5 Tips Belajar Matematika Menyenangkan

Sabtu, 7 Agustus 2021 | 06:09:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Tips Belajar Matematika Menyenangkan

Foto: Ladiestory.id

Matematika berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu máthēma yang memiliki arti pengetahuan, ilmu pengetahuan, dan belajar. Matematika merupakan ilmu tentang struktur yang bersifat deduktif atau aksiomatik, abstrak, akurat dan ketat. Ilmu yang penting dan menjadi dasar dari ilmu lain adalah matematika. Pada dasarnya perhitungan-perhitungan yang terjadi dalam kehidupan manusia juga merupakan ilmu matematika.

Diantara banyaknya mata pelajaran di sekolah, matematika merupakan momok bagi kebanyakan siswa. Meskipun beberapa orang juga ada yang gemar dengan matematika. Terlebih sangat penting untuk mengajarkan matematika kepada anak-anak sejak usia dini.

Cara Belajar Matematika Menyenangkan

Mengapa belajar matematika penting diterapkan sejak usia dini? Hal ini mendatangkan banyak hal salah satunya kondisi anak yang masih mudah menyerap suatu ilmu yang baru. Dengan begitu, dapat membantu kemampuan menstimulus otak dalam menangkap pelajaran. Bahkan jika matematika dasar sudah dikuasi, seorang anak akan mudah mengikuti pelajaran matematika ketika duduk di bangku sekolah.

Namun bagaimana jika terlanjut tidak suka bahkan benci dengan pelajaran matematika? Sebenarnya ada beberapa cara belajar matematika menyenangkan. Setidaknya Anda tidak lagi benci dengan pelajaran matematika. 

 

1. Mengubah Mindset

Foto: Ladiestory.id

 

Agar belajar matematika menjadi menjadi menyenangkan, Anda harus merubah mindset terlebih dahulu. Jangan sampai Anda masih memikirkan tentang matematika adalah momok, belajar matematika sulit, matematika adalah ilmu yang sulit dan sebagainya. Sebab jika pikiran tersebut masih menghantui, secara tidak langsung akan memberi sugesti pada diri sendiri bahwa Anda tidak akan pernah bisa mengerjakan soal matematika.

Memang terdengar konyol, tapi anggaplah matematika sebagai teman yang menyenangkan. Bahkan kunci utama dapat mengerjakan soal-soal matematika adalah senang terhadap matematika.

2. Mencari Metode Belajar yang Menyenangkan

Foto: Ladiestory.id

 

Setiap orang memiliki metode belajar yang berbeda-beda, tentu hanya Anda yang bisa mengetahuinya. Sebab dengan menciptakan metode belajar ala Anda, belajar matematika akan menjadi hal yang menyenangkan.

Salah satunya, Anda bisa memulainya dari cara penulisan rumus. Anda bisa menyusun rumus matematika secara rapi, bahkan Anda bisa menghias dengan pena warna warni. Selain belajar matematika menyenangkan sebab rumus enak dipandang, metode ini dapat membantu untuk kita mengerti dan memahami setiap rumus-rumus.  

Selain itu, Anda dapat mencari suasana belajar matematika menyenangkan dengan suasana yang nyaman. Belajar tidak harus selalu di meja belajar dengan berbagai tumpukan buku. Namun Anda bisa mencoba belajar matematika  di alam terbuka seperti pinggir sungai, ataupun daerah tempat sawah. Hal ini juga dapat merangsang otak lebih segar sehingga dapat berpikir dengan jernih.

3. Memahami dan Bukan Menghafal

Foto: Ladiestory.id

 

Salah satu konsep yang salah dalam belajar matemtaika adalah dengan menghafal. Oleh sebab itu, Anda akan merasa benci dengan matematika sebab otak dipenuhi dengan rumus-rumus. Terlebih Anda tidak akan bisa mengingat rumus tersebut dalam jangka waktu yang panjang jika dihafal.

Makanya, Anda ahrus merubah konsep belajar matematika dengan memahami setiap rumus-rumus yang ada. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk mengerti dan secara otomatis akan menghafal sistem rumus tersebut.

4. Mempelajari Trik Mudahnya

Foto: Ladiestory.id

 

Anda juga bisa mencari tahu trik mudah dan cara cepat dalam mengerjakan soal matematika. Dengan berjalannya waktu, Anda akan terus mencoba hal baru dan dapat meningkatkan rasa penasaran terhadap rumus matematika yang lainnya. Oleh sebab itu belajar matematika menyenangkan dan ketagihan untuk terus mengeksplor soal-soal matematika.

5. Tekun Latihan Soal

Foto: Ladiestory.id

 

Salah satu cara belajar matematika menyenangkan dengan mengerjakan latihan soal bersama teman-teman. Apalagi jika Anda mengerjakan bersama orang-orang yang jago matematika. Hal ini bisa mengatasi ketika Anda kebingungan dengan suatu soal matematika. Ataupun kalian dapat memecahkan soal yang sulit secara bersama-sama sehingga belajar matematika menjadi menyenangkan.

Namun Anda juga harus tekun dan sering berlatih soal sendiri, sebab akan hal ini akan membuat Anda semakin mahir dan terbiasa dengan mengerjakan soal matematika.

6. Bertanya Jika Belum Paham

Foto: Ladiestory.id

 

Bingung bahkan belum paham merupakan sesuatu hal yang wajar dan menjadi salah satu proses ketika seseorang sedang belajar. Oleh sebab itu tidak perlu malu dan sungkan untuk bertanya jika dirasa materi matematika ada yang belum dipahami. Terlebih jika Anda hanya memendam kebingungan tersebut, maka permasalahan tidak akan selesai. Bisa jadi hal ini yang memicu Anda untuk benci terhadap matematika.

Itulah 6 tips belajar matematika menjadi menyenangkan. Anda bisa mencoba mempraktikan 6 tips diatas agar pelajaran matematika tidak lagi menjadi momok yang menakutkan. Semangat ya!