6 Cara Hilangkan Cegukan Pada Bayi, Wajib Dicatat Nih!

Senin, 17 April 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Cara Hilangkan Cegukan Pada Bayi, Wajib Dicatat Nih!

Ilustrasi bayi menangis. (Special)

Ladiestory.id - Seringkali, bayi mengalami cegukan. Meski begitu, sayangnya masih banyak orang tua yang belum mengeri cara menghilangkan cegukan pada bayi. 

Cegukan sendiri merupakan kondisi yang cukup normal dan dapat terjadi di segala usia. Biasanya cegukan terjadi karena kontraksi pada bagian diafragma sehingga ada penutupan pada pita suara ketika perut terisi penuh karena udara. Selain itu, juga bisa dikarenakan adanya rasa kenyang usai menyantap makanan atau menyusu.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Gunakan Dot

Ilustrasi dot bayi. (Special)

 

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan menggunakan dot. Jika si kecil tiba-tiba mengalami cegukan saat menyusui. Kamu dapat segera menggunakan dot untuk mengatasinya.

Hal ini dikarenakan dengan menghisap dot mampu membantu si bayi merilekskan diafragma. Selain itu, cegukan pun dapat berhenti secara perlahan.

Berikan Makanan Perlahan

Ilustrasi bayi makan. (Special)

 

Cara menghilangkan cegukan pada bayi selanjutnya yaitu memberi makan perlahan. Namun, untuk cara ini hanya bisa dilakukan ketika si bayi sudah dapat mengkonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI. 

Selanjutnya, usahakan untuk memberi sang buah hati minuman atau makanan secara perlahan untuk menghindari terjadinya cegukan. Kamu dapat mencoba dari makanan yang bertekstur lembut serta minuman yang aman untuk dikonsumsi si kecil.

Bantulah Bayi untuk Bersendawa

lustrasi Bayi Bersendawa. (Special)

 

Membantu sang buah hati untuk bersendawa termasuk ke dalam salah satu cara menghilangkan cegukan pada bayi. Ketika bayi mengalami cegukan saat makanan, hentikan suapan tersebut dan berikan waktu kepada sang bayi untuk bersendawa.

Cara ini dapat memberikan kemudahan pada si bayi mengeluarkan udara atau gas pemicu cegukan yang ada di dalam perut. Kamu juga dapat memposisikan tubuh bayi dalam keadaan tegak dan berikan usapan atau gosokan ke area punggungnya secara perlahan.

Bawa Bayi Ke Area yang Hangat

Ilustrasi bayi tidur siang. (Special)

 

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang tak kalah penting adalah membawa bayi ke area yang hangat. Metode ini pun terbilang cukup efektif, lho. Ketika kamu menjauhkan si buah hati dari area yang dingin atau berangin seperti ruangan ber AC. Mampu membantu sang buah hati untuk menghilangkan cegukan secara perlahan. Sebab, diketahui salah satu penyebab cegukan bisa dikarenakan oleh adanya suhu dingin pada sebuah ruangan.

Tempuk dan Peluk Area Punggung Bayi

Ilustrasi bayi. (Special)

 

Cara menghilangkan cegukan pada bayi yang terakhir adalah dengan menempuh serta memeluk area punggung bayi. Kamu dapat melakukannya dengan gerakan perlahan dan pelan.Hal ini dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh bayi yang mengalami gangguan akibat cegukan.

Tak hanya itu, kamu juga dapat menggendong bayi dengan memposisikan kepalanya berada di pundakmu. Kemudian, tepuk-tepuk area punggungnya dengan lebu. Sehingga, udara pada bagian perut si bayi dapat keluar melalui proses sendawa. Kamu dapat terus melakukan cara ini secara berkala hingga cegukan pada bayi menghilang.

Konsultasikan dengan Dokter

Ilustrasi bayi sedang sakit. (Special)

 

Jika seluruh cara di atas tidak membuahkan hasil, bahkan mengalami cegukan dalam waktu yang lama hingga timbul batuk serta muntah. Segeralah untuk kamu melakukan konsultasi dengan dokter anak terdekat. Hal ini akan membantumu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga, permasalahan cegukan pada sang buah hati dapat teratasi.