5 Teknik Dasar Olahraga Basket Dalam Mengoper Bola

Rabu, 4 Agustus 2021 | 04:30:00

LS Health

Penulis : LS Health

5 Teknik Dasar Olahraga Basket Dalam Mengoper Bola

Foto: Ladiestory.id

Di antara banyaknya jenis olahraga, bola basket menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer. Bahkan, Anda dapat dengan mudah menemukan ring basket di taman dekat rumah.

Hal inilah yang juga menjadi alasan mengapa banyak orang suka menghabiskan weekend dengan bermain basket, baik bersama keluarga atau bahkan kerabat dekat.

Jenis permainan olahraga menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua tim atau regu salah satunya adalah basket. Masing-masing tim terdiri dari lima pemain.

Permainan bola basket memiliki tujuan yaitu mencetak poin sebanyak mungkin. Tim yang mampu mencetak poin paling banyak adalah yang akan menjadi pemenang.

Memiliki tubuh yang tinggi dan bidang saja tidak cukup menjamin Anda akan menang dalam sebuah pertandingan bola basket. Anda juga harus tahu teknik dasar permainan bola basket itu sendiri, mulai dari teknik passing, shooting, dribbling, pivot, hingga rebound.

Basket merupakan aktivitas olahraga yang menyenangkan. Permainan bola basket dipercaya oleh berbagai kalangan sebagai jenis olahraga untuk membantu menambah tinggi badan.

Anda perlu mengetahui beberapa teknik dasar permainan bola basket dan cara melakukannya. Dan salah satunya adalah passing (mengoper).

Teknik dasar permainan bola basket ini sangat penting dan harus dikuasai dengan benar mengingat Anda wajib bermain secara tim supaya dapat mencetak angka.

Passing atau mengoper memiliki 6 jenis gerakan yang bisa digunakan sesuai dengan kondisi di lapangan, yakni:

1.Overhead Pass

foto:instagram/adybroza5
Foto: Instagram/adybroza5

Mengoper dengan posisi bola dari atas kepala. Umpan jenis ini dilakukan untuk melakukan serangan balik, dengan melempar bola jarak jauh ke daerah pertahanan lawan atau untuk keluar dari tekanan lawan dengan melempar bola ke rekan dengan posisi yang jauh.

Sesuai dengan namanya, overhead pass merupakan teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

2. Chest Pass

foto:instagram/jdragonselite
Foto: Instagram/jdragonselite

Chest pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan di depan dada. Bola harus dipegang menggunakkan ujung jari dari kedua tangan, sedangkan ibu jari berada dibagian belakang bola.

Ketika hendak melesatkan bola, kedua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Bola yang dioper secara chest pass harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah.

3.Bounce Pass

foto:instagram/therealdodgerhogs
Foto: Instagram/therealdodgerhogs

Teknik passing merupakan teknik mengoper dengan mendorong bola ke arah bawah dan memantulkan bola tersebut ke lantai. Saat melakukan bounce pass, Anda tidak bisa melakukannya dalam jarak dekat.

4. Under Pass

foto:instagram/carmichaelrec
Foto: Instagram/carmichaelrec

Teknik ini dilakukan dengan cara mengoper bola pada jarak sepinggang dan diarahkan lurus kepada penerima. Operan ini dilakukan setinggi pinggang dengan bola diarahkan secara lurus ke teman satu tim. Teknik ini bisa diterapkan untuk operan jarak pendek.

5. Back Pass

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Teknik passing ini dapat dilakukan apabila penerima berada dekat dengan kalian. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan satu tangan dari posisi arah belakang punggung.

Operan ini dilakukan dengan cara mengoper bola dari tangan yang berposisi dibelakang punggung, sehingga lawan tidak mengetahui posisi sasaran yang dituju.

Itu dia teknik dasar passing permainan bola basket dan cara bermain bola basket yang perlu kalian ketahui, terutama bagi yang baru akan memulainya.

Sama seperti olahraga lainnya, untuk bisa mahir bermain basket, pastinya Anda harus banyak berlatih. Coba praktekkan teknik-teknik yang disebutkan diatas dan terus berlatih hinga bisa benar-benar menguasainya.

Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan, supaya tidak mengalami cedera.