5 Manfaat Perasaan yang Ada dalam Dirimu

Senin, 10 Oktober 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Manfaat Perasaan Yang Ada Dalam Dirimu

Ilustrasi reset routine. (Special)

Ladiestory.id - Pasti kamu pernah mendengar ungkapan-ungkapan seperti, "jangan marah-marah", "tak usah sedih terus", "kamu takut, kamu lemah". Terkadang, kamu menyalahkan diri mengapa perasaan itu datang di waktu yang tidak tepat. Padahal, sebetulnya setiap perasaan tercipta untuk memiliki manfaat dan maksud tertentu untuk diri sendiri.

Perasaan bisa disebut alarm bagi diri untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk hidup ke depannya. Setiap perasaan yang muncul bisa berfungsi sebagai pengingat untuk kamu, yang tentunya itu sangat berguna.

Jadi, daripada kamu gusar dan gelisah dengan perasaan sendiri, kenali dan pahami perasaan-perasaan tersebut. Pahami juga apa saja manfaat perasaan yang muncul itu terhadap diri sendiri. Ladiestory.id telah merangkum beberapa manfaat dari perasaan yang perlu kamu tahu. Apa saja? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Takut

Ilustrasi jenis ketakutan. (Special)

 

Perasaan takut akan muncul dibenak bila merasa terancam. Rasa takut ini ternyata memiliki manfaat agar dirimu tetap waspada dan berhati-hati dalam mengambil langkah ke depannya.

Bagaimana jadinya jika tidak ada rasa takut dalam dirimu? Bisa-bisa, kamu melakukan sesuatu tanpa memikirkan akibatnya, yang justru akan menghancurkan diri sendiri di masa depan. Itulah mengapa rasa takut perlu kamu rasakan.

Sedih

Ilustrasi orang merasa sedih. (Special)

 

Perasaan sedih sering dirasakan ketika kamu mengalami sesuatu yang menyakitkan. Selain itu, rasa sedih juga bisa memberikan petunjuk untuk dirimu, bahwa ada sesuatu yang hilang, entah itu orang, benda, atau situasi. Dari rasa sedih yang dirasakan, kamu tahu, bahwa suatu hal cukup berharga bagimu. Jadi, ketika hal itu diambil atau menghilang dari dirimu, kamu akan merasa sedih.

Manfaat lain dari rasa sedih adalah sebagai petunjuk bahwa kamu tidak harus memendam perasaan atau hal yang menyakitkan selama mungkin. Hal itu karena akan membuat dirimu semakin lemah dan merasa tidak nyaman. 

Kesepian

Ilustrasi Kesepian (Special)

 

Terkadang rasa sepi hadir di kala kamu sedang berada di keramaian. Situasi seperti ini yang membuat dirimu berpikir bahwa kamu sedang sendirian. Padahal, rasa kesepian ini menandakan bahwa kamu sedang membutuhkan koneksi dengan orang lain, bukan kamu sendirian.

Selain itu, rasa kesepian ini juga bisa menandakan bahwa ada kebutuhan psikologis yang perlu kamu penuhi, bukan orang lain yang dituntut memenuhinya.

Marah

Ilustrasi marah. (Special)

 

Diantara perasaan lain, rasa marah yang paling sering muncul dalam hidup. Biasanya, rasa marah akan muncul di saat kamu diperlakukan jahat. Itu berarti, kamu tahu bahwa dirimu itu berharga dan tidak pantas diperlakukan buruk orang lain.

Rasa marah juga seringkali menjadi kamuflase dari perasaan lainnya. Mungkin kamu sedang marah, tetapi dalam hati kamu sedang sedih, kecewa, atau kesal dengan seseorang. Akhirnya, untuk melampiaskan perasaan itu, rasa marah tercipta.

Bahagia

Ilustrasi Bahagia. (Special)

 

Selain marah, perasaan bahagia juga sering dirasakan. Perasaan bahagia akan muncul saat kamu diperlakukan baik dan suatu keinginanmu terwujud. Lalu, bagaimana jika rasa bahagia itu membohongimu? Rasa bahagia sering menjadi kebohongan, bila kamu itu tersenyum dan tertawa di saat kesedihan melanda.

Itu bisa terjadi karena kamu butuh waktu untuk menghibur diri. Oleh karena itu, perasaan bahagia kamu gunakan untuk menutupi perasaan sesungguhnya yang sedang kamu alami. Jadi, jangan berpura-pura bahagia di depan orang lain. Kamu perlu mengekspresikan perasaan dirimu yang sesungguhnya.

Nah, itu dia beberapa hal seputar manfaat perasaan yang perlu kamu tahu. Ketika perasaan itu muncul, jangan di salah artikan dulu. Bisa saja, perasaan itu tercipta karena suatu alasan. Lebih baik untuk kamu memahami dan mengenali diri sendiri, daripada harus bertentangan dengan apa yang dialami.