5 Rahasia Hubungan Langgeng yang Bisa Kamu Coba dengan Pasangan

Senin, 27 November 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Rahasia Hubungan Langgeng Yang Bisa Kamu Coba Dengan Pasangan

Ilustrasi Hubungan Langgeng. (iStock)

Ladiestory.id - Kamu tentu kerap melihat beberapa pasangan di internet maupun dunia nyata selalu terlihat mesra, bukan? Kamu pun tentu mengharapkan hal yang sama terjadi padamu, bukan? Nah, bagi kamu yang memiliki pasangan ternyata ada lho rahasia hubungan langgeng yang bisa kamu coba. 

Bagi beberapa pasangan baru tentu hubungan yang mesra dan intens menjadi hal penting. Namun, bagi sebagian orang yang sudah menjalin hubungan lebih dari satu tahun mungkin rasa jenuh akan mulai menghampiri. 

Oleh karenanya, perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk terus bisa memelihara hubungan. Sehingga, seiring bertambah lamanya sebuah hubungan kualitasnya pun semakin meningkat dan kuat. Nah, kira-kira apa aja sih rahasianya? 

Luangkan Waktu Khusus untuk Berdua

Ilustrasi pasangan. (Canva)

 

Rahasia hubungan langgeng yang bisa kamu coba di urutan pertama adalah dengan meluangkan waktu khusus untuk berdua. Ketika membaca rahasia ini tentu menjadi hal yang biasa saja bukan? Sayangnya, sebagian dari kamu mungkin masih kesulitan mewujudkannya.
Di tengah padatnya aktivitas, seringkali pasangan menjadi lupa untuk meluangkan waktu khusus. Misalnya, mencoba untuk berkencan walau hanya dengan menikmati makanan  di pinggir jalan. Bahkan, bisa juga juga dengan berlari ringan di car free day pada akhir pekan. 

Meski terlihat mudah, ternyata manfaatnya sangat penting untuk hubungan. Sebab, cara ini bisa membantu kedua belah pihak saling terhubung dan lebih menyenangkan di tengah hiruk pikuk kesibukan pekerjaan. 

Jangan Biarkan Masalah menjadi Pertengkaran

Ilustrasi bahwa dia tidak akan berubah ( wedding wire )

 

Apakah kamu kerap memendam masalah dan menumpahkannya dalam satu ledakan yang besar? Alhasil, kamu dan pasangan akan bertengkar hebat tanpa menemukan solusi terbaik? Jika iya, maka kamu perlu menghentikannya.

Sebuah hubungan itu tidak pernah lepas dari sebuah masalah. Apabila masalah tengah terjadi padamu dan pasangan. Mulailah untuk membahasnya dengan kepala dingin. 

Berhenti membiasakan memendam permasalahan dan menumpahkannya dengan emosi, teriakan maupun perkataan yang bisa menyakitkan. Sebab, hal sema ini bisa menjadikan hubungan terasa tidak nyaman. 

Cobalah untuk mendiskusikan setiap kali kamu merasakan adanya perubahan atau hal yang tidak nyaman. Lakukan percakapan dalam suasana yang tenang dan ajak pasangan untuk fokus ketika melakukan diskusi untuk menemukan solusi terbaik. 

Temukan Cara untuk Saling Mengapresiasi

Ilustrasi Memberikan Hadiah. (Freepik)

 

Rahasia hubungan langgeng yang bisa kamu coba yang tak boleh kamu lewatkan berikutnya yaitu menemukan cara untuk saling mengapresiasi. Kamu dan  pasangan mungkin kerap melewatkannya bukan?
Apalagi, ketika hubungan memasuki tahun ketiga dan seterusnya. Terkadang, pujian menjadi hal yang terlewatkan. Padahal, memberikan pujian, ucapan selamat maupun sekedar harapan baik untuk pasangan justru menjadi hal yang penting.

Misalnya, saling mengatakan mencintai ternyata mampu memberikan efek kenyamanan secara insan. Selain itu, kebiasaan seperti bergandengan tangan atau sekedar membantu ketika kesulitan memotong daging pada makanan juga dapat menjadi hal kecil yang menunjukan bahwa kamu dan pasangan saling mencintai dan menyayangi. 

Pelajari Nilai Dalam Diri Pasangan

Ilustrasi pasangan bahagia. (Special)

 

Seringkali, pasangan mengabaikan pentingnya mengetahui nilai dalam diri pasangannya. Misal, seperti “love language” yang kerap dianggap sepele. 

Padahal, cara ini bisa membantu setiap pasangan untuk lebih mengetahui hal dan bahasa cnta yang penting dalam diri masing-masing. Sehingga, tindakan, ucapan maupun  keputusan yang dibuat pun selalu membuat kedua belah pihak nyaman.

Kamu bisa mulai mempelajari beberapa jenis “love language” melalui tes gratis yang banyak tersedia di internet. Cobalah untuk melakukan tes tersebut bersama pasangan dan diskusikan hasil yang didapat. 

Maka, kedepannya kamu bisa menjadikan hubungan lebih sehat dan komunikatif. Alhasil, rasa langgeng pun bisa kamu alami dan menjadikan hubungan lebih kuat dibandingkan sebelumnya.

Komunikasi adalah Kunci Utama

Ilustrasi Berkomunikasi dengan Suami. (Special)

 

Rahasia hubungan langgeng yang bisa kamu coba yang terakhir ini tentu sudah diketahui semua orang. Bahwa, komunikasi adalah kunci utama dalam sebuah hubungan. Sayangnya, bagi sebagian orang hal ini terasa cukup sulit dilakukan sdenganbaik. 

Jika hal ini tengah terjadi padamu. Cobalah untuk mulai memberiana diri menyampaikan hal-hal yang kamu inginkan dalam hubungan begitupun sebaliknya. Cobalah untuk mendiskusikan rencana kencan mingguan, liburan romantis atau sekedar makan malam romantis. 

Komunikasi semacam ini bisa membantu memperkuat hubungan dan menjadikan satu sama lain merasa mengerti dan memahami. Selain itu, selalu buatlah ruang terbuka untuk bertumbuh dan menjadi pribadi lebih baik bagi diri sendiri, pasangan maupun hubungan.
Sehingga, seiring bertambahnya usia hubungan. Maka, kualitasnya pun semakin baik dan erat.