5 Tips Hilangkan Milia di Kulit Wajah

Selasa, 16 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Tips Hilangkan Milia Di Kulit Wajah

Ilustrasi obati Milia di wajah (Special)

Ladiestory.id - Milia merupakan benjolan kecil yang biasanya berwarna putih dan tumbuh pada area wajah, seperti hidung, pipi dan bagian mata. Milia dapat terjadi pada siapa saja dengan jenis kulit apapun. Kondisi ini disebabkan ketika sel kulit mati terperangkap di bawah permukaan kulit.

Milia juga tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, semakin banyak milia yang muncul membuat banyak orang merasa terganggu.

Apalagi saat make up, milia dapat membuat kulit wajah terlihat bertekstur atau tidak rata. Berikut tips hilangkan milia di wajah.

Jangan Memencet Milia

Ilustrasi wanita gunakan skincare. (Ladiestory.id)

Sama halnya jerawat yang tak boleh dipencet, milia juga tak diperbolehkan untuk dipencet. Menurut perawatan kulit di Amerika Serikat, memencet milia hanya akan menyebabkan kerusakan atau iritasi pada kulit tanpa bisa menghilangkan masalah tersebut.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan perawatan uap. Caranya cukup mudah, kamu bisa rebus air mendidih dan taruh di sebuah wadah. Kamu bisa langsung meletakkan wajah di atasnya. Biarkan uap air mengenai milia di area wajah. Uap tersebut akan membuka pori-pori wajah dan milia akan mereda.

Eksfoliasi

Ilustrasi ekfo dengan serum salicylic acid dan BHA (Ladiestory.id)

Eksfoliasi merupakan perawatan untuk melakukan pengelupasan sel-sel kulit dari permukaan dan diganti dengan kulit baru. Perawatan ini dikenal juga untuk mengatasi dan mencegah masalah kulit muncul. Salah satunya dengan menghilangkan dan mencegah milia di wajah.

Ekfoliasi wajah digunakan untuk menghilangkan milia dengan cepat di wajah. Ekfoliasi wajah dapat bantu kamu angkat sel-sel kulit mati dan kotoran lain yang terperangkat pada kulit.

Awalnya, ekfoliasi hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan. Namun, seiring perkembangan kamu tak perlu khawatir karena perawatan ekfoliasi dapat dilakukan dirumah.

Selain itu yang membedakan, kandungan ekfoliasi yang biasanya dikemasan memiliki kadar yang lebih kecil dari klinik. Jadi kamu bisa lakukan rutin untuk hilangkan milia. Gunakan ekfo dengan kandungan salicylic acid dan BHA.

Rutin Membersihkan Wajah

Ilustrasi wanita bersihkan wajah. (Ladiestory.id)

Banyak masalah kulit yang muncul akibat tidak rutin membersihkan wajah. Ada penelitian yang merekomendasikan untuk mencuci muka 2 hingga 3 kali dalam sehari. Membersihkan wajah dengan double cleansing juga dapat menghilangkan dan mencegah milia muncul lagi.

Retinol

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan krim retinol. (Special)

Melansir Healthline, retinol dapat merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga dapat mempercepat regenerasi kulit. Penggunaan retinol secara rutin dapat menghilangkan milia pada wajah karena retinol dapat mempercepat pertumbuhan sel kulit baru yang sehat. Hal tersebut membuat milia dapat hilang dengan mudah. Perlu perhatikan saat menggunakan retinol untuk mengetahui kandungan yang tak boleh digunakan bersama.

Gunakan Masker Kaya Vitamin C

Ilustrasi perempuan sedang menggunakan masker. (Special)

Biasanya, masker atau rangkaian skincare lain yang mengandung vitamin C terkandung bahan dari lemon. Lemon mengandung asam sitrat yang baik untuk atasi milia. Tak hanya mencerahkan wajah, vitamin c dari lemon ini dapat menghilangkan milia dan bekasnya.