1. Health
  2. 7 Cara Cegah Penyakit Jantung Bagi Wanita
Health

7 Cara Cegah Penyakit Jantung Bagi Wanita

7 Cara Cegah Penyakit Jantung Bagi Wanita

Ilustrasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Penelitian mengungkapkan bahwa wanita lebih rentan terkena penyakit jantung dibandingkan dengan laki-laki. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan ada satu dari lima wanita di Amerika Serikat yang meninggal dunia karena penyakit jantung. 

Sebagai seorang wanita, alangkah lebih baik mengambil tindakan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut 7 tips untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Ketahui Faktor Risiko

Ilustrasi Cek Kesehatan. (Freepik.com)

 

Sembilan dari sepuluh wanita setidaknya memiliki satu faktor risiko yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Faktor risiko itu meliputi tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, merokok, dan riwayat keluarga yang memiliki penyakit jantung prematur.

Jangan pernah takut untuk melakukan pemeriksaan gula darah, tekanan darah, dan kolesterol untuk bisa segera mengurangi risiko penyakit jantung.

Jaga Kondisi Kesehatan

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Menjaga kondisi kesehatan sangatlah penting bagi seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu. Hal ini bisa dilakukan dengan rutin berolahraga, serta mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh yang bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan bergizi seimbang.

Kenali Gejalanya

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Gejala penyakit jantung pada wanita pada umumnya meliputi rasa sakit atau sesak di dada, lengan, leher, rahang, punggung, perut, sesak napas, mual/muntah, sakit kepala ringan, kelelahan yang ekstrem, serta munculnya keringat dingin.

Jika mengalami gejala tersebut, segeralah datangi layanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Aktivitas Fisik

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Lakukanlah aktivitas fisik secara teratur, dan jaga berat badan. Tak perlu lakukan olahraga berat, cukup dimulai dengan jalan kaki dan workout yang bisa dilakukan di rumah.

Makan Makanan Sehat

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Mulailah membiasakan diri dengan makan makanan yang menyehatkan bagi jantung seperti buah, sayur, dan biji-bijian, dan membatasi jumlah lemak jenuh serta gula tambahan.

Untuk mengetahui komprehensif kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan tubuh, bisa dilakukan dengan berkonsultasi ke ahli nutrisi.

Batasi Penggunaan Aspirin

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Obat aspirin dipercaya bisa menurunkan risiko serangan jantung. Penggunaan aspirin yang berlebihan tentunya akan menimbulkan efek tidak baik. Untuk itu, diperlukan anjuran dan resep dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut. 

Berhenti Merokok

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Saat bernapas, paru-paru akan mengambil oksigen dan mengirimkannya ke jantung dan memompa darah ke seluruh tubuh. Namun, saat merokok, darah yang dikirimkan oleh jantung akan terkontaminasi bahan kimia dari asap rokok tersebut.

Untuk itu, sebisa mungkin berusahalah berhenti merokok demi menjaga kesehatan jantung.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel