7 Makanan Khas Idulfitri, Mana Favoritmu?

Sabtu, 22 April 2023 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

7 Makanan Khas Idulfitri, Mana Favoritmu?

7 Makanan Khas Idulfitri. (Special)

Ladiestory.id - Idulfitri identik dengan agenda makan-makan setelah berpuasa satu bulan lamanya. Biasanya, di momen Idulfitri setiap orang menyiapkan sejumlah menu makanan khas Idulfitri seperti ketupat, rendang, opor ayam, dan sebagainya.

Ketupat

Ketupat. (Special)

 

Yang paling utama ada saat perayaan Idulfitri adalah ketupat, momen Idulfitri menjadi kurang lengkap tanpa adanya ketupat di meja makan. Ketupat merupakan makanan berbahan dasar beras yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa. 

Pada momen idulfitri, ketupat biasanya dijadikan makanan pengganti nasi yang dimakan dengan menu idulfitri lain yang tak kalah lezat.

Opor Ayam

Opor Ayam. (Special)

 

Makan ketupat tak lengkap rasanya tanpa adanya menu pelengkap. Opor ayam bisa jadi salah satu menu pelengkap untuk kamu santap di hari idulfitri. Dibuat dari daging ayam yang direbus dalam kuah santan, opor ayam menjadi salah satu makanan berkuah yang paling ditunggu-tunggu saat idulfitri.

Rendang

Rendang. (Special)

 

Bosan makan ayam? Salah satu makanan khas Padang ini bisa kamu pilih jadi menu pelengkap saat makan ketupat. Makanan yang sudah mendunia ini juga biasa disajikan di momen idulfitri .

Dibuat dari daging sapi atau kerbau yang diolah dengan beragam bumbu rempah, menjadikan rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah. Namun, rasa yang paling dominan adalah asin, gurih, dan manis.

Semur Daging

Semur Daging. (Special)

 

Olahan daging lainnya yang sering ditemukan di momen idulfitri adalah semur daging. Daging sapi akan direbus dan diolah dengan kuah kecoklatan yang berasal dari kecap, bawang merah serta bawang putih.

Sayur Labu Siam

Sayur Labu Siam. (Special)

 

Makan daging tak lengkap rasanya tanpa ada sayur sebagai pelengkap. Sayur labu siam menjadi salah satu sayur yang paling banyak ditemukan di meja makan di momen idulfitri.

Labu siam diolah dengan santan dan sejumlah bumbu dapur yakni ketumbar, kemiri, bawang, dan garam. Sayur labu siam biasa dihidangkan bersamaan dengan menu pelengkap lainnya seperti opor ayam, rendang, atau semur daging.

Sayur Pepaya

Sayur Pepaya. (Special)

 

Menu sayur berikutnya yang biasa disajikan saat idulfitri yaitu sayur pepaya. Pepaya muda diolah dan diberi kuah santan merah. Hampir sama dengan sayur labu siam, sayur pepaya memiliki tekstur potongan sayur yang lembut dengan perpaduan bumbu kuah merah yang khas.

Sambal Goreng Kentang

Sambal Goreng Kentang. (Special)

 

Makanan khas idulfitri berikutnya yaitu sambal goreng kentang. Menu ini bisa dijadikan pelengkap untuk menambah kenikmatan ketupat, daging dan sayur yang disantap di hari idulfitri.

Nah, di antara ketujuh makanan khas Idulfitri tersebut, mana yang jadi favoritmu?