5 Manfaat Yoga saat Puasa Ramadan, Bisa Kurangi Stres dan Kecemasan

Selasa, 4 April 2023 | 19:06:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Manfaat Yoga Saat Puasa Ramadan, Bisa Kurangi Stres Dan Kecemasan

Ilustrasi yoga. (Special)

Ladiestory.id - Puasa Ramadan bukanlah halangan untuk beraktivitas. Meskipun kamu harus menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam, kamu tetap bisa beraktivitas seperti biasa bahkan juga berolahraga agar tubuh tetap bugar. Saat menjalani puasa sebaiknya kamu memilih jenis olahraga yang ringan seperti yoga, bersepeda, dan juga jogging. 

Yoga menjadi salah satu olahraga yang aman dilakukan selama puasa Ramadan. Olahraga yang memadukan latihan fisik, mental, dan spiritual ini menjadi olahraga favorit selama puasa Ramadan. Hal ini dikarenakan olahraga ini tidak membutuhkan energi yang besar untuk melakukannya dan kamu juga tidak akan  mudah capek. 

Selain itu, olahraga yoga juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh selama puasa Ramadan seperti yang telah dirangkum Ladiestory.Id  berikut ini. 

Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi tidur. (Special)

 

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan jika melakukan yoga adalah kualitas tidur yang terjaga. Selama Ramadan, pola tidurmu mungkin akan sedikit terganggu. Pasalnya, kamu harus bangun sebelum subuh untuk sahur. Namun, dianjurkan untuk tetap tidur 8 jam per hari. 

Oleh karena itu, agar kualitas tidur tetap terjaga, kamu bisa melakukan yoga. Olahraga ini dipercaya akan membuat kamu memiliki kualitas tidur yang bagus dan membuat tidur lebih nyenyak. 

Meningkatkan Stamina

Ilustrasi yoga. (Special)

 

Melakukan olahraga yoga selama puasa juga dapat membantu meningkatkan stamina. Dalam melakukan yoga, ada beberapa gerakan yang dapat membantu meningkatkan energi mental dan fisik. Sehingga kamu akan menjadi lebih bugar dan berstamina sehingga dapat menjalani puasa dan amalan ibadah di bulan suci Ramadan. 

Melatih Kesabaran

Ilustrasi yoga. (Special)

 

Selain dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat, yoga juga ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk melatih kesabaran. Gerakan yang ada pada yoga akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan dapat membantu mengelola emosi serta meningkatkan mood. Oleh karena itu, selama puasa Ramadan agar kamu menjadi lebih sabar dan dapat mengendalikan amarah, kamu bisa melakukan yoga secara rutin. 

Mengurangi Stres dan Kecemasan

Ilustrasi yoga. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang akan kamu rasakan jika melakukan yoga secara rutin adalah tingkat stres dan kecemasan dapat menurun. Yoga sangat baik dilakukan jika kamu merasa terlalu cemas atau khawatir tentang sesuatu hal sehingga dapat mengganggu ibadah puasamu. Dengan melakukan yoga, maka produksi hormon kebahagiaan akan meningkat. Selain itu, gerakan yang ada dalam yoga juga mampu menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon pemicu stres.

Menjaga Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Special)

Manfaat terakhir yang akan kamu rasakan ketika rutin melakukan yoga adalah dapat menjaga berat badan tetap ideal. Selama puasa, asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh memang menurun. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya kenaikan berat badan yang signifikan. 

Hal ini dipicu karena pola makan yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi kalori, tinggi kolesterol, dan juga makanan manis. Oleh karena itu, agar berat badan tetap terjaga kamu perlu melaksanakan pola hidup sehat dan olahraga, salah satunya yoga. 

Kamu bisa melakukan yoga secara rutin setiap hari selama 15–30 menit. Jika kamu terlalu sibuk maka kamu bisa melakukan minimal 2–3 kali seminggu. Dengan rutin melakukan yoga maka kamu dapat menjaga berat badan tetap ideal, melatih kelenturan tubuh, dan membantu melancarkan pernapasan.