5 Keuntungan Puasa Senin Kamis, Baik Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Senin, 16 Agustus 2021 | 00:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Keuntungan Puasa Senin Kamis, Baik Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Foto: Ladiestory.id

Sebagai umat muslim, banyak sekali amalan ibadah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala. Mulai dari ibadah yang wajib dijalankan hingga amalan sunnah yang dapat dilakukan sewaktu-waktu. Salah satu amalan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah puasa Senin Kamis.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Kesehatan

Hal ini tercermin dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah berkata, "Bahwasanya Nabi Muhammad lebih sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah setiap hari Senin dan Kamis, maka saya senang apabila amalan saya (pada hari tersebut) dan saya berpuasa pada hari tersebut." (H.R. Ahmad).

Dengan demikian, hari Senin dan Kamis memiliki keutamaan sebab pada dua hari tersebut amalan-amalan manusia diajukan kepada Allah SWT. Menjalankan puasa Senin Kamis dapat membuat catatan amal ibadah lebih baik.

Selain mendekatkan diri pada Allah SWT serta bukti cinta pada Rasulullah SAW, melakukan puasa Senin Kamis juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebab, rutin berpuasa selama dua hari dalam seminggu dapat mengoptimalkan proses metabolisme dalam tubuh.

Berikut ini keuntungan menjalankan puasa Senin Kamis untuk kesehatan.

1. Membantu menurunkan berat badan

Foto: Ladiestory.id

 

Saat menjalankan puasa, asupan makanan menjadi lebih teratur dan terbatas karena hanya dapat makan pada waktu tertentu. Hal ini memungkinkan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi dibanding gula. Sehingga, menjalankan puasa dinilai lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan dengan diet biasa.

Apalagi jika makanan yang dikonsumsi berupa makanan sehat, seperti sayur dan buah, maka asupan kalori dalam tubuh pun berkurang. Manfaat puasa Senin Kamis yang satu ini akan lebih terasa saat dilakukan secara rutin.

2. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Foto: Ladiestory.id

 

Dengan rutin menjalankan puasa Senin Kamis, risiko terserang penyakit berbahaya, seperti darah tinggi, kolestrol, hingga kanker, dapat diminimalkan. Saat berpuasa, tekanan darah cenderung lebih rendah dibandingkan biasanya. Turunnya kadar kolestrol juga dapat meminimalkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu meningkatkan fungsi otak

Foto: Ladiestory.id

 

Rutin berpuasa juga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat dan kemampuan belajar. Selain itu, dengan rutin menjalankan puasa Senin Kamis dapat meminimalkan dan mencegah risiko penyakit alzheimer. Penyakit ini dapat mengakibatkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta berpengaruh terhadap perubahan perilaku secara bertahap.

4. Membuat kulit lebih sehat

Foto: Ladiestory.id

 

Puasa dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit yang rusak sehingga kulit menjadi lebih cerah. Dengan berpuasa, tubuh dapat melakukan detoksifikasi yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya masalah jerawat. Selain itu, asupan makanan yang dapat menimbulkan jerawat, seperti produk susu dan gula, dapat berkurang karena waktu makan yang terbatas.

5. Dapat memperpajang umur

Foto: Ladiestory.id

 

Umur seseorang memang tidak ada yang tahu. Namun, dengan menerapkan pola hidup sehat, bukan tidak mungkin akan panjang umur. Salah satu efek penuaan ialah metabolisme tubuh yang melambat. Dengan rutin menjalankan puasa Senin Kamis, metabolisme dalam tubuh lebih terkontrol dan awet muda.

Itulah beberapa keuntungan puasa Senin Kamis dilihat dari sisi kesehatan dan kecantikan. Namun, manfaat dari puasa Senin Kamis dapat terasa saat rutin menjalankan ibadah sunnah tersebut.

Berita Terkait