6 Langkah Pertolongan Pertama untuk Atasi Asam Lambung

Minggu, 17 September 2023 | 09:51:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Langkah Pertolongan Pertama Untuk Atasi Asam Lambung

Ilustrasi Asam Lambung. (iStock)

Ladiestory.id - Penyakit asam lambung atau bisa disebut sebagai GERD kini menjadi hal yang banyak diidap masyarakat. Bahkan, banyak penderitanya masih berada di usia muda atau produktif.

Asam lambung atau GERD sendiri penyakit yang disebabkan adanya peningkatan asam lambung yang kembali ke kerongkongan. Biasanya, kondisi ini tandai dengan sensasi panas atau terbakar di area tenggorokan serta dada. Bahkan, jika dibiarkan maka bisa menimbulkan rasa pahit, mual, hingga muntah.

Tentunya hal ini membahayakan bukan? Apalagi jika terjadi ketika kamu memiliki segudang kegiatan atau pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, oleh karenanya kamu perlu mengetahui langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung supaya kamu lebih aman dan tidak mengalami bahaya ketika kondisi ini terjadi. 

Nah, kira-kira apa aja sih enam langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung atau GERD yang bisa kamu lakukan? Penasaran, kan? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini sampai akhir ya Ladies!

Kendorkan Pakaian yang Digunakan

Ilustrasi Mengendurkan Pakaian. (iStock)

 

Hal yang kamu perlu lakukan sebagai langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung adalah mengendurkan pakaian yang tengah digunakan. Ketika asam lambung naik maka dada atau perut akan mudah terasa sesak.

Nah, oleh karenanya kamu perlu melonggarkan ikat pinggang, celana atau baju yang tengah kamu gunakan. Cara ini mampu mengurangi tekanan pada lambung yang sewaktu-waktu bisa memicu peningkatan asam yang lebih membahayakan

Tinggikan Posisi Kepala di Atas Jantung

Ilustrasi Jantung Lebih Tinggi. (iStock)

Apakah kamu sering merasakan di malam hari? Jika iya, maka kamu perlu tinggikan posisi kepala di atas jantung. Disarankan untuk memiliki posisi tidur yang membentuk sudut 30-45 derajat dengan posisi punggung tertopang. Hal ini akan memberikan efek berkurangnya asam lambung maupun meredakannya dengan maksimal.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari penggunaan pakaian yang ketat saat tidur. Sebab, dikhawatirkan dapat membuat tubuh khususnya bagian dada maupun perut menjadi terasa sesak dan memperparah kondisi GERd yang kamu miliki. 

Tegakkan Tubuh dengan Posisi Duduk

Ilustrasi Duduk Santai. (iStock)

 

Ketika cara sebelumnya tidak berhasil mengurangi asam lambung. Maka, langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung selanjutnya adalah dengan menegakkan tubuh seperti posisi duduk. 

Sebab, cara ini dikenal efektif dalam mengurangi tekanan yang biasanya terjadi di area katup antara kerongkongan serta lambung. Harapannya, ketika kamu melakukan cara ini maka asam lambung menjadi berkurang dan berhenti pergerakannya. 

Konsumsi Minuman Jahe

Ilustrasi Minuman Jahe. (iStock)

 

Tak banyak yang tahu bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung jahe bisa mengatasi masalah asam lambung. Hal ini ternyata dikarenakan kandungan pada jahe bersifat anti inflamasi. Sehingga, mampu meredakan terjadinya iritasi khususnya di area saluran pencernaan.

Selain itu, cara ini juga mencegah kenaikan asam lambung maupun rasa mual yang rentan dialami penderita. Kamu bisa mengkonsumsi segelas jahe hangat yang sudah diseduh secara rutin. Maka, perlahan masalah asam lambung menjadi lebih terkontrol. 

Rutin Mengkonsumsi Madu Murni

Madu. (Freepik)

 

Langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung yang tak kalah penting dan wajib kamu coba yaitu mengkonsumsi madu murni. Pemanis alami satu ini ternyata memiliki kemampuan dalam meringankan gejala asam lambung yang naik. 

Sebab, kandungan didalamnya dapat membantu melindungi dinding kerongkongan dari peradangan maupun iritasi. Disarankan kamu bisa mengkonsumsinya dengan mencampurkan 2-3 sendok madu bersama air hangat.

Kunyah Permen Karet

Permen Karet. (Special)

 

Langkah pertolongan pertama untuk atasi asam lambung yang terakhir ini mungkin membuat kamu berpikir. Emangnya bisa bantu atasi asam lambung?

Nah, melansir dari laman emc.id diketahui cara ini dapat meredakan gejala asam lambung yang kamu alami. Selain itu, gerakan mengunyah diketahui dapat meningkatkan jumlah produksi air liur yang membuatmu menjadi lebih sering menelan.

Alhasil, air liur ini kemudian membantu mengencerkan serta membersihkan asam lambung di area kerongkongan dan meringankan gejala penyakit ini dengan mudah dan cepat. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba bukan?