7 Buah Yang Mampu Turunkan Berat Badan, Wujudkan Tubuh Ideal

Thursday, 15 Jul | 12:36:37

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

7 Buah Yang Mampu Turunkan Berat Badan, Wujudkan Tubuh Ideal

Foto: Website/tribun.com

Tubuh ideal seringkali menjadi impian beberapa orang. Rutin mengonsumsi buah menjadi salah satu caranya menjaga berat badan.

Perbanyak buah dan sayur memang mampu menjaga keseimbangan tubuh ideal. Tapi, kedua makan ini juga dapat dijadikan sebagai kunci pola hidup sehat.

Foto: Website/ceritasihat

Buah-buahan dipercaya mengandung vitamin, serat dan nutrisi dan biasanya rendah kalori. Itulah alasan buah sering dijadikan pilihan cemilan sehat yang mampu membantu serta menurunkan berat badan.

Rekomendasi Buah untuk Menurunkan Berat Badan

  1. Apel

    Buah yang kaya dengan polimer flavonoid ini memiliki serat sehingga dijadikan sebagai buah terbaik dalam penurunan berat badan. Satu apel berarti satu porsi. Ketika makan apel dianjurkan untuk bersama kulitnya karena akan lebih banyak serat, antioksidan dan mengontrol gula darah secara lebih baik.
  2. Pir

    Pir memiliki kandungan yang sama dengan apel. Manfaat pir juga untuk mencegah penambahan berat badan. Memakan buah pir disaranakan bersama kulitnya untuk manfaat yang lebih maksimal.
  3. Markisa

    Buah dengan kulit luar yang keras berwarna ungu atau kuning memiliki massa biji dan daging yang dapat dimakan. Markisa mengandung 17 kalori, sumber serat, vitamin c, vitamin A, zat besi dan kaya akan kalium.

Markisa mengandung banyak serat sehingga memperlambat pencernaan, membuat lebih kenyang serta mampu mengendalikan nafsu makan. Markisa lebih baik dikonsumsi secara utuh jika untuk menurunkan berat badan.

Foto: Website/yesdok.com
  1. Kiwi

    Kiwi adalah buah yang padat dengan nutrisi. Buah ini mengandung vitamin C, vitamin E, folat serta serat yang baik dan bermanfaat pada kesehatan. Kiwi berbentuk kecil berwarna cokelat dengan daging hijau cerah atau kuning bersama dengan biji hitam kecil.

Kiwi bermanfaat untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kolesterol, menjaga kesehatan usus dan memiliki manfaat dalam penurunan berat badan. Meskipun mengandung gula, ia dilepaskan lebih lambat sehingga lonjakan gula darahnya lebih kecil.

  1. Melon

    Buah dengan kandungan kalori rendah serta air yang tinggi membuat melon mampu menurunkan berat badan. Selain itu, melon memiliki kandungan kaya akan serat, kalium serta antioksidan.
  2. Jeruk

    Jeruk dibedakan menjadi berbagai jenis, namun mereka memiliki manfaat dan kandungan yang hampir sama. Jeruk adalah buah yang rendah kalori serta kaya akan vitamin C dan serat.

    Foto: website/sunflowords

Keunikan dari buah jeruk adalah berguna dalam faktor pendukung program diet, karena mudah mengenyangkan perut. Mengonsumsi buah jeruk diusahakan secara utuh dibandingkan hanya minum sari buah karena menghasilkan lebih sedikit rasa lapar dan asupan kalori.

  1. Pisang

    Buah yang mudah dikonsumsi dan diperoleh. Namun seringkali, pisang memiliki persepsi yang keliru.

Beberapa orang menganggap pisang kaya akan kandungan gula dan kalori yang tinggi. Selain itu, pisang biasanya lebih padat kalori dibanding buah lainnya.

Pisang memilki kandungan nutrisi yang padat, memasok kalium, magnesium, mangan, serat dan banyak antioksidan.

Vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Namun pisang jadi buah yang rendah nilai Gl sehingga dapat mengontrol kadar insulin dan berat badan, khususnya untuk penderita diabetes.

Berita Terkait