6 Manfaat Masker Tomat Bagi Kecantikan Kulit

Rabu, 17 Januari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Masker Tomat Bagi Kecantikan Kulit

Ilustrasi Masker Tomat. (Freepik)

Ladiestory.id - Ladies, tomat umumnya digunakan sebagai bahan campuran makanan yang lezat namun dapat pula dikonsumsi sebagai jus. Tomat dapat digunakan sebagai bahan alternatif untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, lho. 

Saat ini pun sudah banyak produk kecantikan maupun skincare dengan bahan dasar tomat untuk menyempurnakan tampilan kulit, salah satunya adalah masker tomat.

Tak hanya itu, kamu pun bisa memanfaatkan tomat sebagai masker wajah alami yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Tomat dikenal sebagai buah yang kaya serat, vitamin dan nutrisi sehingga sangat baik untuk diaplikasikan bagi semua jenis kulit. 

Nah, berikut ini enam manfaat masker tomat bagi kecantikan kulit yang telah Ladiestory.id rangkum. Simak yuk!

Angkat Kotoran dan Sel Kulit Mati

Ilustrasi Kulit Kusam. (Freepik)

 

Tinggal dan beraktivitas di kota besar sangat mudah bagi seseorang terpapar kotoran, debu, polusi udara serta minyak berlebih yang menempel di kulit. Hal ini akan membuat kondisi kulit menjadi kusam serta dapat menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi kulit untuk mengangkat kotoran dan minyak yang menempel pada kulit. Selain itu, salah satu manfaat terbesar dari tomat ialah dapat mengangkat minyak berlebih pada kulit. Kulit yang berminyak akan sangat mengganggu dan mempengaruhi kesehatan kulit.

Kamu bisa memanfaatkan tomat yang kaya akan enzim serta sebagai eksfoliator alami untuk membasmi kotoran dan sel kulit mati. Bahkan bagi kamu yang memiliki kulit sensitif tak perlu khawatir, karena tomat sangat aman dan ringan pada kulit. Kamu bisa mengaplikasikan masker tomat ke seluruh permukaan wajah, kemudian diamkan hingga 10 – 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Basmi Masalah Jerawat

Ilustrasi timbul jerawat. (Pexels.com/annanekrashevich)

 

Munculnya jerawat menjadi hal umum yang sering terjadi pada seseorang yang berbeda usia. Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terperangkap pada kulit sehingga menyebabkan kotoran, minyak dan bakteri menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan kondisi kulitmu menjadi breakout bahkan menyebabkan timbulnya banyak masalah kulit.

Tomat mengandung vitamin A, C dan K serta kandungan asam yang dapat menyeimbangkan pH kulit . Maka dari itu memanfaatkan tomat bisa menjadi cara terbaik untuk membantu masalah jerawat.

Kamu bisa membuat masker tomat dengan mencampurkan tea tree oil dalam sebuah wadah kemudian campur semua bahan hingga merata. Kemudian aplikasikan masker tomat dan tea tree oil tersebut ke seluruh wajah dan diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dua kali dengan bilasan pertama menggunakan air hangat kemudian bilasan kedua dengan air bersih. Gunakan sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Lindungi Kulit dari Sinar UV dan Sunburn

Ilustrasi Sunburn. (Freepik)

 

Tomat mengandung senyawa yang disebut lycopene yang dipercaya ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Namun yang perlu kamu sadari, kamu tidak dapat menggantikan sunscreen dengan tomat alami begitu saja, tetapi kamu dapat menggunakan tomat sebagai pelindung tambahan bagi kulitmu. Selain itu, tomat juga mengandung vitamin A dan C yang dapat meredakan sunburn.

Diketahui jika sunburn dapat menimbulkan masalah kulit diantaranya kulit kemerahan, menimbulkan ruam yang sangat gatal bahkan menimbulkan sensasi terbakar pada kulit.

Kamu bisa membuat masker tomat, yoghurt dan oatmeal untuk menetralkan kulitmu. Caranya campur seluruh bahan menjadi satu sehingga berbentuk adonan pasta, kemudian pulaskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan bersih untuk dapat hasil kulit yang berkilau alami.

Atasi Kulit yang Stres dan Sensitif

Ilustrasi Kulit Iritasi dan Sensitif. (Glam)

 

Sebagian orang tentunya pernah mengalami kondisi kulit yang stres bahkan diantaranya memiliki kulit yang sensitif. Bahkan saat menggunakan skincare akan timbul reaksi negatif sehingga menyebabkan kulit menjadi rusak dan menimbulkan ragam masalah kulit, hal ini bisa dikarenakan ketidakcocokan produk dan kandungan dari skincare yang digunakan. Oleh sebab itu, menggunakan tomat sebagai bahan alami untuk perawatan kulit bisa kamu lakukan, tomat memiliki senyawa anti-inflamasi seperti beta karoten, lutein, vitamin C dan E yang dapat menenangkan kulit.

Kamu juga bisa membuat masker tomat dan madu untuk menghentikan peradangan akibat kulit sensitif dan stres. Caranya buatlah masker tomat dan madu dalam sebuah wadah hingga berbentuk halus seperti pasta, aplikasikan ke seluruh kulit wajah, diamkan selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Buat Kulit Awet Muda

Ilustrasi Kulit Sehat. (Freepik)

 

Tomat memiliki kandungan vitamin B kompleks sehingga dapat mengatasi munculnya keriput dan garis halus, lingkaran gelap di area mata, serta membuat kulit lebih cerah dan awet muda. Selain itu, tomat dapat menjadi kolagen dan protein alami bagi kulit sehingga dapat menjadikan tampilan kulit lebih bening dan melembutkan kulit.

Untuk mendapat tampilan kulit cerah dan awet muda, kamu bisa membuat masker tomat dan aloe vera untuk menghilangkan masalah lingkaran gelap di area mata dan kondisi mata yang lelah. Caranya, siapkan satu buah tomat dan aloe vera gel, campur seluruh bahan kemudian pulaskan di area bawah mata dan diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

Hidrasi Kulit

Ilustrasi Wanita dengan Wajah Glowing.(Canva)

 

Tomat dapat membantu menghidrasi kulit sehingga menjadikan kulit tampak lembab dan halus. Selain itu, tomat dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit namun tidak mempengaruhi kondisi minyak pada kulit sehingga dapat menyeimbangkan kelembaban kulit sekalipun kulitmu relatif kering. Nah, kamu bisa menggunakan masker tomat untuk membantu menghidrasi kulit serta membuat tampilan kulit cerah alami.

Nah, kamu bisa mengaplikasikan masker tomat dengan olive oil atau minyak zaitun untuk menghidrasi kulit, kamu pun bisa mencampurkan sedikit alpukat dalam masker tomatmu. Caranya, campurkan seluruh bahan hingga menjadi pasta kemudian aplikasikan ke permukaan kulit wajah diamkan hingga 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.