstock)

Ganja (marijuana/kanabis) yang memiliki nama latin Cannabis Sativa adalah tumbuhan yang dibudidaya untuk menghasilkan serat dan kandungan zat narkotika pada bagian bijinya.

Ganja tergolong jenis obat-obatan psikotropika. Seseorang yang mengonsumsi ganja akan merasakan euforia atau rasa senang berkepanjangan tanpa sebab.

Beberapa artis Tanah Air yang ditangkap akibat penggunaan narkoba jenis ganja, antara lain Ardhito Pramono, Rizky Nazar, Jefri Nichol, Tio Pakusadewo, Anji, Iwa K, dan Derry NEO.

2. Sabu

Ilustrasi sabu. (Shutterstock)

Sabu menjadi salah satu jenis narkoba yang banyak digunakan oleh para selebritis. Sebut saja Nia Ramadhani, Ardi Bakrie, Bobby Joseph, Coki Pardede, Aulia Farhan, Vitalia Sesha, dan Reza Alatas.

Narkoba jenis ini memiliki efek meningkatkan jumlah hormon dopamine. Sehingga tak heran ketika mengonsumsinya akan membuat seseorang merasa senang dan bersemangat secara berlebihan.

Dibandingan dengan narkoba jenis lain, sabu memiliki harga yang cukup mahal. Saat Nia Ramadhani ditangkap, berdasarkan keterangan polisi, ibu dari tiga anak tersebut membelinya dengan harga Rp1,5 Juta untuk sabu seberat 0,8 gram saja.

3. Ekstasi

Ilustrasi berbagai macam ekstasi. (Special)

Narkoba jenis ini umumnya digunakan sebagai obat agar menjadi lebih aktif. Ketika seseorang mengonsumsi pil ekstasi, efeknya baru akan terasa setelah 30-45 menit dan akan bertahan hingga 3-6 jam.

Artis Tanah Air yang pernah tertangkap akibat penggunaan pil ekstasi adalah penyanyi dangdut Ridho Rhoma. Anak dari Raja Dangdut Rhoma Irama ini kedapatan membawa tiga butir pil saat ditangkap polisi. Menurut keterangan polisi, Ridho Rhoma membeli pil ekstasi dengan harga per butir sebesar Rp500 Ribu.

4. Happy Five

Ilustrasi Happy Five/ Nimetazepam. (Special)

Happy Five atau Erimin 5 merupakan nama populer untuk obat Nimetazepam. Sejenis Benzodiazepine yang diproduksi di Sumitomo, Jepang. Happy Five termasuk dalam psikotropika golongan IV.

Sesuai dengan namanya, Happy Five bisa memberikan efek senang dan rileks saat mengonsumsinya. Biasanya pecandu Happy Five tidak menggunakan obat ini dengan sendiri namun bersamaan dengan obat lain.

Bahkan beberapa pemakai ada yang minum alkohol bersama dengan Happy Five. Selebriti Tanah Air yang pernah tertangkap mengonsumsi Happy Five adalah mantan suami Nindy Ayunda, Askara Harono dan Vitalia Sesha.

5. LSD

Ilustrasi berbagai macam LSD. (Special)

Lysergic Acid Diethylamide (LSD) merupakan jenis narkoba yang terbuat dari sari jamur berbahaya. Narkoba jenis ini tergolong halusinogen, sehingga saat dikonsumsi akan menyebabkan seseorang berhalusinasi. Bahkan tak jarang membuat pemakainya menjadi terobsesi dengan apa yang ada dalam halusinasinya.

Biasanya LSD tersedia dalam bentuk lembaran kertas kecil, kapsul, dan pil. Aktor Naufal Samudra yang ditangkap pada 7 Januari 2022 lalu diketahui menggunakan narkoba jenis LSD. Selain Naufal, ada beberapa selebritis lain yang ditangkap karena penggunaan narkoba jenis LSD, seperti aktor Jeff Smith.

s