Pemula Wajib Tau! Ini Cara Pakai Retinol yang Benar

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:30:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Pemula Wajib Tau! Ini Cara Pakai Retinol Yang Benar

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Ladiestory.id - Memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih merupakan impian setiap orang. Hal tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Namun, dalam penggunaannya memerlukan aturan tertentu.

Salah satu produk skincare yang perlu diperhatikan aturan penggunaannya adalah retinol. Bagi kamu yang hendak menggunakan atau baru menggunakannya, perlu berhati-hati. Sebab, jika salah aturan dapat menyebabkan kulit kering, beruntusan hingga jerawat. Lalu, seperti apa cara penggunakan retinol yang benar untuk menghindari masalah di atas? Berikut ulasannya!

Gunakan Retinol Seperlunya

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Retinol merupakan turunan dari vitamin A khusunya kelompok retinoid. Retinol sering disebut sebagai pemeran utama dalam melawan penuaan dini sebab memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen. Namun, dibalik manfaatnya yang luar biasa terdapat bahaya mengintai jika kamu tidak bisa dalam pengaplikasiannya. Ketika menggunakan retinol, jangan samakan dengan penggunaan produk lainnya. Mulailah retinol dengan kadar rendah, kemudian gunakan tiga sampai lima tetes untuk seluruh wajah. Jika kamu melebihi anjuran, akan menjadikan kulitmu menjadi kering dan mengalami iritasi.

Gunakan pada Kulit yang Tidak Basah

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Ketika kamu menggunakan skincare, biasanya pasti kan menggunakan toner yang berfungsi menghidrasi kulit sehabis cuci muka. Namun, hal ini perlu dihindari saat penggunaan retinol. Sebab, air atau kelembapan yang ada dalam kulitmu akan membantu retinol semakin dalam menembus lapisan kulitmu, sehingga bisa mengakibatkan iritasi. Jadi, ketika kamu hendak menggunakan pelembab, tunggulah setelah pelembab kering atau setelah menggunakan retinol. Hindari juga digunakan pada bagian mata dan bibir untuk menghindari iritasi.

Gunakan Malam Hari

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Jika kamu memerhatikan, biasanya produk retinol akan dikemas dalam botol berwarna gelap. Hal tersebut bertujuan supaya kualitas retinol tidak rusak terkena paparan sinar matahari. Oleh karena itu, retinol dianjurkan untuk tidak diaplikasikan ke kulit wajah saat ada matahari. Sebab, kerentanan retinol terhadap sinar matahari tidak dapat teratasi. Namun, ketika kamu sudah menggunakan retinol di malam hari jangan lupa untuk menggunakan sunscreen keesokan harunya. Sebab, kulit yang telah terkena kandungan retinol menjadi lebih sensitif dan peka terhadap sinar matahri dan UV. Kamu bisa menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30.

Kenali Kandungan yang Tidak Boleh Digabungkan

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Bagi kamu yang ingin menggabungkan produk retinol dengan kandungan lainnya, perlu memerhatikan hal ini. Sebab, retinol tidak dianjurkan dengan produk yang berjenis eksfoliasi. Sebab, sifat retinol yang juga membersihkan secara menyeluruh justru akan membuat kulit kering ketika dicampurkan dengan produk mengandung AHA BHA. Sehingga, alangkah baiknya kamu menggunakan produk AHA BHA di waktu lainnya setelah berjarak satu hingga dua hari dari pemakaian retinol.

Hentikan saat Masa Kehamilan

Ilustrasi menggunakan retinol. (Special)

Saat memasuki kehamilan, biasanya dokter akan menyarankan untuk menghentikan beberapa penggunaan skincare. Salah satunya adalah retinol yang perlu dihindari. Sebuah studi mengungkapkan bahwa penggunaan retinol beresiko mengganggu tumbuh kembang janin dalam kandungan. Bahkan bayi bisa mengalami cacat secara fisik seperti kelainan bentuk jantung hingga kelainan sistem reproduksi dan perkemihan.

Itulah cara penggunaan retinol yang benar untuk hasil maksimal pada kulitmu. Pastikan kamu selalu menggunakan sesuai aturan dan takarannya. Selamat mencoba dan salam cantik, Ladies!

s