5 Tips Langsing Meski Tetap Makan Enak Saat Natal dan Tahun Baru 

Rabu, 16 Desember 2020 | 08:16:11

LS Health

Penulis : LS Health

5 Tips Langsing Meski Tetap Makan Enak Saat Natal Dan Tahun Baru 

Sama dengan Idul Fitri, perayaan Natal dan tahun baru juga menyajikan berbagai hidangan lezat serta menggugah selera. Mulai dari aneka kue, daging panggang, sate bakar, dessert, hingga aneka minuman segar. Menahan keinginan untuk tidak menyantap hidangan Natal dan tahun baru rasanya sangat sulit. Bahkan seringkali membuat kita kalap untuk menyantapnya. Tak heran, berat badan pun melonjak setelah Natal dan tahun baru.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa tetap makan enak selama Natal dan tahun baru tanpa takut lingkar pinggang ikut membesar serta berat badan bertambah. Nah, berikut ini tips langsing meski tetap makan enak saat Natal dan tahun baru dikutip dari laman Express. 

Nikmati Makanan Ringan

Riddle, psikolog olahraga dan kebugaran, mengatakan mengkonsumsi makanan ringan sebelum makan malam bersama keluarga dapat mengurangi keinginan untuk makan. Dengan demikian, kamu enggan mengkonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan.

Makan Tepat Waktu

Kebanyakan orang secara sengaja kerap menunda waktu makan dengan tujuan membuat nafsu makan hilang. Padahal, menunda waktu makan justru dapat membuat makan berlebihan. Akibatnya, berat badan menjadi meningkat. Karena itu, sebaiknya tetap makan tepat waktu atau sesuai jadwal. 

Buah dan Sayuran

Kamu boleh kok mencicipi semua hidangan Natal dan tahun baru, asal tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih, terlebih makanan berlemak karena akan membuat berat badan mudah bertambah. Hindari mengkonsumsi makanan tinggi kalori dalam jumlah banyak seperti lemak. Lebih baik mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah lebih banyak. Buah dan sayuran memberi rasa kenyang lebih lama sehingga bisa membantu kamu menahan rasa lapar lebih lama.

Pilih Air Putih

Selain makanan kaya kalori, perayaan Natal dan tahun baru juga menyediakan aneka minum manis. Minum manis dapat membuat kadar gula darah meningkat dan kurang baik bagi kesehatan. Sebaiknya, pilih minum air putih. Selain nol kalori, air putih baik bagi tubuh dan kulit. Air putih juga tidak akan membuat berat badan bertambah. 

Luangkan Waktu Bergerak

Selama masa libur Natal dan tahun baru, kita kerap dimanjakan dengan makanan yang lezat dan kegiatan santai seperti berkumpul bersama keluarga. Hal ini tak jarang membuat kita malas bergerak, bahkan melewarkan berolahraga. Padahal, salah satu cara mengurangi kalori dengan bergerak atau berolahraga. Sebaiknya, setelah menyantap hidangan Natal atau tahun baru, kamu tidak langsung duduk atau tidur, melainkan bergerak. Kamu bisa berjalan santai di sekitar halaman rumah usai makan atau lari santai selama 30 menit.

Nah, kini kamu sudah tahu kan yang perlu lakukan untuk tetap langsing selama Natal dan tahun baru.