5 Rekomendasi Buah yang Bagus Dikonsumsi Ibu Hamil 2 Bulan

Jumat, 23 Juli 2021 | 14:14:37

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Rekomendasi Buah Yang Bagus Dikonsumsi  Ibu Hamil 2 Bulan

Foto: Ladiestory.id

Ketika umur kehamilan memasuki trimester pertama, kondisi janin masih pada tahap perkembangan sehingga sangat rawan terjadi masalah kesehatan.

Memasuki masa hamil dua bulan, perut Anda mungkin telah mulai membesar yang menjadi pertanda jika janin dalam kandungan telah mulai berkembang pesat.

Di umur kehamilan dua bulan, embrio sudaj menjadi janin dengan anggota tubuh yang mulai terlihat saat Anda melakukan tes USG.

Embrio telah berukuran sekitar 1,6 cm atau layaknya sebesar kacang tanah. Di kehamilan dua bulan, tulang-tulang janin mulai terbentuk seperti tulang jari tangan dan jari kaki.

Itulah mengapa Anda membutuhkan nutrisi dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin di kandungan. Anda memerlukan asupan nutrisi seperti asam folat, zat besi, kalsium, protein, dan serat.

Jenis buah yang bagus bagi ibu hamil biasanya kaya akan vitamin, sumber folat tinggi, sampai mengandung potasium yang cukup.

Nutrisi vitamin seperti vitamin C bagus dalam perkembangan gigi dan tulang pada bayi, fiber membantu meringankan sembelit pada masa kehamilan, serta asam folat guna mencegah cacat pada saraf bayi dan membantu dalam pembentukan darah.

Memasuki bulan ke-2 kehamilan, perlu diperhatikan nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pada fase ini, janin telah mengalami perkembangan yang lumayan pesat daripada bulan sebelumnya.

Guna mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan. Nah, apa ya buah yang bagus untuk seorang ibu yang hamil 2 bulan?

1. Jeruk

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah jeruk merupakan sumber akan folat, vitamin C dan air. Jeruk sangat bagus dalam menjaga ibu hamil tetap terhidrasi dan sehat.

Vitamin C bisa membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi. Folat bisa membantu mencegah cacat saraf, yang bisa mengakibatkan kelainan otak dan sumsum tulang belakang pada bayi.

2. Pisang

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Pisang adalah buah berikutnya yang sangat cocok menjadi buah bagi ibu hamil sebab mengandung banyak potasium.

Potasium penting sebab dapat membantu menjaga keseimbangan antara cairan dan elektrolit pada tubuh. Inilah sebabnya pisang bisa membantu meringankan kram dan kelelahan.

3. Alpukat

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Buah berwarna hijau ini memang dikenal sebagai salah satu buah yang tinggi nitrisi.

Alpukat memiliki kandungan vitamin C, E, dan K, serta asam lemak tak jenuh yang berfungsi dalam menghasilkan energi selama kehamilan.

Artinya, Anda dapat tetap beraktivitas ketika kehamilan trimester pertama dan mengurangi masalah kehamilan seperti anemia, morning sickness, dan diabetes.

Kandungan asam lemak tak jenuh juga berfungsi guna mengoptimalkan pertumbuhan tulang janin dan mencegah cacat saraf pada janin.

Alpukat juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan bayi dalam memperkuat tulang dan gigi.

4. Pir

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Buah pir mengandung banyak nutrisi seperti serat, kalium dan folat yang bagus untuk ibu hamil. Serat bisa meringankan gejala sembelit. Kalium berfungsi untuk kesehatan jantung si ibu dan bayi, serta juga bisa merangsang regenerasi sel.

5. Ceri

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Selain memiliki kandungan vitamin C, cherry atau ceri juga salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi pada kehamilan sebab buah ceri membantu meningkatkan suplai darah ke plasenta dan bayi, serta menjadikan plasenta lebih efisien.

Buah ini juga mengandung melatonin, yang merangsang pertumbuhan sel dan membantu tidur.

Sebab sebagian ibu mengalami masalah dengan kecemasan dan tidak dapat tidur nyenyak, memakan buah ini benar-benar bisa membuat perbedaan.

Perhatikan apa yang Anda konsumsi tidak membahayakan calon bakal si buah hati ya.