5 Tahap Perawatan Kulit Di Pagi Hari, Hasilnya Bikin Wajah Bercahaya Lho!

Senin, 7 Agustus 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tahap Perawatan Kulit Di Pagi Hari, Hasilnya Bikin Wajah Bercahaya Lho!

Ilustrasi Perawatan Kulit di Pagi Hari. (iStock)

Ladiestory.id - Perawatan kulit kini menjadi hal yang sangat penting. Adapun waktu terbaiknya adalah di pagi hari. Sayangnya tak banyak yang mengetahui tahap perawatan kulit di pagi hari yang benar. 

Sebab, jika dilakukan dengan cara yang benar dapat memberikan hasil yang paling efektif bagi kulit. Selain itu, tidak banyak membuang-buang uang dari produk yang sudah di beli. Adapun perawatan kulit yang baik dapat disesuaikan dengan kondisi musim di daerahmu. 

Jika memasuki musim kemarau kamu bisa menggunakan lebih banyak produk dengan kandungan pelembab. Sedangkan ketika musim dingin melakukan beberapa eksfoliasi sel kulit mati.

Lalu, apa aja ya tahap perawatan kulit di pagi hari yang benar? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

1. Bersihkan Menggunakan Air

Ilustrasi Mencuci Wajah. (iStock)

 

Tahap perawatan kulit di pagi hari yang benar pertama kali adalah dengan membersihkannya menggunakan air. Kamu bisa membersihkan wajah cukup dengan menggunakan air saja, lho. Kok bisa?

Sebab, ketika di malam hari kamu tentu sudah melakukan pembersihan menyeluruh. Sehingga, kotoran maupun sisa riasan terangkat. Namun, dengan menggunakan air saja di pagi hari kamu tetap membersihkan sisa residu yang tertinggal tanpa membuat skin barrier menjadi menipis atau rusak.

2. Aplikasikan Toner

Ilustrasi Toner Wajah. (iStock)

 

Usai menggunakan air sebagai tahap perawatan kulit di pagi hari yang berikutnya. Kamu wajib melanjutkannya dengan menggunakan toner. Hal ini untuk membantu kulit senantiasa ternutrisi dan lembat. 

Selain itu, mencegah terjadinya masalah kulit kering di siang hari. Kamu bisa menggunakan jenis toner yang banyak mengandung minyak esensial. Hal ini sangat membantu kulit dalam melakukan langkah perawatan selanjutnya secara maksimal. Dijamin deh, kulitmu tampak glowing dibandingkan sebelumnya. 

3. Gunakan Serum

Ilustrasi Serum Wajah. (iStock)

 

tahap perawatan kulit di pagi hari selanjutnya adalah dengan menggunakan serum. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang penting. Terutama untuk menutrisi kulit hingga ke bagian terdalam.

Misalnya, kamu menggunakan serum dnegankandunga asam salisilat. Kandungan ini biasanya mampu membuat kulit senantiasa terawat dan mencegah terjadinya jerawat atau masalah lain yang disebabkan bakteri. Namun, kandungan lain pun bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan kulit mu. 

Supaya hasilnya menjadi lebih optimal. Kamu bisa menggunakan serum hingga benar-benar meresap ke dalam kulit. Kemudian, kamu tambahkan produk lain seperti bahan aktif lain contohnya niacinamide. Sehingga, hasilnya menjadi lebih efektif dan memberikan kondisi kulit yang jauh lebih cerah dan ternutrisi dengan baik. 

4. Oleskan Pelembap

Ilustrasi Pelembap Wajah. (iStock)

 

Setelah tahap perawatan kulit di pagi hari dengan menggunakan serum selesai. Kamu bisa menambahkan penggunaan pelembap. Produk satu ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Jika kamu memiliki kulit yang kering, pilihlah jenis pelembab yang bertekstur berat seperti susu. amun, jika kamu memiliki kulit berminyak. Maka, pilihlah jenis pelembab yang ringan dan mampu menghidrasi kulit dengan maksimal. 

Pada cuaca panas seperti saat ini tentu penggunaan produk ini menjadi sangat penting. Kamu bisa juga bisa menambahkan minyak esensial lain yang khusus untuk kulit. Kemudian aplikasikan dengan menepuknya ke wajah secara perlahan sekaligus memijatnya. Kamu bisa membiarkannya selama beberapa menit hingga benar-benar menyerap. 

5. Pakailah Sunscreen

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (iStock)

 

Hal yang terakhir ini tak boleh terlewat dari tahap perawatan kulit di pagi hari ya. Sebab, penggunaan sunscreen dapat membantu melindungi kulit secara maksimal. Terutama dari paparan sinar UVA/UB hingga radikal bebas. 

Kamu bisa menggunakan jenis sunscreen yang no white cast dan anti lengket seharian. Apalagi, di Indonesia yang bersuhu tropis minimal kamu wajib menggunakan produk dengan kandungan SPF 30 dan PA+++.

Soal jenis sunscreen sendiri kamu bisa menyelesaikannya dengan jenis dan kebutuhan kulit. Bahkan, teksturnya isa juga kamu sesuaikan dengan yang kamu sukai. Cara menggunakanya cukup sebanyak dua ruas jari dan aplikasikan 30 menit sebelum keluar area yang terpapar sinar. Lalu, a[likasika ulangs ecara berkala seiap 3 jam sekali ya. 

SUMBER BERITA:

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/morning-skin-care-routine