5 Tips Agar Puasa Tetap Kuat dan Segar Saat Mudik

Senin, 17 April 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Agar Puasa Tetap Kuat Dan Segar Saat Mudik

Ilustrasi mudik bersama anak. (Special)

Ladiestory.id - Momen Idulfitri adalah salah satu momen paling dinanti oleh keluarga besar, mudik sendiri biasanya dilakukan saat mendekati waktu lebaran atau satu minggu sebelum lebaran tiba. Hal ini berarti kamu pun masih harus melaksanakan kewajiban ibadah puasa.

Saat melangsungkan mudik biasanya kamu pun akan mudah merasa lelah dan menyita cukup banyak waktu diperjalanan, belum lagi jika kondisi perjalanan yang macet, maka tak heran jika seseorang akan mudah merasa mabuk perjalanan, lemas, bahkan tubuh mulai merasa pegal-pegal dan sakit.

Nah, supaya tubuhmu tetap bugar dan sehat saat sedang menjalankan ibadah puasa sekaligus mudik kamu bisa melakukan lima tips berikut ini.

Perbanyak Istirahat

Ilustrasi tidur di pesawat terbang ( Instagram.com/my_life.travel : Ekaterina Gudkova )

 

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar mudik dan puasamu dapat tetap aman dan kuat adalah dengan perbanyak istirahat. Saat mudik berarti kamu akan melakukan perjalanan dan waktu tempuh yang jauh, supaya tubuhmu tetap kuat dan fit maka kamu pun perlu beristirahat sebelum melakukan perjalanan. Sebelum melangsungkan mudik, tidurlah lebih awal dari waktu biasanya, jangan lupa untuk memasang alarm supaya kamu tidak telat dan kesiangan saat sahur maupun mudik.

Jangan Lewatkan Sahur

Ilustrasi perempuan sahur. (Special)

 

Ladies, mudik dikala puasa tentunya menjadi tantangan sendiri, oleh sebab itu saat sedang berpuasa kamu pun tidak boleh melewatkan sahur sebagai salah satu bagian penting saat mudik. Saat sahur kamu berkesempatan untuk mengisi pasokan energi, gizi dan nutrisi dalam tubuh.

Usahakan pula untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan air yang sangat diperlukan bagi tubuhmu. Apabila tubuhmu kekurangan pasokan cairan maka akan mudah mengalami dehidrasi sehingga akan berpengaruh pada ibadah puasa dan perjalanan mudikmu, alhasil kamu akan merasa mudah lelah, sulit berkonsentrasi, mudah mengantuk dan kurang bersemangat.

Konsumsi Vitamin

Ilustrasi minum vitamin ( eat that not this )

 

Ladies, saat hendak berpergian jauh dan melewati waktu tempuh yang cukup lama, saat mudik kamu juga jangan melupakan untuk mengonsumsi vitamin sebagai asupan tambahan bagi tubuh. Misalnya, kamu dapat mengonsumsi vitamin C sebelum melakukan perjalanan, vitamin C ini dapat membantu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh sehingga dapat meminimalisir dirimu terhindar dari penyakit.

Pilih Waktu Mudik yang Tepat

Foto: Ladiestory.id

 

Ladies, waktu mudik juga dapat mempengaruhi semangat dan kondisi tubuhmu, lho. Misalnya saja jika terjadinya kemacetan perjalanan dan cuaca yang tidak mendukung dapat mempengaruhi mood seseorang bahkan tubuh mudah merasa lelah.

Maka dari itu, sebelum memutuskan mudik saat sedang berpuasa, kamu pun harus pandai memilih waktu mudik yang tepat minimal mudik di hari-hari sebelum mendekati lebaran. Selain dapat meminimalisir melonjaknya arus lalu lintas dan kemacetan, kamu pun bisa mudik lebih leluasa dan tidak tergesa-gesa diburu oleh waktu untuk sampai ke tempat tujuan maupun waktu berbuka puasa.

Nikmati Perjalanan Mudik

Ilustrasi barang bawaan mudik. (Special)

 

Ladies, apabila tubuhmu tidak merasa sehat saat hendak menjalanakan mudik dan berpuasa, maka kamu bisa memikirkan kembali untuk melangsungkan perjalanan mudikmu. Maka cobalah untuk memikrikan hal-hal positif supaya tubuh dan pikiranmu tetap sehat dan baik-baik saja.

Cobalah untuk menikmati perjalanan saat mudik, jangan merasa terbebani dan mengeluh ketika ada sesuatu hal yang mempengaruhi mood mu atau rencana perjalananmu. Kamu bisa mensiasatinya dengan mendengarkan musik, bermain game, atau mendengarkan murotal yang dapat mempengaruhi mood dan pikiranmu.

Kamu bisa memikirkan hal-hal yang membuatmu bahagia apalagi keluarga besar sedang menunggumu selamat dan sampai di rumah untuk menyambut kehadiranmu.