Hati-hati, 5 Alasan ini Sebabkan Foundation Kamu Terlihat Cakey

Selasa, 2 Agustus 2022 | 11:30:00

Ghina Nafisah

Penulis : Ghina Nafisah

Hati-Hati, 5 Alasan Ini Sebabkan Foundation Kamu Terlihat Cakey

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Foundation atau bisa disebut dengan alas bedak ini, adalah komponen penting bagi wanita dalam menyempurnakan riasan wajah (makeup). Namun kebanyakan orang lupa, memperhatikan hal-hal ini saat mereka mengaplikasikan foundation ke wajah. Alhasil wajah akan terlihat aneh, karena foundation yang cakey.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa simak 5 alasan berikut yang sebabkan foundation kamu terlihat cakey.

Tidak Persiapkan Wajah

Ilustrasi Memakai Toner. (Special)

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, mempersiapkan kulit kamu sebelum di makeup itu sangat penting. Karena jika kulitmu mengalami dehidrasi akan menjadi kering dan bertekstur, yang mana hal tersebut akan membuat foundationmu cakey.

Mulai sekarang kamu bisa mengaplikasikan skincare ke wajah sebelum memakai makeup. Seperti toner, pelembab hingga primer, agar wajah mu tampak halus dan menyatu dengan makeup.

Tidak Rajin Eksfoliasi

Ilustrasi Perempuan Pakai Toner. (Special)

Alasan selanjutnya yaitu tidak rajin eksfoliasi. Pasalnya jika kamu jarang melakukan hal ini, kulit akan terlihat kusam karena penumpukan sel kulit mati. Alhasil warna foundationmu akan terlihat seperti abu-abu dan cakey.

Kamu bisa menggunakan eksfoliasi sebelum makeup atau dalam rutinitas skincare mu. Cara eksfoliasi pun ada dua cara yaitu secara fisik (physical) dengan memakai scrub dan kimiawi (chemical) menggunakan toner yang mengandung cairan AHA BHA.

Warna yang Tidak Pas

Ilustrasi Makeup. (Special)

Kalau kamu sudah rajin skincare-an namun foundationmu masih terlihat cakey, itu artinya kamu salah dalam memilih shade warna foundation. Selain terlihat cakey, makeupmu juga akan terlihat tidak alami (natural). Untuk menghindari hal tersebut kamu harus tahu dulu tentang warna atau tone kulitmu, apakah warm tone, cool tone, atau netral.

Kemudian barulah pilih warna yang sesuai dengan warna kulitmu. Bahkan kamu tak perlu bingung lagi mencari warna yang cocok, sebab sekarang sudah banyak lho brand makeup yang mengeluarkan foundation dengan berbagai macam varian shade sesuai warna kulit wanita Indonesia.

Makeup Tebal

Ilustrasi Makeup Tebal (BP Guide)

Seringkali kita memakai foundation secara berlebihan dengan memakainya secara banyak dan tebal untuk menutupi maksimal segala kekurangan di wajah. Namun hal tersebut menjadi alasan kuat kenapa foundationmu terlihat cakey.

Dengan menggunakan foundation yang terlalu tebal, membuat wajahmu sulit bernafas dan menimbulkan penimbunan minyak dikulit. Yang mana, minyak tersebut akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Untuk itu, ada baiknya kamu memakai foundation jenis full coverage secara tipis dan dibaurkan ke wajah secara merata. Walaupun dipakai tipis tapi jenis foundation ini sudah mampu menutupi kekurangan di wajahmu.

Atau kamu juga bisa aplikasikan concealer untuk daerah wajahmu yang ingin kamu tutupi, seperti bekas jerawat dan kemerahan.  

Terlalu Banyak Produk

Ilustrasi produk makeup. (Special)

Biasanya saat memakai makeup, kita sering menaruh produk apapun ke wajah kita karena dinilai akan mendapatkan hasil yang bagus dan tertutupi. Dari mulai toner, serum, pelembab, sunscreen, concealer, foundation, bedak dan lainnya.

Kalau kalian seperti hal yang tadi, artinya kebiasaan tersebut perlu kalian hilangkan. Karena cara menumpuk berbagai produk tersebut dapat meningkatkan resiko pengaplikasian produk yang tidak merata dan iritasi pada kulit kamu.

Itulah tadi 5 alasan yang sebabkan foundationmu terlihat cakey, hati-hati ya jangan sampai wajah mu mengalaminya. Mulai sekarang yuk perhatikan cara memakai setiap produk makeup agar kamu terlihat lebih natural. 

s