5 Tips Sederhana Agar Dapurmu Terhindar dari Bau

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:22:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Sederhana Agar Dapurmu Terhindar Dari Bau

Ilustrasi Dapur (Special)

Ladiestory.id - Dapur merupakan salah satu tempat terpenting sebuah rumah. Segala kebutuhan rumah tangga seperti makanan, cemilan ataupun kue-kue kering tercipta dari tempat mungil ini. Tak ayal, setiap selesai masak, berbagai aroma akan muncul di dapur. Mulai dari bau masakan itu sendiri hingga sampah bahan makanan yang telah selesai kita gunakan. 

Jelas, bau ini akan menjadi penganggu bagi indra penciuman kamu. Selain itu, bau ini juga membuat perasaan malas untuk berada di dapur. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap ini? Berikut 5 tips sederhana yang bisa kamu lakukan, Ladies.

1. Rebus Air dan Kulit Jeruk

Ilustrasi Dapur (Special)

Jeruk terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki aroma menyegarkan. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkannya sebagai salah satu bahan untuk menghilangkan bau-bau tidak sedap di dapur, seperti bau amis hingga gosong. Caranya mudah, kamu dapat merebus air terlebih dahulu hingga mendidih. Lalu, masukkan kulit jeruk ke dalam rebusan dan tunggu hingga mengeluarkan aroma jeruk yang menguap. Gunakan air rebusan tadi untuk menyiram wajan atau panci yang amis dan gosong. Maka, semua akan hilang dalam sekejap.

2. Gunakan Baking Soda

Ilustrasi Dapur (Special)

Baking Soda merupakan salah satu bahan dapur yang memiliki banyak kegunaan. Tidak hanya untuk membantu membuat kue mengembang, namun juga dapat digunakan untuk mengusir bau tidak sedap di dapur. Pengaplikasiannya, cukup taburkan baking soda pada beberapa sudut dapur setelah selesai memasak. Lalu, biarkan beberapa saat hingga bau sedap mulai memudar. Kemudian bersihkan kembali baking soda yang tadi ditaburkan.  Kamu bisa sering melakukannya untuk menjaga kesegaran dapur, lho! Sebab, baking soda memiliki kemampuan dalam menyerap bau asam di udara akibat proses memasak yang kamu lakukan.

3. Ramuan Cuka dan Air Jeruk Nipis

Ilustrasi Dapur (Special)

Air jeruk nipis tidak hanya dapat kamu gunakan untuk membuat minuman. Jeruk nipis bisa menjadi salah satu bahan ampuh untuk membersihkan meja dapurmu yang penuh dengan minyak dan kotoran. Cara efektif yang dapat kamu lakukan adalah membersihkannya dengan ramuan cuka dan air jeruk nipis. Pertama, campur beberapa sendok cuka dengan air, lalu celupkan spons yang digunakan sebagai alat pembersih ke dalamnya. Kemudian gosokkan spons ke area yang kotor dan berminyak tersebut. Jangan lupa, lap kembali bagian tadi menggunakan campuran air jeruk nipis dan air hangat. Terakhir, keringkan area yang telah kamu bersihkan menggunakan lap kering.

4. Letakkan Kantung Bubuk Kopi di Dapur

Ilustrasi Dapur (Special)

Mencegah bau tidak sedap merupakan langkah terbaik sebelum terlambat. Cara itu yang dapat kamu lakukan adalah dengan meletakkan kantung berisi bubuk kopi di sudut-sudut ruangan dapur. Selain bubuk kopi, kamu juga bisa menggunakan biji kopi utuh sebagai penggantinya. Kopi memiliki peran sebagai penyerap sekaligus penetral bau. Jadi, udara di dapur kamu akan selalu terasa segar dan terhindar dari bau tidak sedap. 

5. Arang Pengusir Bau Sampah

Ilustrasi Dapur (Special)

Tempat sampah merupakan salah satu sumber bau yang sering menjadi momok di dapur. Tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan cara sederhana ini. Selain membuang sampah secara rutin, kamu bisa meletakkan sekitar 5 hingga 7 buah arang di dalam tempat sampah dapurmu. Arang sendiri memiliki kemampuan yang efektif dan cepat dalam menyerap bau tidak sedap. Sehingga tak ada lagi bau tidak sedap yang akan mencemari dapurmu.

Semoga kelima tips sederhana tadi dapat menghindarkan bau di dapur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Ladies!