5 Jenis Selingkuh yang Patut Diwaspadai, Sudahkah Kamu Tahu?

Kamis, 18 Mei 2023 | 19:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Jenis Selingkuh Yang Patut Diwaspadai, Sudahkah Kamu Tahu?

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Ladiestory.id - Selingkuh merupakan salah satu bentuk ketidaksetiaan seseorang terhadap pasangannya. Namun, sudahkah kau tahu jenis selingkuh yang patut diwaspadai?

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab perselingkuhan dapat terjadi. Faktor utama yang paling sering terjadi yaitu karena ingin mencari variasi hubungan, kemarahan terhadap hubungan hingga sering merasa terabaikan oleh pasangan. Tentunya, alasan apapun tak dapat membenarkan sebuah esiingkan dilakukan atau terjadi.

Kini, dengan mudahnya akses informasi membuat kasus perselingkuhan menjadi terekspos dengan sangat cepat. Bahkan, perselingkuhan seolah menjadi topik berita sehari-hari. Lalu, apa saja jenis selingkuh yang patut diwaspadai? Yuk, simak lima daftarnya berikut ini.

Perselingkuhan Secara Fisik

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Jenis selingkuh yang pertama yaitu melakukannya secara fisik. Hal ini biasanya melibatkan berbagai hubungan seperti bergandengan tangan, ciuman, hingga melakukan seks terlarang. Adapun faktor yang menyebabkannya seperti rasa rendah diri. Biasanya dipicu kurangnya menghargai dari pasangan yang menjadikan seseorang merasa dikucilkan dan disepelekan. 

Pelaku perselingkuhan biasanya melakukan perilaku ini untuk mendapatkan simpati serta empati dari orang lain. Sehingga, merasa lebih dihargai dengan baik.

Perselingkungan Secara Fantasi

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Meski tidak melakukan hubungan secara fisik. Nyatanya, melalui fantasi secara seksual merupakan bentuk perselingkuhan secara fisik. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh rasa ketidakpuasan terhadap pasangan. 

Ketika menganggap orang lain menarik masih bisa disebut sebagai hal wajar. Namun, jika sudah mulai melakukan fantasi bahkan secara seksual maka termasuk ke dalam bentuk ketidaksetiaan terhadap pasangan. 

Perselingkuhan Secara Daring (Online)

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Jenis selingkuh yang patut diwaspadai selanjutnya yaitu melalui daring atau online. Seiring majunya teknologi, memudahkan manusia dalam mengakses informasi. 

Hal inilah yang mendorong meningkatnya jumlah selingkuhan secara online. BIasanya ada yang dimulai dengan menyukai foto lawan jenis secara terus menerus hingga menggodanya secara langsung melalui kontak pesan. Alhasil, pasangan pun menjadi terabaikan karena pelaku perselingkuhan sibuk untuk menjalin komunikasi atau hubungan dengan orang lain. 

Perselingkuhan Secara Emosional

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Seringkali, pernikahan pada usia yang terus bertambah justru mengalami kurangnya kualitas komunikasi. Tak ayal, menimbulkan adanya rasa ketidakpuasan terhadap pasangan secara emosional. 

Celah inilah yang kemudian dijadikan sebagai alasan untuk mencari orang lain. Harapannya untuk membangun komunikasi yang lebih emosional. Misalnya, curhat masalah rumah tangga kepada teman atau kenalan secara intens. Berawal dari kebiasaan ini sering tidak disadari akan menjadi pemicu mulanya perselingkuhan terjadi. Jadi, kalau kamu tengah membiasakan diri curhat dengan lawan jenis terutama ketika membahas urusan rumah tangga. Maka, kamu wajib menghentikan sebelum terlalu jauh ya.

Perselingkuhan Secara Objek

Ilustrasi pasangan selingkuh. (Special)

Jenis selingkuh yang patut diwaspadai pada urutan terakhir yaitu secara objek. Hal ini terjadi karena adanya ketertarikan terhadap suatu objek yang mengakibatkan pasangan menjadi terabaikan. 

Misalnya, pasangan lebih menyukai konten pornografi daripada melakukan hubungan intim dengan istri/suami. Alhasil, hubungan rumah tangga menjadi hambar. Tak hanya itu, hal semacam ini juga dapat menimbulkan rasa tidak percaya diri hingga marah. Sehingga, untuk menghindarinya perlu ada komunikasi yang baik. Harapannya supaya dapat menemukan jalan keluar terbaik yang membuat kedua belah pihak nyaman dan aman.

Itu tadi lima jenis selingkuh yang patut kamu waspadai. Tentunya, perselingkuhan masih bisa dihindari dengan adanya keinginan kedua belah pihak untuk mengkomunikasikan segala sesuatu secara maksimal. Selain itu, komitmen dan kerjasama sebagai sebuah tim juga menjadi kunci langgengnya suatu hubungan. Semoga pembahasan kali ini bisa menjadi referensi mu dan pasangan, ya. Selamat mencoba, Ladies!