5 Makanan Pedas yang Bikin Lidah “Kebakar”, Berani Coba?

Senin, 28 Februari 2022 | 12:53:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Makanan Pedas Yang Bikin Lidah “Kebakar”, Berani Coba?

Ilustrasi cabai sebagai penambah citarasa pedas. (Special)

Ladiestory.id - Masyarakat Indonesia terkenal sebagai penggemar makanan pedas. Bahkan ada yang mengatakan jika menyantap makanan tanpa rasa pedas terasa ada yang kurang. Makanan pedas diyakini mampu meningkatkan selera makan dan menghilangkan stres.

Tak heran jika kini banyak tempat makan yang menawarkan menu pedas sebagai hidangan andalannya. Popularitas makanan pedas yang meningkat di masyarakat membuat varian sajiannya kian beragam. 

Nah, buat Kamu yang hobi suka hidangan pedas, lima makanan pedas kekinian ini wajib Kamu coba.

1. Seblak

Ilustrasi seblak. (Special)

Seblak bukanlah makanan baru di Indonesia. Hidangan asal Bandung ini terkenal akan pedasnya. Bahkan kepopuleran makanan pedas ini sudah tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

Selain mengandalkan rasa pedas menggigit, seblak memiliki ciri khas berupa kerupuk udang rebus dengan beragam isian, seperti mi, sayuran, bakso, hingga ceker.

Seiring dengan popularitasnya, kini seblak ditawarkan dengan aneka level pedas dan disajikan dengan tampilan yang lebih kekinian.

2. Ayam Geprek

Ilustrasi ayam geprek. (Special)

 

Olahan ayam masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat. Hal ini pula yang membuat ayam geprek menjadi semakin digemari, bahkan beberapa artis pun turut membuka bisnis olahan ayam ini.

Seperti namanya, makanan ini merupakan ayam goreng tepung yang digeprek bersama sambal bawang. Menawarkan cita rasa pedas yang khas, kini sambal ayam geprek juga bervariasi sambal hijau, sambal matah, hingga sambal teri. Makanan kekinian ini pun terus muncul inovasi, seperti ditambah lelehan keju sebagai topping.

3. Mie Pedas

Ilustrasi mie pedas. (Special)

 

Selain ayam, olahan mie juga digemari banyak orang. Apalagi saat menu yang ditawarkan memiliki rasa pedas dengan berbagai varian level. Tak sedikit pula makanan pedas ini menjadi konten “mukbang” di YouTube. 

Umumnya, mie pedas adalah mie goreng yang dicampur dengan bumbu cabai pedas sehingga kian menggugah selera. Varian mie pedas pun bisa beragam, tergantung dengan tempat makan yang menjualnya. Namun, beberapa menu mie pedas menyediakan berbagai topping, seperti keju, pangsit, hingga daging cincang.

4. Bakso dan Aneka Menu “Mercon”

Ilustrasi bakso dan aneka menu “mercon”. (Special)

Bakso juga merupakan makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Karena itulah, kini variannya semakin beragam hingga muncul menu bakso mercon.

Kehadiran bakso mercon memiliki tempat tersendiri di hati para penggemar bakso dan pecinta pedas. Sesuai namanya, bakso mercon diolah dengan sambal khas Indonesia dan dicampur aneka rempah. Sajian bakso mercon sendiri cukup beragam, bisa dimasak dengan cara di oseng, atau tampil layaknya bakso biasa dengan isian sambal.

Selain bakso, varian menu lain dengan nama “mercon” juga kian menjamur. Beberapa makanan pedas kekinian tersebut, antara lain oseng mercon, ceker mercon, hingga pentol mercon.

5. Baso Aci

Ilustrasi baso aci. (Special)

Gak cuma bakso daging, olahan bakso dengan bahan aci atau tepung tapioka juga tak kalah nikmat. Bakso aci menjadi makanan pedas kekinian yang dikenal dengan kuahnya yang nikmat. Sekilas makanan ini mirip seperti sebak, hanya saja isi dari dua makanan ini berbeda.

Makanan pedas asal Jawa Barat ini berisi bakso aci, tahu, sukro cikur, hingga ceker. Biasanya bakso aci juga ditambah perasan jeruk nipis yang bisa menambah selera makan.

Walaupun Kamu menyukai makanan pedas, jangan sampai mengonsumsinya secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, makanan pedas bisa membahayakan tubuh, seperti memperparah sakit tenggorokan. 

Maka dari itu, jika Kamu menyantap hidangan pedas, jangan lupa untuk sedia YUZU TEA untuk meredakan sensasi terbakar. Minuman ini mengandung buah Yuzu asli yang kaya akan vitamin C, sehingga dapat meringankan sakit tenggorokan.