5 Tips Jaga Kesehatan saat Cuaca Panas, Ladies Wajib Coba!

Minggu, 30 April 2023 | 10:41:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Ladies Wajib Coba!

Ilustrasi Cuaca Panas. (Special)

Ladiestory.id - Siang hari menjadi waktu yang mudah membuat tubuh menjadi lelah. Apalagi, saat ini Indonesia tengah dilanda cuaca panas di berbagai wilayahnya. Tak ayal, tips jaga kesehatan saat cuaca panas menjadi sangat penting. 

Sebab, ketika tubuh terpapar suhu yang panas dalam waktu lama akan membuatmu bisa mengalami heatstroke. Tentunya kondisi ini menjadi sangat berbahaya dan bahkan mengancam jiwa.

Tak hanya itu, tanda-tanda kecil akibat terpapar sinar matahari yang terik lainnya seperti kulit menjadi memerah, sering mengalami sakit kepala, dehidrasi yang berlebihan, kulit terbakar hingga jantung berdebar lebih cepat.

Lalu, apa saja ya tips jaga kesehatan saat cuaca panas? Kamu penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Selalu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

llustrasi minum air putih. (Special)

Tips jaga kesehatan saat cuaca panas yang pertama adalah dengan selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini sangat baik untuk mencegah tubuh menjadi dehidrasi dan meningkatkan kelancaran metabolisme. 

Kamu dapat menerapkan kebiasaan dengan mengkonsumsi air putih sebanyak dua hingga tiga liter setiap hari. Sehingga saat cuaca panas kamu tetap memiliki tubuh yang fit dan segar.

Selain air putih, kamu juga bisa mengkonsumsi buah dengan kandungan air yang tinggi serta air kelapa yang bantu sejukkan tubuh. 

Hindari mengkonsumsi minuman yang berkafein dan tinggi akan gula. Misalnya, kopi, teh, soda hingga minuman instan lainnya Sebab, jenis minuman ini hanya akan membuat tubuhku cepat merasakan kehausan dan kelelahan.

2. Selalu Gunakan Sunscreen

Ilustrasi Sunscreen. (Special)

Ketika memasuki cuaca panas, tentunya beraktivitas di luar ruangan cukup menantang. Namun, sekaligus berbahaya jika kulit tidak memiliki perlindungan. Oleh karenanya, selalu menggunakan sunscreen merupakan cara yang tepat dan wajib kamu lakukan ketika sinar matahari menjadi sangat terik.

Penggunaan sunscreen sendiri membantumu mencegah paparan UVA maupun UVB langsung ke permukaan kulit. Selain itu, mengurangi risiko kanker kulit dan berbagai tanda penuaan.

Gunakanlah sunscreen yang memiliki kandungan SPF minimal 30 dan terdapat label PA+++. Oleskan setiap hari baik ketika beraktivitas di dalam maupun luar ruangan.

Jika kamu memiliki banyak kegiatan di bawah sinar matahari, selalu oleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali ke lapisan kulit. Hal ini dapat memberikan perlindungan yang maksimal ketika kamu beraktivitas. 

3. Hindari Terkena Sinar Matahari dalam Waktu yang Lama

Ilustrasi Cuaca Panas. (Special)

Tips jaga kesehatan saat cuaca panas selanjutnya adalah dengan menghindari terkena sinar matahari dalam waktu yang lama. Usahakan untuk menghindari berada di luar ruangan saat matahari dalam posisi yang sangat terik. Waktunya sendiri mulai pukul 10 pagi hingga 2 siang.

Namun, bila kamu terpaksa beraktivitas di luar ruangan. Gunakan perlindungan ekstra dan cobalah untuk sesekali berteduh Misalnya di bawah pohon atau masuk ke ruangan yang ber-AC. Kamu juga bisa membawa botol minuman untuk menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Tertutup

Ilustrasi Pakaian Nyaman. (Special)

Selain memperhatikan tubuh dari dalam, kamu juga perlu melindunginya dari luar. Caraya dengan menggunakan pakaian yang nyaman serta tertutup.

Sebab, menggunakan tabir surya pun tidak dapat bekerja maksimal jika kamu juga mengabaikan penggunaan pakaian yang nyaman dan tertutup saat cuaca panas. 

Selain itu, hindari pakaian yang berwarna gelap untuk mengurangi penyerapan panas yang berlebih. Alangkah lebih baiknya, gunakan pakaian yang berbahan lembut, seperti katun atau linen.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan payung, topi atau kacamata hitam untuk melindungi mata dan kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung.

5. Konsumsi Cemilan yang Sehat

Ilustrasi Camilan Sehat. (Special)

Tips jaga kesehatan saat cuaca panas yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi cemilan yangs ehat. Sebab, seringkali ketika cuaca panas nafsu makan menjadi menurun.

Oleh karenanya, supaya kamu tetap berenergi dan semangat beraktivitas. Kamu dapat mengkonsumsi makanan ringan untuk membuat perut menjadi kenyang dan tubuh berenergi.

Namun, pilihlah cemilan yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein. Beberapa contohnya seperti kuaci, hazelnut, yoghurt, walnut hingga kacang mete. Supaya tubuh selalu fit, kamu juga dapat melakukan olahraga ringan di dalam ruangan.

Itulah lima tips jaga kesehatan saat cuaca panas yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu dan orang tercinta ya. Selamat mencoba, Ladies!