Bingung Pilih Cushion atau Foundation untuk Daily? Simak 5 Perbedaannya

Rabu, 20 Juli 2022 | 12:15:00

Bingung Pilih Cushion Atau Foundation Untuk Daily? Simak 5 Perbedaannya

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jika ingin berpergian seharian seperti ke kantor maupun ke kampus pilihan makeup harus sesuai agar wajah tidak terlihat kusam. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan makeup yang ringan untuk berpergian seharian akibat sibuknya aktivitas.

Namun, masih banyak wanita belum mengetahui perbedaan dari foundation dan Cushion. Meskipun terlihat hampir sama dan memiliki fungsi sebagai alas bedak, namun perbedaan yang jauh ini bisa membuat makeup kamu berantakan loh!

Tekstur Cushion dan Foundation

Ilustrasi Cushion Terbaik. (Spesial)

Cushion merupakan produk riasan wajah yang berasal dari Korea. Karena praktis dan mudah untuk diaplikasikan, saat ini banyak brand lokal yang mengeluarkan produk ini karena memiliki target pasar yang tinggi.

Cushion memiliki tekstur yang ringan dan praktis untuk kamu gunakan setiap harinya. Selain itu, Cushion juga memiliki manfaat untuk melembabkan wajah dan menyamarkan belang di kulit wajahmu. Meskipun melembabkan, kamu tetap wajib untuk melakukan skin prep atau menggunakan skincare pelembab sebelum kamu aplikasikan makeup pada wajahmu.

Foundation, Alas bedak ini memiliki banyak jenisnya yaitu padat, krim dan cair yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan wajahmu. Tekstur foundation biasanya lebih berat dibanding Cushion. Meskipun berat, kamu akan mendapatkan hasil kulit wajah yang lebih mulus dan noda dapat tersamarkan.

Berdasarkan Tingkat Coverage

Ilustrasi makeup untuk kulit berjerawat. (Special)

Cushion merupakan alas bedak yang ringan, hal ini membuat cushion memiliki coverage medium. Terdapat dua jenis finishing pada cushion yakni matte dan dewy. Kamu dapat memilih hasil akhir makeup yang kamu inginkan. Jika ingin makeup yang medium to full coverage hingga kulit terlihat mulus, kamu bisa gunakan hasil akhir yang matte.

Namun jika ingin makeup terlihat lembab, berkilau atau glowing kamu dapat gunakan hasil akhir dewy. Dewy finish menjadi pilihan untuk yang ingin makeup korean. Biasanya orang korea lebih menyukai dewy finish karena membuat kulit tampak sehat.

Foundation memiliki coverage yang tinggi yang akan membuat noda seperti bruntusan, bekas jerawat dan masalah kulit lainnya dapat tersamarkan secara merata dan membuat kulit terlihat halus.

Packaging antara Cushion dan Foundation

Brand untuk foundation. (Special)

Karena dikenal praktis dan mudah untuk dibawa dan diaplikasikan kapanpun, pada packaging Cushion terdapat cermin, puff dan alas bedak dibawahnya. hal ini akan memudahkan kamu saat mengaplikasikan di luar ruangan. Selain itu bentuknya yang cair dan melembabkan, kamu tak perlu gunakan moisturizer atau setting spray sebelum menggunakan cushion. Hingga saat ini banyak produk lokal yang menawarkan skincare yang terdapat dalam kandungan cushion-nya, seperti merek Hanasui Serum Cushion

Meskipun serba mudah dan gampang digunakan, ternyata cushion memiliki isi produk yang lebih sedikit dari foundation. Karena busa yang menyerap produk biasanya cenderung sedikit. Jika kamu memiliki cushion, kamu harus siapkan uang lebih untuk membeli refill-nya.

sedangkan foundation, kemasannya besar dan isi produk yang banyak. Memiliki kesan high coverage, kamu bisa dengan mudah memudarkan bekas-bekas jerawat dengan double tap foundation

Pemakaian Cushion dan Foundation yang Tepat

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan bedak. (Special)

Jika kamu ingin berpergian sehari-hari seperti ke kantor ataupun kuliah yang membutuhkan aktivitas padat, lebih baik gunakan cushion. Karena ringan dan kamu dapat aplikasikan kapanpun dan mudah dibawa. Kamu dapat mempersingkat waktu makeup dengan menggunkaan cushion karena hanya tap-tap tanpa menggunakan bedak lagi. Hal inilah yang menjadi daya tarik orang korea sering gunakan cushion untuk daily.

Kamu dapat aplikasikan cushion dan concealer jika memiliki masalah bekas jerawat. Karena ini akan membantu kamu menutupi area agar dapat tersamarkan.

Tetapi, jika kamu pergi ke acara penting yang mengharuskan untuk berias tebal. Kamu bisa gunakan foundation, karena memiliki high coverage dan cocok untuk digunakan saat pergi ke acara.

Cara pemakaian

Kaila Beauty Cushion. (Spesial)

Saat mengunakan cushion biasanya sudah terdapat puff dan cermin yang akan memudahkan kamu saat makeup di luar ruangan. Puff ini cenderung akan melembabkan wajahmu saat mengaplikasikan cushion, jadi kamu tidak perlu menggunakan setting spray atau moisturizer.

Sedangkan foundation, kamu bisa gunakan brush atau beauty blender. Diantara keduanya, penggunaan foundation menggunakan brush akan membuat makeup lebih rata, dibanding menggunakan beauty blender yang membuat produk mudah menyerap dan boros.

Kamu juga perlu menggunakan setting spray sebelum mengaplikasikan foundation, karena teksturnya yang padat dan high coverage. Jika tidak kulit kamu akan dehidrasi dan foundation tidak menempel secara merata pada kulit wajah.