5 Makanan Lezat yang Memiliki Bau Tak Sedap, Tertarik Mencobanya?

Sabtu, 11 Maret 2023 | 15:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Makanan Lezat Yang Memiliki Bau Tak Sedap, Tertarik Mencobanya?

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Ladiestory.id - Selain tampilan makanan yang menggugah selera, rempah yang melimpah ruah serta aroma yang melezatkan tentu akan membuat selera makan menjadi meningkat hingga tak sabar untuk mencicipi rasanya. Namun, tahukah kamu jika terdapat beberapa jenis makanan lezat yang ternyata memiliki bau tak sedap serta aroma menyengat yang bisa menurunkan nafsu makan. Tetapi dibalik hal tersebut ternyata ada kandungan gizi, nutrisi dan kelezatan yang tercipta dari aroma tak sedap dari makanan tersebut, lho. Berikut diantaranya.

Natto

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Makanan yang berasal dari negara Jepang ini ternyata memiliki aroma tak sedap yang dapat membuat seseorang menjadi tidak nafsu untuk menyantapnya. Namun, bukan berarti tidak ada yang mau menyantapnya ya, Ladies. Makanan yang terbuat dari fermentasi biji kedelai dan bakteri bacillus subtilis inilah yang membuat aroma natto menjadi tak sedap, baunya seperti aroma kaki serta berlendir karena telah difermentasikan selama kurang lebih 15 hari. Namun, dibalik aromanya yang kurang sedap ini ternyata natto merupakan salah satu hidangan lezat  serta kaya nutrisi dan zat besi yang sangat baik dikonsumsi bagi tubuh. Selain itu, natto ini pun dapat membantu menurunkan penyakit kolesterol, lho.

Surstromming

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Hidangan makanan selanjutnya yang memiliki aroma tak sedap adalah surstromming. Yup, surstromming merupakan makanan tradisional yang berasal dari negara Swedia yang dibuat dari potongan ikan herring yang berasal dari jenis ikan air payau. Makanan ini diolah dengan cara difermentasikan dan daging ikan diasinkan selama kurang lebih 5 hingga 6 bulan. Aroma busuk dari ikan yang difermentasi ini kini sudah dikemas dalam bentuk kaleng dan mengikuti peraturan pangan yang telah ditentukan oleh pemerintah Swedia.

Century Egg

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Makanan dari negeri Tiongkok ini berasal dari telur ayam, bebek, puyuh dan direndam dalam air garam, abu, kapur serta sekam padi. Makanan ini pun merupakan hidangan makanan legendaris sejak 1000 tahun lalu dan sudah dikenal lama sejak zaman Dinasti Ming. Teknik pembuatan makanan ini pun dilakukan perendaman selama 3 hingga 5 minggu untuk memberikan cita rasa yang lebih nikmat. Putih telurnya akan berubah seperti telur yang membusuk dan memiliki warna yang cukup gelap, makanan ini pun akan nikmat disajikan dengan salad maupun bubur.

Hakarl

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Makanan khas dari Irlandia ini juga memiliki aroma tak sedap yang berasal dari daging ikan hiu yang telah difermentasikan. Cara pengolahannya pun sangat tradisional, yakni diolah dengan cara mengubur daging ikan hiu di dalam tanah kemudian digantung  selama kurang lebih 4 hingga 5 bulan lamanya sampai tekstur dagingnya mengering. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan racun dan bakteri pada daging ikan hiu dan mengeluarkan aroma yang menyengat. Namun, hakarl sendiri memiliki cita rasa yang lezat tetapi kamu juga harus kuat untuk mencium aroma baunya.

Balut

Ilustrasi Makanan dengan Bau Tak Sedap (Special)

Yup, makanan selanjutnya yang tak kalah memiliki aroma tak sedap adalah balut. Makanan ini sangat populer di negara Filipina. Balut sendiri merupakan telur yang masih berupa embrio baik bebek maupun ayam yang masih berumur 18 hingga 21 hari. Sebelum menyantapnya, telur ini direbus dahulu selama kurang lebih 20 menit bersama embrio bebek atau ayam yang masih hidup.

Nah, Ladies itulah ke lima makanan lezat yang memiliki aroma tak sedap dari berbagai negara. Ada yang ingin kamu coba diantaranya?