7 Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Bau Dan Bersih, Mudah Dilakukan!

Selasa, 10 Agustus 2021 | 06:58:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

7 Tips Merawat Sepatu Agar Tidak Bau Dan Bersih, Mudah Dilakukan!

Foto : Ladiestory.id

Sepatu yang dipakai setiap hari tentunya akan meninggalkan bau dan tak jarang juga sepatu bisa terkena noda atau kotoran. Karena itu perlu dilakukan perawatan agar tetap bersih dan wangi. Berikut tips merawat sepatu agar tidak bau dan bersihLakukan tips berikut agar sepatu selalu bersih dan tidak bau:

1. Simpan Sepatu di Rak Terbuka

Bila setiap hari kamu mengenakan sepatu yang sama, sebaiknya setelah dipakai letakan sepatu di rak terbuka. Hal ini agar bagian dalam sepatu tidak lembab dan dapat mengalami pergantian udara dengan optimal. Sehingga sepatu pun tidak ditumbuhi jamur yang membuat bau tak sedap.

2. Jangan Menumpuk Sepatu 

Foto: Ladiestory.id

Sebagian orang menyimpan sepatu dengan cara ditumpuk untuk menghemat ruang. Padahal hal itu justru dapat menimbulkan perubahan bentuk pada sepatu. Dan dapat membuat sepatu tidak nyaman lagi saat dikenakan. 

Sebaiknya simpanlah sepatu dengan cara menyusunnya secara rapi dan bersebelahan, jangan menumpuknya.

3. Jangan Simpan Sepatu dalam Keadaan Basah

Sepatu yang basah mudah sekali ditumbuhi jamur dan pastinya bau tak sedap. Oleh sebab itu, jangan pernah langsung meletakkannya ke dalam kotak atau rak dalam keadaan basah.

Keringkan sepatu terlebih dahulu, seperti mengangin - anginkan diluar  atau menggunakan hair dryer. Setelah itu baru diletakan di rak sepatu atau kotaknya. Itulah salah satu cara merawat sepatu agar tidak bau.

4. Rutin Membersihkan Bagian Dalam Sepatu

Foto : Ladiestory.id

Jika telapak kaki kamu mudah berkeringat, maka usahakan untuk selalu rutin membersihkan bagian dalam sepatu setelah kamu memakainya. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan bedak anti jamur, alkohol, atau tea tree oil. 

Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan kaos kaki agar sepatu terlindung dari keringat. Karena, keringat yang dikeluarkan dari kaki dapat menyebabkan tumbuhnya jamur dan mengikis sol bagian dalam sepatu.

5. Segera Bersihkan Sepatu Bila Terkena Noda

Cara membersihkan sepatu agar tidak bau dan selalu tampak bersih adalah dengan segera membersihkannya saat terkena noda atau kotoran. Karena sepatu yang kotor dapat mengurangi penampilan. Selain mengganggu penampilan, noda pada sepatu juga bisa membuat sepatu menjadi tidak awet.

Noda yang menumpuk juga akan membuat sepatu terlihat kusam. Supaya  sepatu tetap terlihat bersih, kamu bisa lakukan cara berikut untuk membersihkannya:

  • Bersihkan sisi bagian luar sepatu dengan menepukkan kedua sol sepatu
  • Gunakan sikat gigi bekas yang memiliki ujung bulu yang lembut
  • Gunakan deterjen secukupnya untuk membantu menghilangkan noda atau kotoran  yang menempel pada sepatu
  • Gunakan lap serta air hangat untuk membersihkan dan menghilangkan sisa-sisa deterjen yang menempel
  • Hindari mencuci sepatu dengan cara merendamnya ke dalam air secara langsung

6. Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Foto : Ladiestory.id

Setelah proses pembersihan, tentunya sepatu akan meninggalkan sisa - sisa air yang belum kering. Apabila sisa air tersebut tidak dikeringkan maka akan menimbulkan jamur. Karena itu cara merawat sepatu agar tidak bau selanjutnya adalah dengan mengeringkannya dengan mengangin-anginkan sepatu, agar bahan dan warna sepatu tetap awet dan tidak pudar. 

Jangan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung, karena hal itu akan membuat warna sepatu memudar dan sepatu tidak awet. 

7. Semprot dengan Wewangian

Selanjutnya untuk merawat kebersihan sepatu agar maksimal, tidak cukup hanya membersihkan bagian luarnya saja. Untuk itu semprotkan wewangian atau pengharum pada bagian dalam dan  luar sepatu. Cara ini juga akan membuat sepatu kamu bebas dari bau. Nah, itulah 7 tips merawat sepatu agar tidak bau dan bersih, selamat mencoba.