5 Tips Sabar Menghadapi Pelanggan yang Rese

Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:30:00

5 Tips Sabar Menghadapi Pelanggan Yang Rese

Ilustrasi menghadapi pelanggan yang rese (Special)

Ladiestory.id - Ketika masuk dunia kerja, tentu kamu akan memasuki dunia yang baru. Kamu akan menemukan berbagai macam karakter orang yang mungkin bisa jadi menjadi tantangan. Berbagai macam karakter manusia pasti akan kamu temui dengan keunikannya sendiri-sendiri.

Lalu, ketika kamu bertemu dengan karakter orang yang mungkin tidak cocok dengan karakter kamu, pasti itu akan menuntut kamu untuk lebih bersabar menghadapinya. Bisa jadi orang yang membuat kamu kesal adalah atasan atau pelanggan kamu. Ya, tentu pelanggan dalah raja, jika kamu bekerja di bidang yang bersentuhan dengan keluhan pelanggan.

Pelanggan ini bisa jadi orang yang bertransaksi dengan kamu atau mereka yang mengeluhkan pelayanan yang diberikan oleh kantor kamu. Tentu, jika kita menjadi penyedia jasa layanan, pasti kamu akan banyak bertemu banyak orang yang menyebalkan dan membuat kamu kerepotan.

Kemudian bagaimana caranya bisa sabar atau tenang menghadapi pelanggan yang rese?

Usahakan Tetap Tenang

Ilustrasi menghadapi pelanggan yang rese. (Special)

Cara pertama yang harus kamu lakukan saat kamu menghadapi pelanggan yang rese dan merepotkan ketika kamu bekerja, adalah harus tetap tenang. Ingatlah, mengalah itu bukan berarti kamu kalah. Ketika pelanggan komplain akan pelayanan yang menurutnya tidak sesuai, maka kamu harus tetap tenang dan bisa membawa suasana tetap kondusif.

Dengarkan Keluhannya

Ilustrasi mendengarkan pelanggan. (Special)

Kemudian, cara kedua adalah, kamu harus bisa mendengarkan keluhan dengan baik. Ya, posisikan diri kamu sebagai pendengar yang baik dan jagalah perasaannya agar tetap tidak tersinggung. Ketika kamu bisa menjadi pendengar yang baik, maka kamu bisa memposisikan diri kamu di atasnya, karena secara tidak langsung, kamu sudah bisa menaklukan pelanggan kamu itu.

Jangan Dibantah

Ilustrasi menghadapi pelanggan. (Special)

Selanjutnya, kamu tidak boleh membantah keluhan yang pelanggan kamu ajukan. Kamu bisa menunjukkan empati kamu kepada pelanggan atas pelayanan dari dirimu. Jika dibantah, bisa jadi mereka lebih marah kepada kamu dan semakin sulit untuk mendapatkan solusi terbaik.

Jangan Menyalahkan Pelanggan

 

Ilustrasi jangan menyalahkan pelanggan. (Special)

Cara keempat yang bisa kamu lakukan adalah, jangan terkesan menyalahkannya, sehingga pelanggan kamu berasa terpojok. Usahakan memberikan penjelasan yang sistematis dan sesuai kronologis, sehingga pelanggan kamu akan mengerti dengan apa yang terjadi.

Usahakan Beri Solusi

 

Ilustrasi beri solusi kepada pelanggan. (Special)

Terakhir, usahakan untuk bisa memberikan solusi terbaik bagi segala macam permintaan atau keluhannya. Dengan kamu bisa memberikan solusi terbaik, maka kamu bisa membuat pelanggan kamu itu merasa puas dengan pelayanan kamu. Hal tersebut juga bisa menguntungkan kamu. Jika dia datang lagi membutuhkan pelayanan serupa, maka dia akan mencari kamu lagi.