5 Kesalahan Mencukur Bulu Kaki yang Perlu Dihindari

Rabu, 10 Mei 2023 | 19:41:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kesalahan Mencukur Bulu Kaki Yang Perlu Dihindari

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki tampilan kaki yang bersih dan mulus tentu akan membuat seseorang menjadi percaya diri. Maka dari itu, tak sedikit kaum hawa yang melakukan berbagai treatment atau perawatan seputar tubuh khususnya area kaki agar terhindar dari bulu-bulu kaki yang mengganggu, salah satunya ialah dengan mencukur bulu kaki.

Kegiatan ini bisa dilakukan baik di klinik kecantikan ataupun di rumah secara mandiri. Namun, jika kamu ingin melakukan perawatan kaki dengan cara mencukur bulu kaki sebaiknya kamu perlu menghindari lima kesalahan berikut agar tidak menimbulkan beragam masalah kulit.

Berikut ini lima kesalahan mencukur bulu kaki yang perlu dihindari yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Mencukur di Pagi Hari

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

 

Ladies, bagi kamu yang sering mencukur bulu kaki di pagi hari sebaiknya kamu dapat menghentikan kebiasaan ini. Mencukur bulu kaki di waktu yang tidak tepat pun dapat menimbulkan risiko yang tak terduga, lho.

Mencukur bulu kaki di pagi hari dapat membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil akibat adanya paparan udara dingin. Oleh sebab itu, mencukur bulu kaki sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

Hal ini akan membuat folikel rambut lebih tertutup serta membuat permukaan kulit menjadi rata. Selain itu, proses mencukur bulu kaki di malam hari akan terasa lebih nyaman dan mudah, hasilnya pun terlihat lebih halus dan mulus maksimal.

Mencukur Saat Mandi

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

 

Ladies, kesalahan selanjutnya saat mencukur kaki ialah dilakukan saat mandi. Ketika mandi air yang kamu gunakan akan membuat bulu kakimu menjadi lebih lembut serta membuka folikel pada bulu kaki sehingga bulu kakimu akan sulit dicukur. Sementara itu, sering mencukur bulu kaki saat mandi pun sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya berilah jeda waktu selama 10 hingga 15 menit sebelum mencukur bulu kaki.

Mencukur dengan Arah Berlawanan

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

 

Nah, kesalahan selanjutnya yang sebaiknya dapat kamu hentikan ialah mencukur bulu kaki dengan arah yang berlawanan. Mencukur bulu kaki dan bulu ketiak tentu sangat berbeda, jika bulu ketiak dilakukan dengan cara berlawanan, bulu kaki sebaiknya dicukur mengikuti arah pertumbuhan rambut.

Apabila kamu mencukur bulu kaki dengan arah berlawanan justru akan menyebabkan kulitmu menjadi luka, iritasi, bahkan menimbulkan goresan-goresan. Maka dari itu, mulai sekarang kamu bisa memperbaiki cara mencukur agar tepat dan terhindar dari risiko yang berbahaya.

Mencukur Saat Kulit Kering

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

 

Ladies, mencukur bulu kaki saat kondisi kulitmu kering juga sebaiknya harus dihindari. Sebab, hal ini bisa saja menimbulkan masalah kulit iritasi hingga terjadinya luka. Nah, alangkah lebih baik jika kamu mengaplikasikan krim cukur terlebih dahulu kepermukaan kulit agar kulitmu menjadi lebih lembap.

Pastikan pula alat cukurmu dalam kondisi bersih, higienis dan tajam. Selain itu, kamu pun dapat memperhatikan alat pencukur yang kamu gunakan serta jangan gunakan sabun mandi sebagai alternatif penggantinya karena dapat menyumbat pisau cukur serta dapat menimbulkan luka.

Tidak Mengganti Pencukur

Ilustrasi Mencukur Bulu Kaki. (Special)

 

Jarang mengganti pencukur atau alat mencukur juga kesalahan yang harus kamu hindari. Alat cukur yang tidak rutin diganti justru akan menjadi sarang bakteri sehingga akan berpengaruh pada kondisi kulitmu seperti timbulnya infeksi, iritasi kulit, kemerahan hingga luka. Oleh sebab itu, sebaiknya gantilah alat cukurmu setiap 7 hingga 8 kali pemakainnya.