6 Manfaat Tak Terduga dari Oat Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan

Kamis, 8 Juni 2023 | 17:51:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Manfaat Tak Terduga Dari Oat Oil Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Ilustrasi Oat. (Special)

Ladiestory.id - Umumnya oat sering disajikan sebagai santapan makanan maupun sarapan yang bahan dasarnya terbuat dari biji haver. Tak hanya nikmat untuk dikonsumsi, oat berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh serta kulit. Oat dapat membantu melembutkan, melembapkan bahkan mengobati masalah kulit.

Ternyata oat sudah dikenal sejak 2000 tahun lalu yang telah dibudidayakan dan dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kecantikan bagi masyarakat Mesir dan Romawi. Selain dikonsumsi ternyata oat tersedia dalam bentuk krim dalam kandungan skincare hingga dalam kemasan minyak yakni oat oil.

Ternyata oat oil memiliki enam  manfaat tak terduga bagi kecantikan dan kesehatan tubuh seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Melembapkan Kulit

Ilustrasi Kulit Lembap. (Special)

 

Oat oil memiliki kandungan antioksidan, asam lemak, essensial, lipid serta vitamin E. Selain itu, oat oil mengandung asam oleat dan linoleat yang kaya akan vitamin A, vitamin B, kalsium hingga zat besi. Oleh sebab itu, oat oil memiliki khasiat lebih jika ditambahkan pada produk kecantikan maupun perawatan kulit. Kandungan omega 6 pada oat oil ini dapat membantu meningkatkan fungsi skin barrier untuk menyehatkan kulit sehingga dapat membuat tampilan kulit menjadi lembap dan mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama.

Meningkatkan Ceramide di Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang diperoleh dari oat oil ialah dapat membantu meningkatkan kadar ceramide pada kulit. Ceramide sendiri merupakan bagian dari skin barrier yang dapat membantu memperkuat sekaligus menyehatkan kulit, sehingga ceramide ini dapat membantu meningkatkan sel-sel kulit agar tetap bersatu.

Mengatasi Masalah Kulit

Ilustrasi kulit sehat. (Special)

 

Yup, kandungan oat sering ditemukan dalam produk perawatan kulit ataupun kecantikan. Oat oil sendiri memiliki kandungan anti inflamasi untuk mengatasi masalah kulit seperti radang, kemerahan, alergi maupun eksim. Oat sendiri dapat bertindak sebagai bahan alami yang dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati, serta membantu melindungi kebagian terdalam kulit.

Selain itu, oat oil memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari masalah penuaan kulit, tak hanya itu oat oil ini dapat membantu memulihkan kondisi kulit akibat paparan sinar UV, polusi hingga kandungan kimia berbahaya. Manfaat lainnya, oat oil dapat mengurangi masalah kulit akibatblackhead dan acne prone.

Meningkatkan Elastisitas Rambut

Ilustrasi Rambut Patah (Special)

 

Selain membantu mengatasi masalah kulit, kandungan oat oil berkhasiat untuk membantu meningkatkan elastisitas pada rambut. Kandungan asam oleat pada oat oil ini dapat mengontrol kondisi rambut yang kehilangan air sehingga dapat menjadikan rambut lebih lembap, lembut dan mudah diatur. Selain itu, oat oil ini juga dapat membantu mengatasi rasa gatal di kulit kepala akibat iritasi dan peradangan.

Ilustrasi rambut panjang yang sehat (Special)

 

Tak hanya menjaga elastisitas rambut, oat oil juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan kandungan asam linoleat dapat membantu menjaga keseimbangan kulit kepala serta meminimalisir kehilangan air sehingga menjaga batang rambut agar terus terhidrasi. Selain itu, kandungan asam lemak omega dan antioksidannya dapat menyehatkan folikel rambut serta menumbuhkan rambut dan menjadikannya tampak lebih lebat.

Mengatasi Ketombe

Ilustrasi rambut berketombe. (Special)

 

Oat oil selain berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut, dapat pula membantu mengatasi masalah rambut seperti ketombe dan peradangan. Hal ini dikarenakan oat oil bersifat antimikroba serta antijamur.

Nah, Ladies itulah ke enam manfaat oat oil yang terduga khususnya berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.