6 Jenis Makanan Yang Dapat Meringankan Asam Lambung

Selasa, 10 November 2020 | 13:45:12

LS Health

Penulis : LS Health

6 Jenis Makanan Yang Dapat Meringankan Asam Lambung

Untuk bisa mengatasi sakit maag, kamu tidak hanya perlu memperhatikan konsumsi obatnya saja, tetapi juga harus mengetahui apa saja makanan yang cocok untuk penderita maag. Pasalnya, penderita maag tidak bisa sembarang mengonsumsi makanan maupun minuman. Penyakit yang terjadi di organ lambung ini antara lain dapat menimbulkan nyeri ulu hati (heartburn), sensasi panas atau perih di dada hingga kerongkongan, termasuk rasa pahit dan asam muncul di pangkal tenggorokan. 

Makanan untuk menurunkan asam lambung 

Untuk mencegah atau meringankan gejala asam lambung, para penderita penyakit ini harus menerapkan gaya hidup sehat dan pola makan yang baik.  Melansir Health Line dan WebMD, berikut ini adalah ragam makanan penurun asam lambung yang baik dikonsumsi oleh para penderita panyakit tersebut:

Sayuran 

Sayuran secara alami mengandung rendah lemak, rendah gula, dan dapat membantu mengurangi asam lambung. Pilihan sayuran yang bagus untuk menurunkan asam lambung antara lain yakni: Brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran berdaun hijau, kentang, mentimun, dan kacang hijau. 

Jahe 

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dipercaya dapat menjadi pengobatan alami penyakit asam lambung, sakit mag, maupun masalah pencernaan lainnya. 
Para penderita asam lambung bisa menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam menu makanan sehar-hari sebagai bagian dari cara menurunkan asam lambung.

Oatmeal 

Oatmeal adalah makanan sumber serat yang sangat baik. Sementara, diet tinggi serat telah dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah. 
Pilihan makanan sumber serat lainnya termasuk roti gandum dan nasi gandum.

Pisang 

Beberapa buah non-sitrus baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena bisa menjadi buah penurun asam lambung. Sebagai contoh, pisang.  Salah satu serat larut yang terkandung di dalam pisang, yakni pektin dapat mendorong makanan melewati saluran pencernaan.  Kondisi ini dapat mencegah kenaikan asam lambung mengingat menumpuknya makanan di usus bisa jadi menambah kadar asam lambung.

Melon 

Selain pisang, melon juga termasuk buah yang bagus dikonsumsi oleh para penderita asam lambung.  Pasalnya, melon termasuk makanan sumber magnesium, yakni mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.  Selain itu, kandungan pH sekitar 6,1 (kadar asam rendah) di dalam buah melon dapat menjadikannya sebagai salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.  Selain pisang dan lemon, berbagai buah lain, seperti apel dan pir juga cocok dikonsumsi penderita asam lambung karena tidak memicu gejala refluks asam lambung seperti buah asam.  Refluks asam lambung adalah kondisi yang terjadi ketika cairan asam di lambung bocor dan mengalir naik balik ke kerongkongan (esofagus).

Daging dan seafood tanpa lemak 

Konsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut baik dilakukan oleh penderita asam lambung karena bisa mengurangi gejala refluks. 

Seperti diketahui, penderita asam lambung tak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Hal itu dikarenakan, makanan berlemak tinggi akan menambah produksi asam jauh lebih banyak. Jadi, itulah beberapa makanan untuk mencegah asam lambung naik yang bisa kamu konsumsi. Lambung kamu juga akan lebih terjaga kesehatannya dan tidak mengganggu aktivitasmu.

Sumber Foto Utama: Freepik.com