6 Tips Merawat Tas dari Kulit, Biar Tidak Jamuran dan Awet

Rabu, 7 Juli 2021 | 15:02:28

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

6 Tips Merawat Tas Dari Kulit, Biar Tidak Jamuran Dan Awet

Foto: Ladiestory.id

Menginginkan dan memiliki suatu barang tidak cukup dengan membelinya saja, kita juga harus bisa merawatnya dengan baik.

Terlebih barang yang kita miliki itu tergolong barang yang istimewa dan berkualitas seperti tas kulit.

Anda harus benar-benar merawatnya dengan baik dan benar, simak tips merawat tas dari kulit biar tidak jamuran dibawah ini.

Tips Merawat tas dari Kulit, Biar Tidak Jamuran

Untuk merawat tas kulit tidaklah sulit asalkan Anda telaten dan rajin melakukan, berikut tips merawat tas kulit agar tidak berjamur dan awet.

1. Simpan Tas dalam Tempat yang Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Foto: Ladiestory.id

Satu hal yang paling penting dalam merawat tas kulit adalah mengenai cara penyimpanannya.

Simpanlah tas di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena jamur akan tumbuh jika berada di tempat lembab dan tertutup.

Oleh sebab itu, tempat menyimpan tas pun menjadi poin utama yang penting jika ingin tas kulit Anda tetap awet dan bebas dari jamur.

2. Rajin Keluarkan Isi Tas dan Bersihkan Bagian Dalamnya

Foto: Ladiestory.id

Seringkali kita memasukkan bermacam-macam barang ke dalam tas. Tak hanya dompet, ponsel, atau buku, namun terkadang kita pernah juga memasukkan makanan atau bungkus plastik. 

Benda-benda seperti ini bila dibiarkan dalam waktu yang lama maka akan membuat tas kotor dan pastinya rentan jamur. Karena itu rajinlah mengeluarkan isi tas dan membersihkan bagian dalamnya,  agar tas bebas dari jamur dan tidak mengalami kerusakan.

3. Beri Lotion Anti Jamur

Rajin membersihkannya saja belum cukup, Anda juga harus memberinya lotion anti jamur.

Lotion anti jamur dapat diberikan setelah proses pembersihan selesai dilakukan. Hal ini juga perlu dilakukan setelah menggantung tas di luar atau setelah menjemurnya.

Barulah setelah itu simpan tas di tempat penyimpanan tas dengan suhu yang sudah diperhatikan

4. Gunakan Silica Gel (Penyerap Kelembaban)

Selain menyimpan tas di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik, hal lainnya yang tak kalah pentingnya dalam cara perawatan tas kulit adalah membiarkan tas diletakan di luar ruang penyimpanan.

Gantunglah tas di luar ruangan dalam beberapa jam saat siang hari untuk menjaga tas tetap kering.

Usahakan saat tas digantung di luar tidak langsung terkena sinar matahari agar tidak terkelupas.

Setelah itu, simpan tas kembali dalam bag kain lalu beri silica gel untuk menjaga kelembabannya agar tas terbebas dari jamur.

5. Hindarkan dari Sinar Matahari

Sudah pasti tas kulit harus dihindarkan dari sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat membuat warna tas kulit pudar. Bahkan, tekstur pada tas kulit juga dapat mudah retak.

Begitu pula saat tas basah ataupun lembab, jangan sekali -kali menjemur dibawah sinar matahari. Jika basah, tepuk-tepuk tas dengan handuk agar lebih cepat kering. 

6. Segera Kering Tas Bila Basah

Foto: Instagram/tas_rajutyogya

Bila tas basah karena hujan atau terkena tumpahan air, maka segera keringkan. Salah satu cara merawat tas kulit  agar tidak jamuran ini wajib dilakukan.

Untuk mengeringkannya bisa dengan menggunakan lap kain kering. Hindari memakai kertas tisu karena hal itu dapat membuat kertas tisu menempel pada tas.

Lap tas sesuai alur serat bahan tas kulit. Selain dengan lap kain bisa juga menggunakan handuk caranya dengan ditepuk-tepuk.

Membersihkan dan mengeringkan tas dengan ditepuk lebih aman daripada mengusapnya. Hal ini karena mengusap bisa berpengaruh pada serat tas kulit.

Sementara itu, untuk membersihkan noda yang sulit dibersihkan seperti minyak, jangan menggunakan air, karena justru akan membuat tas kulit mudah terkelupas.

Nah, itulah 6 tips merawat tas kulit biar tidak jamuran dan awet, mudah bukan? Semoga bermanfaat.