5 Manfaat Konsumsi Ikan Kembung bagi Ibu Menyusui dan Sang Anak

Rabu, 8 Juni 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Manfaat Konsumsi Ikan Kembung Bagi Ibu Menyusui Dan Sang Anak

Ilustrasi ikan kembung. (Special)

Ladiestory.id - Ibu yang baru saja melahirkan dan beralih menjadi busui (ibu menyusui) biasanya dianjurkan mengonsumsi ikan. Hal ini disebabkan ikan memiliki banyak protein dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu ikan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah ikan kembung. Ikan kembung merupakan ikan yang berbentuk ramping dan kecil. 

Ikan kembung sendiri masih tergolong ikan tenggiri, tuna, dan tonggol. Jenis ikan ini dikenal sangat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh ibu dan anak jika mengonsumsi ikan kembung.

Kandungan Omega 3 Sangat Tinggi

Ilustrasi bayi. (Special)

Diketahui ikan kembung memiliki kandungan omega 3 yang sangat tinggi. Bahkan, kandungan omega 3 ini lebih tinggi dibanding ikan salmon. Pasalnya, dalam ikan kembung terkandung sekitar 2,4 gram omega 3. Sementara pada ikan salmon hanya terkandung 1,6 gram saja.

Dilansir WebMD, ikan kembung mampu mengatasi beberapa penyakit, seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol yang berbahaya, hingga mampu meredakan peradangan. Nah, kandungan omega 3 sendiri sangat dibutuhkan oleh bayi. Kandungan ini berfungsi untuk tumbuh kembang otak sang anak. 

Banyak ilmuwan mengatakan jika bayi sangat baik mengonsumsi banyak kandungan omega 3. Kondisi ini nantinya akan membantu bayi untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Oleh sebab itu, ikan kembung sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi pada ibu menyusui. Pasalnya, sama saja sang ibu sedang memberikan kandungan omega 3 yang banyak ke bayi. 

Meminimalisir Anak Alergi

llustrasi ibu dan bayi. (Special)

Pada dasarnya, bayi masih memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Bahkan mereka sangat rentan terkena alergi. Nah, ikan kembung yang dikonsumsi ibu menyusui dapat membantu meminimalisir anak terkena alergi. Selain itu, ikan kembung juga membantu mencegah beberapa permasalahan anak di kemudian hari. 

Hal ini disebabkan ikan kembung mengandung omega 3 yang sangat tinggi. Bahkan manfaat ini pun telah banyak dilakukan penelitian. Dikutip Babymed, kandungan omega 3 sudah cukup melindungi bayi. Baik dari fungsi otak yang buruk dan beberapa masalah lainnya seperti ADHD. 

Kalsium Ibu dan Anak Terpenuhi 

Ilustrasi kesehatan tulang. (Special)

Manfaat ibu menyusui mengonsumsi ikan kembung adalah kalsium yang terpenuhi. Baik untuk anak atau pun ibu menyusui itu sendiri. Seperti yang diketahui, bayi yang baru saja lahir masih memiliki organ tubuh yang belum terbentuk sempurna. Termasuk tulang bayi yang masih lunak dan proses tumbuh kembang. 

Oleh sebab itu, kandungan kalsium sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Sementara ikan kembung sendiri memiliki kalsium yang terbilang cukup banyak. Dikutip UCSF Health, 100 gram ikan kembung memiliki kandungan 136mg kalsium. Sementara ibu menyusui memerlukan kalsium yang banyak yakni 1.300 mg kalsium per hari. 

Itu artinya, saat menyusui sang ibu telah kehilangan sekira 3-5 persen masa tulangnya. Oleh sebab itu ibu menyusui juga memerlukan asupan yang mengandung kalsium seperti ukan kembung. 

Memiliki Kandungan Kalium yang Baik 

Foto: Ladiestory.id

Selain kalsium, ikan kembung juga memiliki kandungan kalium dan natrium. Sementara kedua kandungan ini sangat dibutuhkan untut otot sang ibu. Bahkan kedua kandungan ini juga diperlukan untuk tumbuh kembang sang bayi. Kandungan kalium ini dapat meminimalisir disuko kehilangan tulang seiring berjalanannya waktu. 

Selain itu, kalium juga berfungsi mempertahankan tekanan darah hingga mengurasi risiko batu ginjal. Itu artinya ikan kembung juga sangat penting dikonsumsi untuk orang dewasa. Mungkin manfaat ikan kembung pada poin ini tidak langsung terlihat. Namun, mengonsumsi ikan kembung bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang. 

Mencegah Kanker

Foto: Ladiestory.id

Salah satu penyakit yang ditakuti semua orang adalah kanker. Terutama bagi wanita, kanker payudara menjadi musuh terbesar. Namun jangan khawatir, pasalnya mengonsumsi ikan kembung pada ibu menyusui dapat mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan ikan kembung memiliki kandungan antioksidan, koenzim Q10, dan kemak omega 3. 

s