5 Tanda Emotional Abuse dalam Hubungan yang Harus Kamu Sadari!

Senin, 12 Februari 2024 | 14:06:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tanda Emotional Abuse Dalam Hubungan Yang Harus Kamu Sadari!

Hindari Pertengkaran Saat Persiapan Pernikahan (Special)

Ladiestory.id - Ada banyak tanda emotional abuse dalam hubungan yang harus kamu sadari. Hal ini akan membantumu terhindar dari jebakan yang bisa membahayakanmu di masa depan. 

Jika biasanya kekerasan identik dengan tindakan fisik. Nyatanya, kini juga banyak terjadi kekerasan yang dilakukan dengan kebiasaan yang bisa mengganggumu secara emosional. 

Sayangnya, hal semacam ini tak banyak disadari karena tandanya yang tidak begitu jelas. Sehingga, bagi beberapa orang hal ini terlihat samar dan dianggap sebagai hal yang bisa terjadi. 

Melansir dari self.com, kekerasan yang melibatkan perilaku non-fisik dengan tujuan mengontrol atau menakuti seseorang seperti mengancam hingga menghina maka akan menimbulkan kerusakan pada harga diri seseorang. Kekerasan semacam ini banyak terjadi dalam hubungan asmara atau pasangan dan wajib mendapatkan perhatian lebih untuk mencegah bahaya.

Kamu juga tentu sudah sering melihat beberapa pasangan yang mengakhiri hubungan dan mengungkapkan kenyataan bahwa selama ini telah terjadi banyak emotional abuse bukan? Bagi kamu yang tengah mengalami atau tidak ingin merasakannya. Maka, kamu wajib menyimak pembahasan pada artikel kali ini sampai akhir. Sehingga, sejak dini kamu bisa mengenai tanda emotional abuse dalam hubungan yang berbahaya.

Kendalikan Dirimu Banyak Hal

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

 

Pada urutan pertama tanda emotional abuse dalam hubungan yang harus kamu sadari adalah pasanganmu mengendasilan banyak hal. Pembahasan kali ini khususnya mengenai hal-hal yang ada pada dirimu seperti apa yang kamu katakan, gunakan, hingga ingin dilakukan. 

Kondisi ini bisa terlihat dari hal-hal yang sepele. Salah satu contohnya seperti mengomentari baju pilihanmu yang sangat ingin dibeli. Pasanganmu pun tak segan akan mengemukakan ketidaksukaannya tanpa memikirkan pendapatmu. 

Jika kamu tidak mengikutinya, maka pasanganmu akan mengatakan kalimat dengan alasan hal tersebut dilakukan atas nama cinta. Sehingga, kamu pun menjadi menuruti dan tidak melakukan pembelaan maupun membantah kembali. 

Tidak Hormati Aturan Batasanmu

 

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

 

Tentu setiap orang memiliki batasannya masing-masing. Ada beberapa diantara kamu yang ingin menghabiskan waktu sendiri pada momen tertentu maupun tidak memiliki keinginan untuk membagikan kata sandi media sosial. 

Sayangnya, jika pasanganmu melakukan emotional abuse maka hal ini akan menjadi hal yang paling dipermasalahkan. Ketika pasanganmu terus meminta untuk bersama atau memaksa melihat isi ponselmu. Maka, hal ini patut kamu waspadai. 

Apabila hal ini terus terjadi tanpa kamu menghentikannya. Bisa saja, kedepannya pasanganmu akan melewati aturan batas privasi kamu lebih jauh. Jadi, waspadai dan jauhi pasangan dengan karakter tersebut. 

Banyak Gunakan Lelucon Receh

Ilustrasi orang merasa stres. (Special)

Tanda emotional abuse dalam hubungan yang harus kamu sadari berikutnya adalah menjatuhkanmu dengan ungkapan lelucon yang meremehkan. Hal ini biasanya terjadi ketika kamu melakukan sebuah adegan memalukan. 

Kemudian, hal tersebut terus dilakukan selama berulang-ulang yang menimbulkan rasa malu di depan umum. Hal semacam ini bisa menimbulkan emotional abuse yang cukup membekas. Sehingga, jika kamu saat ini tengah mengalaminya cobalah hentikan dan lakukan konseling hubungan dengan ahli untuk mendapatkan jalan keluar terbaik. 

Selalu Marah Ketika Kamu Bahas Masalah Hubungan

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

 

Jika kamu memiliki pasangan yang kerap beraksi marah atau menyaralahku ketika membahas masalah yang perlu diperbaiki dalam hubungan. Maka, kamu perlu mewaspadainya. 

Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa adanya emotional abuse yang dilakukan pasangan terhadapmu. Sebab, pasangan yang baik tentu akan membuat respon yang tepat demi kepentingan terbaik sebuah hubungan. 

Ketika kamu mencoba menjelaskan mengenai hal yang cukup mengganggu dalam hubungan. Hal ini akan menunjukan sisi pribadi sesungguhnya pasanganmu. 

Sebuah hubungan yangs ehat akan menuntun setiap individu yang melakukan kesalah mengakuinya dan meminta maaf. Namun, akan menjadi tidak sehat jika pasanganmu meresponnya dengan mengatakan hal tersebut hanya lelucon atau justru memarahimu untuk hal yang tidak penting. 

Sering Buatmu Merasa Bersalah saat Tidak Bersama

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Special)

 

Tanda emotional abuse dalam hubungan yang harus kamu sadari di urutan terakhir adalah sering menjadikanmu merasa bersalah ketika tidak menghabiskan waktu bersama. Jika kamu sering menghadapi kondisi dimana pasanganmu menjadi marah karena kamu pergi bersama temanmu. Maka, hal ini wajib kamu waspadai. 

Kondisi semacam ini bisa menjadi senjata untuk memanipulasi mu. Sehingga, kamu harus terikat dengannya setiap saat. Bahkan, tak segan menjadikan keputusanmu dalam menghabiskan waktu perlu melewati persetujuannya. 

Apabila kondisi semacam ini terus terjadi. Maka, semakin lama akan membuatmu kehilangan rasa percaya diri dan juga kemandirian. Oleh karenanya, perlu untuk mulai menyadarinya dan meminta pertolongan pada pihak yang tepat. 

Jangan segan atau malu untuk meminta bantuan pada teman atau keluarga. Selain itu, kamu juga bisa melakukan konsultasi ke psikolog terdekat untuk mendapatkan perawatan supaya emotional abuse dari pasangan tidak mempengaruhi kesehatan mental di masa depan. 

Itulah tadi beberapa tanda emotional abuse dalam hubungan yang harus kamu sadari. Tentunya, kesadaran dan kebijakan sangat dibutuhkan alam hal ini.