5 Cara Atasi Skin Barrier Rusak, Ini Penyebabnya!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 00:01:00

5 Cara Atasi Skin Barrier Rusak, Ini Penyebabnya!

Ilustrasi Wajah (Special)

Ladiestory.id - Skin barrier adalah lapisan terluar kulit yang memiliki fungsi untuk memproteksi kulit dan tubuh. Bagian ini bertujuan untuk melindungi kulit yang bisa rusak akibat beberapa hal dan menyebabkan masalah pada kulit. Masalah kulit yang dialami bisa berupa jerawat, komedo, bruntusan atau kerutan di wajah. Berikut cara atasi skin barrier yang rusak.

Teliti dengan Produk Skincare

Ilustrasi memakai skincare. (Spesial)

Cara yang pertama untuk mengatasi skin barrier yang rusak adalah lebih teliti untuk menggunakan produk skincare. Saat skin barrier rusak biasanya kulit akan terlihat kering, mengelupas, kasar, dan terlihat kusam. Biasanya efek yang lebih parah adalah kulit akan terasa gatal dan kemerahan.

Kamu bisa melakukan langkah awal untuk teliti dengan kandungan skincare yang digunakan. Jangan asal gunakan skincare, apalagi jika memiliki wajah yang sensitif. Jenis kulit setiap orang berbeda-beda, jangan karena tergiur dengan tren skincare membuat kamu sering mencoba skincare baru. Hal ini akan membuat skin barrier rusak dan menyebabkan masalah pada kulit wajah.

Kurangin Penggunaan Makeup Berlebihan

Ilustrasi alat-alat makeup. (Special)

Saat skin barrier rusak yang menyebabkan berbagai masalah kulit bermunculan. salah satu cara untuk meredakan dengan mengurangi penggunaan makeup. Apabila terjadi masalah kulit, sebaikan jangan gunakan produk makeup yang berlebihan atau tebal. Hal ini membuat kandungan makeup lebih rentan masuk ke kulit dan memperparah kondisi muka.

Kamu bisa gunakan concealer sedikit sebagai pengganti alas bedak seperti foundation atau cushion saat skin barrier kamu rusak. Biasanya untuk mengembalikan skin barrier yang rusak diperlukan waktu antara 2 minggu hingga satu bulan tergantung kulit masing-masing.

Kurangi Eksfoliasi

ilustrasi wanita pakai skincare (Ladiestory.id)

Eksfoliasi wajah adalah perawatan kulit yang bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Hasil setelah melakukan eksfoliasi adalah muka akan terlihat lebih cerah, terhindar jerawat, dan minimalisir kerutan diwajah.

Namun, meskipun baik perawatan kulit dengan cara eksfoliasi tidak baik untuk dilakukan setiap hari atau terlalu sering. Karena efeknya akan membuat kulit wajah terlihat kemerahan dan perih seperti terbakar. Oleh sebab itu, saat kamu ingin perbaiki skin barrier, sebaiknya kurangi penggunakan eksfoliasi di wajah. Hal ini bertujuan agar wajah tidak menjadi lebih kering dan sensitif.

Kurangi Jadwal Cuci Muka

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

Saat skin barrier rusak muka akan cenderung kering dan timbul masalah kulit. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu batasi untuk cuci muka. Mencuci muka terlalu sering akan menghilangkan lapisan minyak alami di wajah dan kandungan dari produk skincare jadi tidak terserap dengan kulit secara maksimal. Pori-pori akan membesar menyebabkan alergi, iritasi dan ruam pada kulit.

Mengutip School of Medicine New York, cara ideal untuk mencuci muka adalah dua kali dalam sehari. Para ahli sepakat untuk menyarankan mencuci muka pagi dan malam hari.

Pakai Pelembab Skin Barrier

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream. (Special)

Saat ini banyak brand skincare yang mengeluarkan produk moisturizer atau pelembab yang bertujuan untuk meningkatkan barrier pada kulit. Jadi kamu tak perlu bingung untuk menggunakan skincare saat skin barrier kamu rusak. Rutin gunakan untuk menghasilkan kulit yang bersih dan sehat dari berbagai masalah kulit.

s