5 Tradisi Natal Yang Berasal dari Berbagai Belahan Dunia

Sabtu, 18 November 2023 | 09:00:00

KD Mumpuni

Penulis : KD Mumpuni

5 Tradisi Natal Yang Berasal Dari Berbagai Belahan Dunia

Ilustrasi Perayaan Natal. (Special)

Ladiestory.id - Bagi umat Kristen, Natal adalah perayaan penting yang merayakan kelahiran Yesus Kristus, Anak Allah dan Juru Selamat. Natal dianggap sebagai simbol harapan, damai, kasih, serta kesempatan untuk merayakan kehadiran Kristus di dunia. Perayaan Natal dihiasi dengan berbagai tradisi dan kebiasaan yang bervariasi di berbagai negara. Ini termasuk menghias pohon Natal, pertunjukan natal, pemberian hadiah, pertemuan keluarga, makan malam khusus, pembacaan kisah kelahiran Kristus, pawai lilin, dan pemberian sumbangan amal.

Natal adalah waktu untuk memahami nilai-nilai seperti kasih, kebaikan, perdamaian, dan kepedulian terhadap sesama. Perayaan ini sering dianggap sebagai momen yang mempersatukan keluarga dan memupuk semangat kebaikan dan kedermawanan.

Tradisi Natal dari seluruh dunia memiliki keunikan dan variasi yang menarik, tergantung pada budaya, keyakinan, dan adat istiadat masing-masing negara. Berikut adalah beberapa tradisi Natal yang berasal dari berbagai belahan dunia.

1. German - Weihnachtsmarkt

Ilustrasi Weihnachtsmarkt. (Canva)

 

Weihnachtsmarkt adalah pasar musiman yang biasanya dibuka menjelang musim liburan Natal. Mereka biasanya berlangsung di sekitar kota atau pusat kota dan merupakan tempat di mana penjual menjual barang-barang Natal, makanan, minuman, dan kerajinan tangan.Di Weihnachtsmarkt, pengunjung dapat menemukan berbagai macam barang, seperti hiasan Natal, kerajinan tangan, mainan, barang-barang kuliner tradisional, pakaian hangat, serta berbagai hadiah unik untuk musim liburan.

2. Spanyol - La Nochebuena

Ilustrasi La Nochebuena.(Canva)

 

"La Nochebuena" adalah istilah yang digunakan di banyak negara berbahasa Spanyol untuk merujuk pada malam Natal, atau "Christmas Eve" dalam bahasa Inggris. La Noche Buena adalah perayaan penting di kalangan komunitas berbahasa Spanyol di seluruh dunia, yang dihabiskan bersama keluarga dan teman-teman.  Hidangan tradisional La Nochebuena di berbagai negara berbahasa Spanyol dapat mencakup hal-hal seperti hallaca (hidangan dari Venezuela), tamales (hidangan dari Meksiko dan Amerika Latin), roast pork (di beberapa negara Amerika Latin), dan banyak hidangan khas lokal lainnya.

3. Ukraina - Didukh

Ilustrasi Didukh. (Canva)

 

Didukh adalah tradisi yang berasal dari budaya Ukraina. Ini adalah simbolisme yang digunakan selama perayaan Natal di Ukraina, yang umumnya terkait dengan kehidupan pedesaan dan pertanian. Didukh biasanya dibuat dari tumpukan jerami atau bulir-bulir gandum yang diikat bersama dan diletakkan di dalam rumah sebagai simbol kelimpahan. Proses membuat Didukh melibatkan mengumpulkan jerami atau bulir-bulir gandum, kemudian mengikatnya bersama untuk membuat tumpukan yang dihiasi dengan daun atau pita warna-warni.

4. Meksiko - Posada

Ilustrasi Posada. (Meksiko)

 

Posada adalah penggambaran dari kisah di mana Maria dan Yosef mencari tempat untuk menginap di Betlehem sebelum kelahiran Yesus. Ini berfokus pada perjalanan mereka dari pintu ke pintu, meminta tempat bernaung, tetapi mereka ditolak sampai akhirnya diberikan tempat oleh tuan rumah. Ini menggambarkan kisah kerendahan hati, kebaikan, dan penerimaan yang diilustrasikan dalam kisah Natal. Posada membawa makna spiritual yang mendalam dalam masyarakat di Meksiko dan beberapa negara Amerika Latin. Selain sebagai perayaan musiman, Posada adalah cara untuk merenungkan kisah kelahiran Yesus Kristus dan nilai-nilai kerendahan hati, keramahan, serta kebaikan hati.

5. Flipina - Parol

Ilustrasi Parol. (Canva)

 

Parol mewakili Bintang Natal dan dianggap sebagai simbol yang menyala untuk memberikan petunjuk kepada orang-orang menuju tempat kelahiran Yesus. Selain itu, ada juga makna keagamaan yang mendalam yang merujuk kepada bintang yang muncul di langit pada malam kelahiran Yesus. Parol juga memiliki makna sosial dan budaya yang mendalam. Ini bukan hanya hiasan, tetapi juga merupakan simbol persatuan, keceriaan, dan kebaikan hati di komunitas selama musim liburan.

Nah, itu dia tadi tradisi pada saat natal dari seluruh dunia. Tradisi ini adalah bagian integral dalam perayaan Natal, membawa pesan kebersamaan dan solidaritas dalam memperingati kelahiran Yesus Kristus.