7 Kebiasan Buruk yang Sebabkan Kulit Wajah Semakin Berminyak, Hindari Yuk!

Senin, 17 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

7 Kebiasan Buruk Yang Sebabkan Kulit Wajah Semakin Berminyak, Hindari Yuk!

Kulit wajah berminyak. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu masalah kulit lainnya yang sering muncul adalah masalah kulit berminyak. Tentunya, kulit wajah yang berminyak membuat penampilan menjadi kurang percaya diri hingga membuat tampil wajah semakin mengkilap bahkan kusam.

Tahukah kamu jika 7 kebiasaan buruk ini bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kulit berminyak? Simak artikelnya berikut ini, yuk!

Sering Mencuci Wajah

Ilustrasi mencuci wajah. (Special)

 

Mencuci wajah ketika sebelum beraktivitas hingga setelah beraktivitas memang sangat baik dilakukan. Hal ini bertujuan untuk membuat rona wajah bersih, sehat, cerah, serta terhindar dari kotoran dan polusi setelah beraktivitas. Namun, di balik kebiasaan baik ini, juga bisa mengakibatkan munculnya masalah kulit berminyak , lho! Yup, mencuci wajah terlalu berlebihan dan terlalu sering membuat kulit wajah semakin berminyak. Hal ini menjadi penyebab kulit wajah akan semakin kehilangan minyak alaminya, bahkan kulit wajah mampu memproduksi lebih banyak minyak di wajah akibat mencuci wajah terlalu sering.

Sering Menyentuh Kulit Wajah

Ilustrasi menyentuh kulit wajah. (Special)

 

Ladies, coba perhatikan kembali tanganmu sebelum menyentuh kulit wajah. Apakah tanganmu sudah bersih? Nah, sering menyentuh wajah juga bisa membuat kulit semakin berminyak. Bakteri dan kotoran pada tangan dapat masuk ke kulit wajah akibat sentuhan yang dilakukan, sehingga bisa menyebabkan timbulnya jerawat hingga iritasi kulit.

Tidak Menggunakan 

Pelembab untuk wajah. (Special)

 

 

Tidak menggunakan moisturizer juga akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Pelembap atau moisturizer ini dapat membantu melembapkan kulit wajah sehingga dapat membantu mengurangi minyak yang berlebih.

Tidur Menggunakan Make up

Tidur menggunakan make up. (Special)

 

Menjalani padatnya aktivitas terkadang membuat seseorang menjadi lupa diri untuk membersihkan make up di wajah. Alhasil, mereka yang terlalu lelah akan membuat seseorang ketiduran dengan kodisi make up yang masih banyak menempel di wajah. Jelas hal buruk ini akan menyebabkan kondisi wajah menjadi sensitif dan berminyak. Sebaiknya, hindari kebiasaan buruk ini dan biasakan untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur ya, Ladies!

Produk Kecantikan yang Tidak Tepat

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

 

Salah memilih produk kecantikan atau skincare juga bisa berdampak fatal bagi kulit, lho! Diantaranya kulit menjadi sensitif, berjerawat, berminyak, bahkan breakout. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila kamu mengetahui jenis dan masalah kulitmu, ya Ladies! Pastikan kamu juga menggunakan kandungan produk perawatan kulit yang tepat agar tidak meninggalkan residu minyak berlebih pada wajah.

Mengonsumsi Gula Berlebih

Ilustrasi minuman gula. (Special)

 

Kebiasaan lainnya yang dapat membuat kondisi kulit wajah menjadi berminyak adalah terlalu banyak mengonsumsi gula. Mengonsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan produksi androgen pada tubuh sehingga menimbulkan minyak berlebih di kulit. Nah, coba perhatikan kembali dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Kamu juga bisa mengurangi penggunaan gula lebih sedikit atau kurang dari biasanya agar tidak berpengaruh pada kesehatan kulitmu ya, Ladies!

Kurang Terhidrasi

Ilustrasi kulit kering. (Special)

 

Kulit juga perlu asupan hidrasi agar tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Kulit yang kurang terhidrasi pun dapat menyebabkan masalah kulit. Salah satunya, kondisi kulit yang sangat kering atau timbulnya jumlah minyak yang berlebih. Ketika kondisi kulit mulai mengering, maka kelenjar minyak akan memproduksi jumlah yang banyak dan tentunya akan mempngaruhi kondisi kulitmu. Nah, pastikan jika kamu telah memenuhi asupan air yang cukup agar kulit cantikmu tetap terhidrasi, ya!

Itulah 7 kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan kondisi kulit menjadi semakin berminyak. Selain kebiasaan buruk tersebut, kondisi kulit yang berminyak juga dapat dipengruhi oleh faktor usia, genetik atau adaya perubahan hormon pada tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat!