7 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Selasa, 13 Oktober 2020 | 16:47:57

LS Health

Penulis : LS Health

7 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Buat para wanita yang pernah melahirkan pasti tahu kan tipikal obrolan perempuan tentang cara terbaik menurunkan berat badan setelah melahirkan itu apa saja? Rasanya persalinan baru saja selesai eh langsung kepikiran bagaimana caranya menyingkirkan lemak di tubuh. Bingung rasanya ketika tubuh masih terlihat seperti hamil padahal sudah melahirkan. Apalagi, kita hidup di budaya yang melanggengkan langsing setelah melahirkan.

Jangan terlalu keras pada diri sendiri yaa, ladies. Bikinlah tujuan yang realistis, serta jujur terhadap motivasi kita untuk menurunkan baby weight. You are more than your body, Ibu juga pastinya ingin menjadi versi terbaik diri Ibu dan bisa menjadi contoh bagi si kecil.

Berikut 7 Tips Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Konsumsilah superfood

Ingatlah bahwa pasca melahirkan, kamu masih harus menyusui si kecil. Oleh sebab itu, tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang melimpah. Karenanya, konsumsilah sumber protein seperti daging, ayam, hingga kacang-kacangan. Selain itu, perbanyak juga asupan sumber kalsium seperti susu, yogurt, atau keju. Terakhir, rutinlah makan superfood seperti salmon misalnya, mengingat kandungan DHA dan asam lemak omega 4-nya sangat baik untuk buah hati.

Bijak dalam memilih jenis camilannya

Tak ada salahnya bila ingin ngemil selagi menyusui. Yang penting, pastikan bahwa jenis camilannya baik dan rendah kalori, seperti buah segar, sereal tanpa gula tambahan, atau kacang-kacangan. Sebaliknya, hindari mengudap keripik atau makanan tinggi kalori lainnya bila ingin segera menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Cukup tidur

Mungkin tidak mudah untuk mempraktekkan tips ini. Akan tetapi hasil penelitian menunjukkan ibu yang kurang tidur (tidak  lebih dari 5 jam per harinya) berisiko tinggi mengalami kenaikan berat badan dibanding yang cukup tidur (7 jam setiap harinya). Karenanya, aturlah jam tidur buah hati dan lakukan berbagai cara untuk menjaga mereka agar tetap terlelap, misalnya dengan memandikannya menggunakan air hangat, menyanyi, atau membacakan cerita. Lakukan rutin supaya si kecil terbiasa dengan pola tidur yang ada, dan kamu juga dapat cukup tidur setiap harinya.

Makan lebih sering

Sama seperti cara menurunkan berat badan tanpa diet, perempuan yang baru melahirkan juga diimbau makan lebih sering jika ingin cepat langsing. Makan lebih sering mencegah kamu makan berlebihan sekaligus mempercepat proses pembakaran kalori. Pola ini juga membuat kamu lebih aware dengan jenis makanan yang masuk dalam tubuh sehingga kamu tidak makan sembarangan.

Mulai berolahraga

Kombinasikan diet makanan bernutrisi dengan olahraga. Sebuah analisis dari 12 penelitian menyebutkan jika orang yang mengombinasikan diet dengan olahraga dapat menurunkan 1,72 kg lebih banyak berat badan daripada yang hanya diet saja.

Olahraga yang dapat dilakukan antara lain olahraga kardio aerobik seperti jogging, jalan santai, atau bersepeda. Selain itu olahraga yang fokus pada perut dan panggul juga bisa mulai dilakukan.

Minum air yang cukup

Air menjaga tubuh tetap terhidrasi, meredam rasa lapar, dan meningkatkan metabolisme. Air juga penting bagi ibu menyusui karena tubuh akan mengeluarkan air berlebih saat menyusui. 1-2 liter adalah jumlah ideal untuk dikonsumsi. 

Sabar

Butuh proses, waktu, dan juga kesabaran bila ingin kembali ke berat badan semula seperti sebelum hamil dulu. Untuk itu, hindari menetapkan target turun berat badan yang tidak masuk akal seperti lebih dari 2 kg setiap minggunya.

Meski terdengar mustahil, namun kekurangan tidur terbukti dapat menyulitkan kamu untuk mengurangi baby weight dalam tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ibu yang tidur kurang dari 5 jam dalam semalam cenderung mempertahankan berat berlebih saat hamil daripada mereka yang tidur selama 7 jam.  Ketika lelah, tubuh melepas hormon kortisol dan hormon stres lainnya yang justru dapat meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu, sempatkan diri untuk tidur selagi bisa ya.

Sumber Foto Utama: Freepik.com