5 Tips Keamanan Solo Traveler yang Perlu Diketahui Perempuan

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:59:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

5 Tips Keamanan Solo Traveler Yang Perlu Diketahui Perempuan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bepergian sendirian bisa memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda daripada bepergian bersama orang lain. Menjadi seorang perempuan, bukan jadi alasan untuk tidak mencoba melakukan solo traveler semasa hidup.

Bisa saja mendengar cerita horor, atau diliputi kecemasan selama perjalan merupakan hal yang wajar terjadi. Untuk itu, ada beberapa tips keamanan yang perlu diketahui bagi para perempuan yang ingin melakukan solo traveler.

Melansir Ordinary Traveler, berikut ini 5 tips keamanan solo traveler bagi perempuan.

Tetap Terhubung

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Saat melakukan perjalanan sendirian, ada baiknya untuk selalu beri tahu setidaknya satu teman atau anggota keluarga dan hubungilah mereka secara teratur. Ada baiknya juga untuk memberikan alamat penginapan atau nomor penerbangan kepada teman atau anggota keluarga.

Teliti Tujuan Secara Detail

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, selalu pastikan sudah mengetahui segala seluk beluk adat dan hukum setempat. Ketahui di mana bagian kota yang lebih aman serta tempat-tempat yang tidak boleh dikunjungi. Cari tahu juga soal sistem transportasi, dan ketahui apa yang menjadi latar belakang politik dan agama di wilayah tersebut.

Berpakaian Seperti Orang Lokal

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Sebelum mendatangi daerah tertentu, pastikan sudah meneliti norma aturan berpakaian di tempat tujuan, dan membawa setidaknya beberapa pakaian yang sesuai. Selama berada di lokasi tujuan, jangan lupa untuk membeli pakaian lokal untuk dikenakan saat itu atau dijadikan oleh-oleh.

Sembunyikan Barang Mahal

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Saat bepergian ke tempat ramai, penting untuk selalu mewaspadai barang-barang berharga yang dimiliki. Jangan mencoba untuk memancing penjahat dengan menonjolkan barang-barang mahal yang dimiliki.

Saat bepergian dari satu tempat ke tempat lain, selalu simpan barang-barang berharga di dalam tas yang aman dan hindari untuk membawanya kemana-mana.

Pelajari Bahasa Lokal

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Sebelum tiba di tempat tujuan, latihlah beberapa kata kunci dalam bahasa lokal. Selain ucapan dasar “halo”, “selamat tinggal”, “tidak”, “tolong”, dan “terima kasih”, cobalah juga untuk mempelajari beberapa frasa yang bisa jadi akan berguna dalam perjalanan seperti “Di mana halte bus ”, “Apakah Anda berbicara bahasa Inggris”, dan “Saya alergi…”.