6 Tips Menabung Anti Gagal yang Mudah Dilakukan, Coba Yuk!

Kamis, 8 Juni 2023 | 18:09:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Tips Menabung Anti Gagal Yang Mudah Dilakukan, Coba Yuk!

Ilustrasi menabung. (Special)

Ladiestory.id - Sudah berpenghasilan dan ingin berusaha untuk menabung agar bisa mencapai target-target impian dari hasil jerih payah selama bekerja membuat banyak orang tertantang untuk bekerja lebih keras dan menabung pundi-pundi penghasilan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Namun, perjuangan untuk menabung memang tak mudah dilakukan, bagi seseorang yang boros atau memiliki pendapatan yang tidak besar setiap bulannya tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bahkan tak jarang banyak yang gagal untuk menabung karena ada saja cobaan yang datang.

Nah, untuk mensiasati hal tersebut kamu pun bisa melakukan enam  tips menabung anti gagal yang telah Ladiestory.id rangkum seperti berikut ini. Simak yuk!  

Buat Rencana Tujuan Tabungan

Ilustrasi menabung. (Special)

 

Ladies, tips pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai menabung ialah membuat rencana tujuan menabung. Kamu bisa menentukan rencana apa saja yang ingin kamu prioritaskan serta jangka waktu menabung dan besar nominal uang yang akan kamu tabung setiap bulannya. Selain itu, kamu bisa memulai kapan waktu menabungmu, misalnya setiap bulan setelah gajian atau metode mingguan.

Dahulukan Keuangan untuk Ditabung

Buat Tabungan Khusus. (Special)

 

Jika selama ini kamu selalu menunggu gaji bulanan tersisa untuk ditabung, maka sebaiknya kamu dapat memperbaiki cara ini. Ketika gajian, sisihkan sejumlah uang untuk ditabung dan gunakan sisanya untuk kebutuhan bulanan. Biasakan untuk tidak mengambil uang dari tabungan supaya dapat menghindarkanmu dari gagal menabung , cara ini pun efektif dilakukan walaupun gajimu pas-pasan.

Membuat Kategori Tabungan

Ilustrasi pos pengeluaran. (Special)

 

Ladies, saat mulai memiliki penghasilan dan ingin menabung kamu juga bisa membuat kategori masing-masing setiap tabungan. Misalnya tabungan khusus untuk simpanan jangka panjang, tabungan darurat atau tabungan untuk hiburan yang nantinya tidak kamu campur menjadi satu dan bisa fokus membagian setiap uang kedalam kategori tabungan masing-masing.

Gunakan Sistem Otomatis

Ilustrasi menabung. (Special)

 

Apabila kamu masih gagal menabung, maka kamu bisa mencoba menggunakan sistem otomatis menabung, dimana setiap bulannya uangmu akan langsung dipotong dan dimasukkan kedalam rekening tabungan. Kamu pun bisa memilih jangka waktu menabung, mulai dari satu tahun hingga puluhan tahun. Supaya rencana menabungmu anti gagal dan tidak diambil sebelum waktunya, kamu bisa memilih jenis tabungan otomatis yang tidak bisa diambil, dengan begitu uang tabunganmu tidak akan terganggu dan aman hingga kemudian hari.

Gunakan Metode Menabung Suka-suka atau Challenge

Ilustrasi menabung. (Special)

 

Ladies, bagi kamu yang memiliki kesuliatan untuk menabung walaupun sedikit untuk disimpan, kamu bisa menggunakan metode menabung yang mudah dan simpel. Metode menabung ini pun terlihat sangat seru dan asyik untuk dilakukan. Apabila kamu berhasil melakukannya maka kamu pun akan ketagihan untuk menabung, lho. Yup, kamu bisa menggunakan metode menabung suka-suka atau challenge.

Konsep menabung yang satu ini pun beragam, kamu bisa menabung menggunakan celengan tabungan target dengan jumlah nomilan yang ingin kamu tabung, menabung koin atau receh dari kembalian belanja dan dimasukkan kedalam wadah toples atau celengan, menabung sesuai urutan tanggal setiap bulannya, hingga menabung dengan nominal kecil misalnya the power of lima ribu, sepuluh ribu hingga dua puluh ribu.

Disiplin dan Miliki Strategi Menabung

Ilustrasi menabung. (Special)

 

Agar menabungmu tidak gagal melulu, tentunya kamu harus memiliki niat terlebih dahulu kemudian bisa mendisiplinkan diri untuk terus menabung sesuai waktu yang telah kamu tentukan. Jangan lupa buat strategi menabung agar kamu tidak gagal melakukannya.