6 Manfaat Gunakan Hijab Bagi Perempuan Muslimah

Selasa, 16 Januari 2024 | 18:44:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Gunakan Hijab Bagi Perempuan Muslimah

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, menutup aurat merupakan kewajiban bagi wanita muslimah, umumnya banyak wanita yang memahami jika menggunakan hijab sebagai salah satu syariat agama Islam maupun identitas bagi wanita muslim itu sendiri. Namun, di balik hal itu terdapat enam manfaat menggunakan hijab  bagi wanita muslimah yang perlu diketahui, berikut di antaranya.

Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Creative Market)

 

Ladies, menutup aurat dan menggunakan hijab memang menjadi tuntutan dalam agama Islam, akan tetapi ada manfaat lain yang bisa didapatkan saat menggunakan hijab, manfaat pertama yakni dapat melindungi rambut dari sinar matahari langsung. Menggunakan hijab dapat meminimalisir terjadinya kerusakan rambut dari sinar UV, angin, maupun debu dan polusi. Tak hanya itu, menggunakan hijab juga dapat melindungi dari kondisi cuaca khususnya bagi kamu saat berkendara baik cuaca panas, hujan dan sebagainya. Selain rambut bebas berantakan kulit kepala dan rambut akan terlindungi dari kondisi cuaca yang tidak menentu.

Cegah Pigmentasi Kulit

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Selain dapat melindungi kepala dari teriknya paparan sinar UV, manfaat menggunakan hijab juga dapat mencegah pigmentasi pada kulit yang bisa saja menyebabkan munculnya penuaan dini yang terjadi pada kulit. Sementara itu, hijab yang menutupi permukaan kepala ini  juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penularan parasit salah satunya kutu rambut yang sangat mudah ditularkan dari satu orang ke orang lainnya, rasa gatal yang diberikan akibat penularan kutu rambut ini tentu akan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Tutupi Kekurangan Fisik

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Menggunakan hijab pun bermanfaat untuk melindungi diri salah satunya kekurangan fisik pada kepala maupun rambut. Selain itu, setiap orang pun bertujuan untuk melindungi dirinya dari aib, ain maupun kesombongan atau riya’ dari hadapan orang lain yang dapat menyebabkan amalan diri seseorang bisa saja tidak diterima.

Hindarkan Pandangan Lawan Jenis

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Manfaat menggunakan hijab selanjutnya bagi wanita muslim ialah dapat menghindari pandangan dengan lawan jenis. Untuk laki-laki muslim diperintahkan untuk menjaga pandangannya agar dijauhkan dari maksiat, sedangkan bagi wanita muslim untuk menjaga auratnya agar terhindar dari ancaman maupun bahaya yang datang kepada dirinya baik di dunia maupun di akhirat.

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Menggunakan hijab bagi seorang muslimah tentu akan memberikan rasa bahagia dan meningkatkan rasa percaya diri. Tak hanya itu rasa percaya diri ini bisa saja muncul karena kenyamanan hijab yang digunakan mulai dari bahan, model dan gaya berhijab yang bisa menambah aura positif dalam diri seorang muslimah.

Penampilan Lebih Stylish dan Elegan

Ilustrasi Wanita Berhijab. (Freepik)

 

Walaupun kamu menggunakan hijab, bukan berarti kamu ketinggalan jaman dengan gaya maun tren yang tidak bisa diikuti oleh wanita non-hijab. Eits, tentu menggunakan hijab pun penampilanmu bisa semakin menambah kesan elegan dan stylish sesuai dengan karakter dan kepribadianmu.

Dengan berhijab bukan berarti bisa membatasi aktivitas maupun gaya penampilanmu, Ladies. Hijab tidak hanya mempercantik seorang wanita baik di dunia maupun juga di akhirat, tentu saja kamu bisa terus berkespresi dengan beragam tren fashion hijab yang sedang populer saat ini dan tentunya dapat pula kamu sesuaikan dengan aturan syariat, lho.