7 Tahapan Skin Care Routine Korea untuk Pagi Hari yang Perlu Kamu Tahu!

Minggu, 5 Januari 2020 | 13:01:01

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

7 Tahapan Skin Care Routine Korea Untuk Pagi Hari Yang Perlu Kamu Tahu!

Skin care routine ala orang Korea masih akan menjadi rutinitas yang hits di tahun ini, Ladies. Bagaimana tidak, rutinitas menggunakan serangkaian produk skin care ini terbukti ampuh membuat wajahmu terlihat lebih bersih, sehat, dan terhidrasi dengan baik. Meskipun kegiatan ini bisa membuat kantong siapapun jebol sebab harus membeli serangkaian produk skin care yang sering kali tak murah harganya, nyatanya skin care routine ala Korea ini masih punya banyak penggemar di Indonesia. Bahkan ada juga yang sempat mencoba beberapa produk untuk dikombinasikan dengan produk yang lain, hingga produk itu dirasa cocok dan tepat untuk mengatasi masalah pada kulit wajahnya. Sebab, kegiatan merawat kulit wajah ini memang kerap dianggap sebagai investasi jangka panjang karena bisa menjaga kekenyalan dan kehalusan kulit sampai usiamu sudah tak muda lagi. Lantas, apa saja sih tahapan skin care routine korea untuk pagi hari? Berikut ulasannya!

1. Cuci wajahmu dengan air bersih saja, atau gunakan pembersih yang lembut

Cuci wajahmu dengan air bersih saja, atau gunakan pembersih yang lembut
sumber: sociolla.com

Karena di malam hari kamu sudah melakukan skin care routine sebelum beranjak ke tempat tidur, tentu wajahmu sudah terbebas dari produk makeup yang kamu kenakan sebelumnya. Jadi, sebenarnya kamu tak perlu mencuci wajahmu dengan sabun pembersih lagi di pagi harinya, Ladies. Kamu bisa mencuci wajahmu hanya dengan air bersih yang mengalir. Sebab, air bisa membersihkan kotoran yang mengendap di wajah dan menjaga kulitmu tetap terhidrasi. Tapi, jika kamu merasa cuci muka dengan air saja tidak ampuh, kamu bisa menggunakan face wash yang teksturnya gentle.

2. Aplikasikan toner

Aplikasikan Toner
sumber: sociolla.com

Untuk membuat kulit terhidrasi dengan baik, kamu harus menggunakan toner. Selain bisa melembapkan wajah, toner juga bisa membuat kulit tidak terasa kering lagi dan dapat menyeimbangkan pH kulit wajahmu secara lebih cepat, Ladies. Namun, kamu harus memilih toner yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Misalnya saja, toner dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) bisa membantu memperbaiki kolagen dan menjaga kelembapan kulit, sehingga lebih sering digunakan untuk pemilik wajah kering. Sementara, toner dengan kandungan Beta Hydroxy Acid (BHA) lebih banyak berperan untuk mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak, sehingga sering digunakan oleh si pemilik kulit berminyak. Tapi, ada juga toner yang memiliki kandungan keduanya untuk mengatasi masalah jerawat.

3. Gunakan essence

Gunakan essence
sumber: sociolla.com

Supaya fungsi toner terasa lebih maksimal di kulit wajah, kamu perlu menyempurnakannya dengan menggunakan essence. Sebab, essence membantu mencerahkan, mengencangkan, dan menenangkan kulit wajahmu, Ladies. Jika kamu berhasil menemukan perpaduan produk toner dan essence yang tepat, kamu akan mendapatkan tampilan wajah yang terkesan lebih sehat dan kenyal. Maka, pilihlah essence yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E untuk melawan produksi jerawat, kulit yang kusam, dan kulit yang terlalu sensitif.

4. Aplikasikan ampoule atau serum

Aplikasikan ampoule atau serum
sumber: sociolla.com

Fungsi ampoule dan serum itu sebenarnya hampir mirip, Ladies. Keduanya mengandung bahan aktif yang bahkan lebih tinggi, dan digunakan khusus untuk mengatasi suatu masalah tertentu. Misalnya saja, serum vitamin C digunakan untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit wajah, atau menggunakan ampoule atau serum anti-aging untuk mengurangi tanda penuaan dini pada wajah. Sehingga, kamu bisa memilih menggunakan ampoule atau serum setelah mengaplikasikan essence yang tentunya bisa menambah manfaat pada kulit wajahmu.

5. Gunakan eye cream

Gunakan eye cream
sumber: sociolla.com

Area lingkaran luar pada mata merupakan bagian kulit yang paling sedikit memproduksi minyak, sebab bagian itu tidak memiliki kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak alami. Maka kamu perlu memberi perhatian ekstra dengan mengaplikasikan eye cream di sekitar lingkaran luar matamu, Ladies. Karena area mata itu sensitif, maka ratakan eye cream menggunakan jari manis, sebab jari manis memiliki tekanan yang paling rendah atau paling lemah dibanding keempat jari tangan lainnya. Lakukan gerakan memutar dari sudut dalam mata menuju keluar hingga sampai lagi ke sudut dalam mata bagian atas.

6. Aplikasikan moisturizer

Aplikasikan moisturizer
sumber: sociolla.com

Agar kulit wajahmu tetap terhidrasi sepanjang hari, kamu harus menggunakan moisturizer untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajahmu, Ladies. Namun, kamu harus pintar-pintar ketika memilih moisturizer supaya wajahmu tidak terasa berat, terlebih ketika kamu akan mengenakan produk makeup setelahnya. Nah, pilihlah moisturizer yang bertekstur ringan seperti gel, agar mudah meresap ke dalam kulit wajah dan terasa ringan. Supaya wajahmu tidak terasa kering, kamu tidak boleh melewatkan tahapan yang satu ini, ya!

7. Jangan lupakan sunscreen

Jangan lupakan sunscreen
sumber: sociolla.com

Tahap terakhir yang mesti kamu lakukan adalah mengaplikasikan sunscreen ke seluruh wajah dan leher, agar kulitmu terlindungi dari sinar UVA dan UVB yang bisa merusak kulitmu. Pilihlah sunscreen yang bertekstur ringan seperti gel agar tidak membuat wajahmu terasa berat pula, Ladies. Jangan lupa carilah sunscreen yang mengandung SPF tinggi, ya! Supaya wajahmu aman dan terlindungi dari efek buruk sinar matahari langsung.

Nah, itulah ketujuh tahapan skin care routine Korea yang bisa kamu terapkan, supaya wajahmu terlihat lebih sehat, cerah, dan kenyal sepanjang masa!

sumber foto cover: dramabeans.com