5 Menu Makanan Yang Mengandung Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Rabu, 4 Agustus 2021 | 05:47:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Menu Makanan Yang Mengandung Vitamin D Untuk Ibu Hamil

Foto: Ladiestory.id

Bagi ibu hamil, selain asam folat yang cukup, nutrisi yang penting untuk ibu hamil yaitu makanan yang memiliki kandungan vitamin D. Pada seminar ‘Sehat Reproduksi untuk Segala Usia’ di Jakarta hari Selasa, 24 Juli 2021, dr. Rully Ayu Nirmalasari menyatakan, “Vitamin D dapat membantu pembentukan otak pada janin sehingga bisa mencegah risiko penyakit autis, schizoprenia, depresi, dan juga Alzhelmer."

Vitamin D adalah vitamin yang dapat tubuh peroleh dari paparan sinar matahari dengan alami. Vitamin D masuk ke dalam nutrisi penting guna menunjang kesehatan ibu hamil, disebabkan bida memberikan kesehatan bagi tubuh dan membantu perkembangan tulang, gigi, ginjal, jantung sampai sistem saraf janin pada dalam kandungan.

Tak itu saja, dari vitamin D kamu juga dapat memperoleh peningkatan metabolisme tubuh, imunitas tubuh, mengurangi risiko kelahiran prematur dan memperlancar pernapasan terlebih untuk kamu yang kerap terjangkit flu.

Memperoleh vitamin D hanya dari paparan sinar matahari tidak cukup bagi ibu hamil, kamu butuh menyeimbangkannya dengan makan makanan sehat. Salah satunya buah-buahan. Seperti yang dijelaskan di atas jika mengkonsumsi vitamin D untuk ibu hamil sangatlah penting. Apa saja ya menu vitamin D untuk ibu hamil?

1.Susu Kedelai

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Susu kedelai berasal dari sari kacang kedelai yang dihaluskan dengan air, lalu diperas dan dimatangkan, berbeda dengan susu sapi. Susu kedelai ini memiliki kandungan kaya akan vitamin D sehingga dapat membantu pembentukan tulang dan membantu mengurangi kolesterol jahat.

2.Mangga

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Buah yang satu ini memiliki rasa manis dan segar yang menjadikan mangga kerap masuk ke dalam daftar makanan yang diharapkan oleh ibu hamil. Buah berwarna kuning cerah ini banyak memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, betakaroten, serta vitamin D.

Mangga mempunyai bioflavonoid yang berguna dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Kandungan serat dan potasium yang tinggi bisa memperlancar pencernaan, terlebih untuk ibu hamil yang kerap mengalami sembelit.

3.Telur

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Selain kaya akan protein, telur juga mengandung vitamin A, B, D, E dan K. Guna menambah kurangnya asupan vitamin dan mineral, diharapkan untuk memakan sekitar 2 butir telur tiap hari.

4.Jeruk

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Jeruk dikenal karena kaya akan kandungan vitamin C, tetapi siapa yang menyangka jika buah dengan rasa manis dan lezat ini memiliki kandungan vitamin D yang baik dalam menjaga kesehatan ibu hamil.

Berdasarkan sumber terpercaya ODS, jika ibu hamil tidak mempunyai asupan vitamin D yang cukup pada makanan setiap harinya, maka akan meningkatkan risiko mengalami tulang yang lemah. Tanda ini umumnya dimulai dengan nyeri atau rasa sakit pada tulang dan otot-otot yang melemah.

Selain dikonsumsi langsung, kamu bisa mengonsumsi buah jeruk dengan mengolahnya menjadi jus. Satu cangkir jus jeruk (237 ml) bisa memiliki kandungan 100 IU vitamin D atau sama dengan memenuhi keperluan vitamin D harian sebanyak 12 persen.

5.Minyak Ikan

Foto: Ladiestoy.id
Foto: Ladiestoy.id

Komponen dari minyak ikan yaitu asam lemak omega-3, elcosapentaenoic acid (EPA), dan docosahexaenoic acid (DHA) yang berfungsi menjadi prekusor guna mengurangi inflamasi pada seluruh tubuh. Disisi lain, minyak ikan pun dapat menstabilkan tekanan darah, melebarkan pembuluh arteri dan vena, serta mengontrol kesehatan jantung. Tetapi pilihlah produk minyak ikan yang berkualitas dan pakai sesuai dengan takaran yang dianjurkan oleh dokter sebab jika dikonsumsi berlebihan, bisa mengakibatkan keracunan.

Berita Terkait