8 Contoh Kerajinan Kain Perca yang Mudah Dibuat

Jumat, 2 Juli 2021 | 19:06:32

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

8 Contoh Kerajinan Kain Perca Yang Mudah Dibuat

Foto: Pinterest/CraftGossip.com

Masyarakat Indonesia memang punya kreatifitas yang tinggi termasuk dalam hal membuat kerajinan tangan.

Terbukti, hasil limbah dari kain perca pun bisa dijadikan berbagai macam kerajinan yang unik dan keren.

Ada banyak kerajinan kain perca yang mudah dibuat dan bisa dijadikan usaha untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. 

Kain Perca 

Kain perca adalah kain yang dibentuk dari hasil sisa - sisa potongan kain besar. Bahan kain perca bisa dibuat dari apa saja tergantung dari potongan-potongan kain besar yang dipakai untuk membuatnya

Ciri-ciri Kain Perca

  • Berbentuk potongan kain kecil-kecil
  • Ukurannya tidak sama rata
  • Memiliki motif yang tak beraturan

Contoh Kerajinan Kain Perca

Inilah contoh kerajinan dari kain perca yang mudah dibuat dan banyak diminati masyarakat:

1. Gorden

Foto: Pinterest/Revista Artesanato

Salah satu kerajinan kain perca yang banyak diminati masyarakat adalah gorden. Anda bisa coba berkreasi membuat sendiri gorden dari kain perca.

Bentuk model, warna dan ukuran Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Gorden dari kain perca bisa Anda jadikan untuk mempercantik ruangan rumah Anda.

2. Karpet

Kerajinan kain perca lainnya adalah karpet,  untuk membuatnya Anda perlu sesuaikan ukurannya dengan karpet yang yang ingin dibuat. Dengan menggunakan karpet dari kain perca akan memberi kesan unik dan berbeda dari hunian Anda.

3. Taplak Meja

Memajang taplak meja di ruangan tamu rumah Anda pasti akan memberi kesan unik dan keren. Jadi tak ada salahnya bila Anda mencoba memanfaatkan kain perca untuk dijadikan taplak meja di rumah.

4. Tas Kain

Contoh kerajinan kain perca selanjutnya adalah tas kain. Tas adalah benda yang memiliki kegunaan untuk berbagai keperluan saat bepergian. Seperti  untuk tempat pakaian atau menaruh  aksesoris dan keperluan lainnya saat Anda keluar rumah.  Membuat tas dari bahan dasar kain perca akan memberi kesan unik, keren dan cantik.  

5. Selimut atau Bed Cover

Foto: Pinterest/Janet Neil

Agar tidak bosan dengan motif selimut yang itu-itu saja, Anda bisa coba selimut dari kain perca. Cara membuatnya dengan menyatukan atau menjahit potongan-potongan kain perca dengan mesin jahit. 

Anda bisa bebas pilih motif berbagai kain perca yang dipakai untuk selimut ini. Selimut dari kain perca akan membuat kesan unik, keren dan cantik.

6. Hiasan Dinding

Bila dirumah Anda terdapat kain perca dengan berbagai motif dan warna, Anda bisa menyulapnya menjadi hiasan dinding yang cantik dan keren. Anda bisa buat hiasan dinding dalam bentuk apapun sesuai keinginan dan kreativitas Anda dalam membuatnya.

7. Celemek

Salah satu aneka kerajinan kain perca adalah celemek. Agar baju Anda tidak kotor terkena noda bumbu masakan, maka celemek dibutuhkan ketika masak.

Anda bisa coba membuatnya sendiri dengan kain perca yang ada di rumah. Untuk motif dan ukurannya bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.

Dengan memanfaatkan kain perca sebagai celemek Anda akan mendapatkan celemek yang keren dan pas dengan ukuran tubuh Anda. 

8. Bantal Kursi

Foto: Pinterest/kerajinantanganbagus

Untuk menciptakan kesan unik dan keren di ruang tamu rumah, Anda bisa membuat bantalan kursi yang terbuat dari kain perca. Untuk motif dan warna Anda pun bisa bebas pilih sesuai favorit Anda.

Nah, itulah contoh kerajinan kain perca yang mudah dibuat dan banyak diminati masyarakat. Dengan memanfaatkan kain perca Anda akan mendapatkan kesan unik, keren dan cantik untuk benda-benda yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Semoga bermanfaat.