5 Tips Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Selasa, 17 Agustus 2021 | 06:13:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Tips Untuk Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Foto: Halodoc

Setiap pasangan pastinya menginginkan rumah tangga yang bahagia dan harmonis. Tapi dalam hidup berumah tangga selalu saja ada masalah yang menghampiri, yang terkadang  memicu pertengkaran hingga membuat rumah tangga jadi tidak harmonis.

Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Tapi semua itu, tergantung dari bagaimana pasangan tersebut menghadapi masalah yang timbul. Untuk menjaga keharmonisan rumah tangga, Anda bisa lakukan tips dibawah ini. Inilah tips menjaga keharmonisan rumah tangga, agar rumah tangga pun jadi bahagia dan adem ayem. 

1. Bersyukur Akan Pasangan Anda

Foto: Ladiestory.id

 

Salah satu tips menjaga keharmonisan dalam rumah tangga adalah dengan mensyukuri pasangan Anda, mengapa? Perlu Anda tahu bahwa masih banyak orang yang sulit mendapatkan pasangan hidup.  Karena itu, cobalah untuk bersyukur dengan cara menerima kelebihan serta kekurangan pasangan Anda.

Misalnya, jika suami Anda suka mendengkur saat tidur, maka bersyukurlah dia masih tidur dengan Anda sekamar. Hal itu tentu lebih baik daripada suami Anda tidur di tempat lain atau bahkan di rumah orang lain.

Contoh lainnya, jika suami Anda memiliki penghasilan yang belum banyak, tetaplah bersyukurlah daripada dia tidak punya penghasilan sama sekali. Dengan begitu, Anda pun tidak akan ngomel-ngomel atau bahkan banyak menuntut lebih pada suami Anda. Ingatlah, setiap rezeki yang disyukuri akan bertambah tanpa Anda duga.

Terkait masalah ekonomi keluarga, bersyukur merupakan salah satu kunci kebahagian rumah tangga. Tapi kenyataannya, masih banyak orang yang lupa untuk bersyukur,  sehingga mereka bercerai dengan alasan ekonomi. Pastinya Anda tidak mau, bukan?

2. Saling Menghargai Antara Pasangan

Foto: Ladiestory.id

 

Pernikahan itu menyatukan 2 sifat yang berbeda. Nah, agar  perbedaan ini menjadi makin kekuatan, Anda dan pasangan harus bisa saling menghargai.

Contohnya, isteri Anda menyukai barang-barang yang berkelas, sedangkan Anda suka dengan gaya hidup yang sederhana. Hargai saja sifat isteri Anda, dan sampaikan sejujurnya bahwa Anda belum mampu membelikan barang-barang tersebut.

Dengan di hargai, isteri Anda pun akan merasa tidak tertekan dan bisa saja sifatnya berubah karena ingin menghargai Anda juga. Itulah cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

3. Saling Jujur dan Terbuka Terhadap Pasangan

Foto: Ladiestory.id

 

Tips selanjutnya untuk menciptakan keharmonisan rumah tangga  adalah dengan bersikap jujur dan terbuka terhadap pasangan. Sikap yang tidak saling terbuka satu sama lain bisa menghambat terciptanya hubungan harmonis dalam rumah tangga. 

Keterbukaan dan kejujuran adalah sesuatu yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah rumah tangga.  Bila Anda sadar akan hal ini seharusnya Anda tak perlu kompromi lagi untuk jujur dan terbuka terhadap pasangan.

Meskipun mungkin kejujuran itu kadang menyakitkan, tapi percayalah bahwa hal ini akan membuat terciptanya keluarga harmonis. Keuntungan lainnya bila Anda selalu bersikap jujur serta terbuka, bisa saja pasangan Anda yang awalnya tidak terbiasa akan ikut terbiasa untuk bersikap jujur dan terbuka juga.

4. Jangan Emosi dan Egois Saat Menghadapi Masalah Keluarga

Foto: Ladiestory.id

 

Manusia tak lepas dari marah dan emosi. Emosi seseorang bisa meledak jika memang tidak dapat mengendalikannya. Saat emosi seseorang tak bisa terkendali, bisa jadi pemicu ketidakharmonisan dalam rumah tangga.

Karena itulah dibutuhkan adanya pengendalian emosi saat terjadi pertengkaran antara pasangan. Hal ini bisa Anda mulai terlebih dahulu, cobalah redam dan mengalah saat berdebat dengan pasangan.

Mengalah bukan berarti Anda kalah. Anda hanya menyimpan sesuatu yang bisa saja berbahaya bila Anda tak bisa mengalah. Jika Anda bisa konsisten bersikap seperti ini, maka pasangan Anda pun lama-lama akan mengikuti sikap Anda ini. 

5. Ciptakan Suasana Menyenangkan Dalam Keluarga

Foto: Ladiestory.id

 

Dalam suatu keluarga suasana yang penuh kegembiraan memang menjadi hal yang harus ada. Tapi, karena manusia memiliki karakter dan kepribadian yang berbeda-beda, suasana kegembiraan dan kesenangan tidak bisa terwujud setiap saat.

Meskipun seiring berjalannya waktu terkadang dalam sebuah keluarga semakin jarang adanya kesenangan antara pasangan atau keluarga. Karena itu, tantangan yang harus dihadapi dalam keluarga.

Bagaimana caranya untuk menciptakan suasana menyenangkan dalam keluarga? Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti  membuat suasana yang baru dan tidak monoton setiap hari dalam rumah.

Demikianlah, tips untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Bersyukur, saling menghargai, jujur, terbuka serta mampu menciptakan suasana yang menyenangkan itulah kunci keharmonisan rumah tangga.