5 Manfaat Me Time Bagi Ibu, Bantu Lebih Bersemangat dan Bahagia!

Senin, 16 Januari 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Me Time Bagi Ibu, Bantu Lebih Bersemangat Dan Bahagia!

Ilustrasi Me Time. (Special)

Ladiestory.id -  Apakah kamu pernah merasakan kelelahan menjalani rutinitas sebagai ibu rumah tangga atau bekerja? Jika iya, jangan abaikan! Sebab, bisa jadi itu tandanya kamu membutuhkan me time. Ketika kamu terus mengutamakan kebutuhan orang lain, tentunya akan membuatmu terus mengabaikan kebutuhan diri sendiri.

Kamu pun akan menyalahkan diri sendiri ketika belum bisa memenuhi keinginan orang lain. Padahal, kamu sedang dalam kondisi lelah dan stress.

Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk mengisi kembali kekuatan dan semangat dalam menjalani rutinitas mengurus dan merawat keluarga. Lalu, apa saja manfaat dari me time bagi ibu? Yuk, simak lima daftarnya berikut ini. 

1. Bantu Hilangkan Stress

Ketika kamu terus menerus berkutat dengan segudang rutinitas di rumah. Maka, kamu akan merasa kelelahan dan memicu terjadinya stres.

Ketika mengalami kondisi ini, tentunya kamu menjadi tidak maksimal dalam beraktivitas. Bahkan, lebih parahnya dapat mengganggu kesehatan mental maupun fisik.

Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk diri sendiri atau me time merupakan hal yang penting. Misalnya, kamu dapat bersantai dengan menonton film, mendengarkan musik hingga membaca buku untuk bantu hilangkan stres.

Sebab, stres sendiri merupakan salah satu pemicu terjadinya kecemasan, depresi, kenaikan berat badan hingga penyakit jantung. 

2. Kembalikan Semangat Diri

Salah satu pekerjaan yang paling terberat di dunia ini adalah menjadi seorang ibu. Sebab, pekerjaan yang perlu ditangani mulai dari hal rumah tangga hingga mengasuh dan merawat seluruh anggota keluarga.

Tentunya, kegiatan ini dilakukan mulai dari pagi hari hingga malam hari sebelum tidur. Tak ayal, para Ibu merasakan kelelahan dan kehabisan seluruh energi seharian.

Nah, dengan melakukan me time misalnya satu minggu sekali akan membantu Ibu mengembalikan semangat diri. Ia dapat memberikan tubuh untuk memiliki kesempatan beristirahat. Kamu dapat melakukan me time seperti spa atau facial wajah yang menenangkan. 

3. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Ketika kamu melakukan me time, tentunya akan bantu hilangkan stres yang telah menumpuk. Selain itu, bantu tubuh menjadi lebih rileks selama beberapa waktu.

Kondisi seperti ini, dapat membantu secara efektif dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Khususnya melalui kualitas tidur yang dapat menaikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Tak hanya itu, resiko terjadinya penyakit jantung juga semakin menurun. Sehingga, me time tak hanya bantu jaga kesehatan secara mental sang Ibu. Namun, juga fisiknya. 

4. Menjadi Lebih Bahagia dan Produktif

Ketika seorang ibu telah mampu menghilangkan stres yang menumpuk. Tentunya, akan muncul perasaan lebih bahagia. Sehingga, dalam beraktivitas tentunya menjadi nyaman dan lebih produktif.

Ibu juga dapat lebih cekatan dan fokus dalam membangun hubungan dengan keluarga. Tak hanya itu, ketika seorang ibu dapat menjadi produktif.

Maka, tugas-tugas dalam rumah pun dapat diselesaikan dengan cepat dan ibu dapat memiliki waktu lebih untuk bercengkrama dengan keluarga atau sekedar me time

5. Bantu Ibu Mengenal Diri Sendiri

Bagi Ibu yang melakukan me time, akan membantunya lebih mengenal diri sendiri. Ia akan lebih menjadi bijaksana dapat menghadapi permasalahan sehari-hari.

Sebab, dalam kondisi tubuh dan pikiran yang tenang. Selain itu, melakukan me time juga dapat membantu seorang ibu untuk mengetahui minat dan bakatnya.

Kamu pun tentu menjadi lebih kreatif. Ketika menghabiskan waktu sendiri, kamu dapat gunakan untuk meningkatkan kreatifitas. Misalnya, mengambil kelas seni, memotret, membuat roti atau melukis.

Kini, telah tersedia banyak kelas minat dan hobi yang dapat kamu temui secara daring. Sehingga, tak perlu khawatir meninggalkan rumah.