5 Manfaat Yang Didapat Jika Kamu Rutin Menggunakan Clay Mask Untuk Wajah

Senin, 2 Agustus 2021 | 09:20:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Manfaat Yang Didapat Jika Kamu Rutin Menggunakan Clay Mask Untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Terdapat beragam jenis masker kecantikan yang berfungsi bagi kulit. Salah satu jenis masker yang tengah hits yaitu clay mask. Mengenakan masker wajah untuk menjaga kesehatan kulit wajah memang kerap dilakukan. Beraneka jenis masker wajah juga sekarang sangat mudah dijumpai. Misalnya masker lumpur, peel of mask, sheet mask, dan clay mask.

Fungsi pemakaian dari jenis-jenis masker tersebut memang sama, yakni menjaga kesehatan kulit wajah. Tetapi, apa itu clay mask? Apa yang membedakannya dengan jenis masker wajah lainnya? Clay mask merupakan masker wajah yang berasal dari tanah liat, layaknya kaolin atau bentonit.

Cocok dikenakan bagi kamu tipikal wajah berminyak, sebab clay mask ini diketahui mempunyai khasiat dalam menyerap kadar minyak berlebih pada wajah.

Clay mask punya banyak kelebihan untuk membersihkan dan menyehatkan kulit. Masker clay mask telah banyak tersedia dengan berbagai merek di toko offline atau online. Tanah liat yang merupakan komposisi utama pada clay mask, bisa menyerap kotoran serta membantu menyembuhkan masalah kulit.  

Salah satu cara ketika mengenakan masker tanah liat yaitu pastikan kamu mengoleskannya dengan rata. Kamu dapat mengenakan spons, jari, maupun kuas masker untuk penggunannya.

Walaupun demikian, jangan lupa jika tiap jenis tanah liat yang ada pada dalam Clay Mask belum pasti pas untuk seluruh jenis kulit. Teliti dengan benar label kemasannya sebelum penggunaan. Berikut manfaat menggunakan clay mask.

1. Mencegah Jerawat dan Komedo

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Clay Mask berguna dalam menyerap minyak berlebih dan kotoran di permukaan kulit wajah, sehingga mencegah jerawat ringan dan komedo yang muncul saat pori-pori terhalangi oleh kotoran dan minyak berlebih.

Ratakan bubuk clay mask atau tanah liat dengan air hangat kemudian pakaikan di wajah guna membantu mengobati jerawat dengan lebih ampuh.

2. Bersihkan pori-pori tersumbat

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Memakai clay mask dapat membersihkan minyak berlebih dari pori-pori. Ion berkandungan negatif pada tanah liat, kotoran, minyak, dapat menarik debu, dan bahkan membuka pori-pori.

Bila kamu mempunyai kulit berminyak alami, Menggunakan clay mask secara rutin sekali atau dua kali seminggu bisa membantu mengatasi minyak berlebih.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Clay mask pun dapat sekaligus mengeksfoliasi wajah. Terdapat kandungan bentonit pada clay mask ini, bisa berfungsi sebagai abrasif yang membersihkan sel-sel kulit mati dari lapisan atas kulit.

Bila kamu mempunyai kulit yang kusam, sangat disarankan guna memakai clay mask dengan rutin. Kulit nantinya menjadi bersih tuntas, berseri dan bebas kusam.

4. Membersihkan Kulit

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Kulit wajah tiap harinya terkena debu, polusi, dan kotoran. Membersihkan wajah tiap hari dan dengan pemakaian masker tanah liat beberapa kali dalam seminggu dapat membantu menjaga kebersihan kulit wajah.

Kotoran dan bakteri yang ada si kulit terlalu lama dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam dan berjerawat. Tanah liat yang menjadi komposisi utama dari Clay Mask umumnya mempunyai kandungan listrik negatif yang dapat membantu mengikat racun berkandungan positif dan logam berat layaknya merkuri dan timbal yang berasal dari polusi udara.

5. Hilangkan racun di kulit

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Dikutip dari Healthline, tanah liat biasanya memiliki muatan listrik negatif. Penelitian mengungkapkan jika kandungan negatif ini bisa membantu mengikat racun berkandungan positif dan logam berat layaknya merkuri dan timbal yang dapat ada pada kulit. Hal ini membantu membuang racun dari tubuh serta meningkatkan kesehatan kulit.