Ladies, Ketahui Tanda-Tanda Kamu Butuh Me Time!

Jumat, 26 Januari 2024 | 13:54:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ladies, Ketahui Tanda-Tanda Kamu Butuh Me Time!

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Setiap orang tentu pernah merasa suntuk hingga ingin mengasingkan diri dari hiruk pikuk dan ramainya lingkungan di sekitarnya. Mereka ingin membenamkan diri mereka di dalam sebuah ruangan, seolah energi yang ada di dalam dirinya telah habis. Tidak hanya individu yang introvert, perasaan itu bisa dirasakan oleh semua orang.

Kamu harus mengetahui tanda-tanda yang muncul dari dalam dirimu untuk selanjutnya kamu menyingkir dari keramaian. Jika kamu tidak memberi diri waktu untuk memulihkan tenaga, maka akan berisiko kehabisan tenaga, baik secara emosional maupun fisik. 

Dilansir dari Healthline Online, berikut tanda-tanda yang harus kamu kenali.

Mulai Tidak Senang dengan Berbagai Hal

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Salah satu indikator awal bahwa kamu memerlukan me time adalah ketika segala sesuatunya sudah tidak lagi terasa menyenangkan. Kamu lebih banyak mengeluh dalam hati karena bosan atau menunda-nunda proyek kreatif yang biasanya kamu nantikan.

Hal itu menunjukkan semangatmu perlu diisi ulang sebelum dapat melakukan berbagai hal rutinitas sehari-hari.

Cobalah me time dengan melakukan hal-hal yang kamu senangi seperti bertemu orang tersayang, atau pergi ke perpustakaan dan menjelajah selama satu jam dan mengunjungi restoran favoritmu.

Makan Banyak Secara Tiba-Tiba

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Ketika kamu secara tiba-tiba mendambakan semua makanan ringan di rumah, itu bisa menjadi salah satu pengingat untuk memeriksa diri sendiri dan melihat apa yang terjadi secara internal.

Kewalahan dengan Hal Kecil

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Jika biasanya kamu sangat mahir dalam menjalankan banyak tanggung jawab sambil tetap tenang dan tiba-tiba kewalahan dengan hal-hal terkecil, itu bisa menjadi salah satu tanda-tanda kamu butuh me time.

Setiap kali kamu menyadari bahwa tidak dapat lagi menyelesaikan hal-hal tersebut dan menjadi sakit kepala, kamu harus menyadari bahwa ada terlalu banyak hal yang dikerjakan dan perlu istirahat.

Emosi yang Tidak Terkontrol

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Emosi yang tidak terkontrol juga bisa menjadi salah satu tanda kalau kamu butuh me time. Kamu akan mudah emosi saat sedang tidak stabil, bahkan bisa emosi kepada orang-orang tersayang, seperti ayah, ibu, suami, anak, atau kekasih hati.

Jika kamu sudah mulai merasa emosimu tidak bisa dikontrol, coba lah untuk langsung memisahkan diri dari sekitar, tarik napas dalam-dalam. Kamu juga bisa menghirup wewangian yang menenangkan.

Ingin Bersembunyi

Ilustrasi Me Time. (Freepik.com)

Saat berada di tengah keramaian, salah satu contohnya adalah acara keluarga, terkadang kamu justru merasa tidak nyaman dan ingin bersembunyi di kamar. Tindakan menjauhkan diri dari keluarga ini adalah cara tubuh memberitahu bahwa kamu benar-benar membutuhkan lebih banyak waktu sendirian.