6 Tips Agar Lipstik Tahan Lama Seharian

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Agar Lipstik Tahan Lama Seharian

lip (pinterest)

Ladiestory.id - Sudah gonta ganti merek lipstik, tapi kok hasilnya cepat pudar dan lama-kelamaan menghilang? Kadang jadi sebal sendiri, karena setiap kali harus touch up lipstik berkali-kali. Ya, bisa saja hal ini disebabkan karena berbagai faktor.

Supaya lipstikmu tetap tahan lama seharian, kamu bisa mengatasinya dengan 6 tips berikut ini.

Lakukan Eksfoliasi Bibir

Eksfoliasi Bibir (pinterest)

 

Tak hanya kulit tubuh yang harus di eksfoliasi, ternyata bibir juga harus, lho. Biasanya, permasalahan lipstik yang cepat pudar bahkan menghilang juga bisa dikarenakan bibir mu kering, lho Ladies. Namun, kamu nggak perlu khawatir! Karena dengan rutin melakukan eksfoliasi pada bibir, maka bibirmu akan menjadi lebih lembut dan lipstik lebih mudah menempel.

Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi pada bibirmu dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah seperti mencampurkan gula dan madu kemudian diaplikasikan ke permukaan bibirmu supaya tetap lembut dan terjaga kelembapannya. Kamu juga bisa membuat lip scrub untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dengan tekstur yang tidak kasar. Kamu pun bisa membuat lip scrub ala rumahan dengan bahan alami dengan madu, gula pasir dan olive oil untuk membuat tampilan bibir lebih lembap.

Gunakan Lip Balm

Gunakan Lip Balm (pinterest)

 

Yup, tips selanjutnya yang nggak boleh ketinggalan adalah, dengan mengaplikasikan lip balm sebelum menggunakan lipstik supaya lipstikmu mudah menempel dan hasilnya lebih tahan lama. Namun, sebelum menggunakan lipstik, kamu bisa memberikannya jeda terlebih dahulu selama kurang lebih lima hingga sepuluh menit, supaya nggak meninggalkan kesan berminyak pada bibir.

Lip balm juga tidak hanya digunakan untuk mengaplikasikan lipstik supaya lebih tahan lama, namun juga dapat rutin digunakan sebelum tidur agar bibirmu tampak lebih cerah, sehat, dan lembap.

Gunakan Lip Base

Gunakan Lip Base (pinterest)

 

Sebelum menggunakan lipstik, kamu juga bisa menggunakan lip base terlebih dahulu. Kamu pun bisa menggunakan foundation, bb cream atau concealer sebagi aplikator lip base. Lip base ini berfungsi untuk menetralkan warna bibir sehingga warna lipstik akan tampak lebih cerah dan tidak berubah.

Gunakan Lip Liner

Gunakan Lip Liner (pinterest)

 

Tips selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan lip liner untuk mendapat tampilan lipstik tahan lama. Pilihlah lip liner dengan warna yang match dengan warna lipstikmu. Gunakan lip liner di area garis luar bibir untuk menjiplak garis bibir, kemudin buatlah bayangan bibir kea rah dalam dan isi dengan warna lipstik favoritmu.

Pilih Lipstik yang Matte

Pilih Lipstik yang Matte (pinterest)

 

Saat ini, sudah banyak sekali produk lipstik yang dijual di pasaran dengan tekstur yang matte, karena lipstik dengan tekstur matte lebih tahan lama di bibir dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu, lipstik dengan tekstur matte lebih mudah menempel di bibir, tidak mudah pudar dan pilihan warnanya pun bervariasi.

Namun, ada pula lipstik dengan jenis matte justru bisa membuat kulit bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Nah, sebaiknya kamu lebih bijak memilih produk lipstik yang sesuai dengan kebutuhan bibirmu, ya Ladies?

Manfaatkan Tissue Supaya Tidak Luntur

Manfaatkan Tissu (pinterest)

 

Biasanya, cara sesorang untuk mengaplikasikan lipstik agar hasilnya lebih tahan lama dengan cara menempelkan selembar tissue ke permukaan bibir. Biasanya, cara ini dilakukan pada polesan pertama pemakaian lipstik. Nah, nggak hanya sekali polesan, kamu pun bisa menerapkannya dengan polesan kedua untuk membuat lipstik lebih awet dan hasil akhir yang nggak terlihat ketebalan dan tidak menor.

Ladies, itu dia tips agar lipstik tetap tahan lama seharian. Semoga bermanfat.